√ Cara Merawat Kenari Yang Sudah Tua, Berikut Tips Perawatan-Nya ...

Cara merawat burung kenari yang sudah tua sebaiknya anda ketahui. Sebab, burung kenari yang usianya telah tua akan sangat rentan sekali terhadap serangan penyakit.

Pastinya pada burung kicauan yang usianya muda dan tua cara perawatannya sangatlah berbeda sekali. Dengan demikian, maka ini adalah suatu hal yang sangat penting, tujuannya supaya kondisi burung kenari yang anda pelihara tetap bisa terjaga kesehatannya.

Rekomendasi:
√ Mengetahui Penyebab Kenari Suka Membuka Mulutnya (Membuka Paruh)


Cara Merawat Burung Kenari Yang Sudah Tua 

Adapun untuk cara merawat burung kenari yang sudah tua yang tepat ialah sebagai berikut ini:

Selalu perhatikan Kondisi Paruh dan Kukunya
Burung kenari yang usianya sudah lanjut usahakanlah agar selalu perhatikan pada bagain paruh dan kukunya supaya tidak terlalu panjang. Sebab jika burung kenari peliharaan anda mempunyai panjang paruh yang terlalu panjang, maka bisa membuatnya susah untuk mematuk makanan.

Di samping hal itu, burung kenari juga akan kesusahan untuk membersihkan bulunya dari kutu ataupun tungau yang membuatnya gatal. Bahkan jika pada paruhnya semakin panjang, maka bisa jadi lama-kelamaan paruhnya menjadi patah.

Begitu juga dengan hal bagian kukunya yang ada pada kakinya yang telah semakin panjang juga bisa menyebabkan resiko pada burung kenari yang usianya sudah tua. Selanjutnya, untuk resiko yang sering terjadi ialah burung kenari akan merasakan kesulitan untuk mencengkram tangkringan dengan benar, bahkan kukunya juga bisa patah. Oleh karena itu, perhatikan selalu kondisi paruh dan kukunya supaya bisa memotongnya abila tumbuhnya sudah panjang.

Pastinya jika anda hendak akan memtong paruh dan kuku burung kenari yang sudah panjang, terlebih dahulu anda harus belajar terlebih dahulu supaya tidak menyebabkan luka di bagian yang akan dipotong.

Bersihkan Sisik Kakinya 


Cara merawat burung kenari yang telah tua atau yang sudah lanjut usia juga bisa anda lakukan dengan rajin membersihkan bagian sisik yang ada pada kakinya. Tujuannya supaya pada bagian kakinya tersebut yang ditumbuhi oleh sisik tidak akan menimbulkan penyakit karena banyaknya bakteri yang berada pada sisik kaki tersebut.

Oleh karena itu, jika pada bagian kaki burung kenari peliharaan anda sudah terlihat banyak sisiknya, maka usahakanlah untuk dibersihkan. Di dalam membersihkannya juga usahakan harus hati-hati agar tidak menimbulkan luka.

Pada saat proses pembersihannya, anda bisa mengupayakan menggunakan minyak sayur secukupnya yang dioleskan pada bagian kakinya yang bersisik. Kemudian Lakukanlah Penjemuran dan Cukupi kebutuhan Nutrisinya.

Anda bisa menjemur burung kenari yang usianya sudah lanjut usia, sebab supaya burung peliharaan anda tersebut bisa terjaga kesehatannya. Sedangkan Untuk proses penjemurannya bisa dengan cara dilakukan pada tiap pagi hari dengan durasi waktu yang tidak terlalu lama.

Untuk burung kenari yang msih muda dapat dijemur sekitar satu atau dua jam.  Sedangkan pada burung kenari yang usianya sudah tua cukup dijemur dalam waktu 30 atau 45 menit saja.

Jika pada saat dijemur, burung kenari merasa tidak nyaman, maka usahakanlah anda segera memindahkannya di tempat yang teduh. Begitu juga dengan nutrisi pakan yang diperlukan, usahakanlah anda bisa memberikan gizi yang tepat.

Anda juga bisa memberikanya pakan berupa variasi biji-bijian, sayur mayur, tulang sotong, dan juga multivitamin.

Sedangkan untuk pemberian jenis pakan ini bisa dilakukan setelah burung kenari dijemur pada saat pagi hari. Tujuannya yakni untuk mengembalikan tenaganya dengan banyak memakan yang diberikan padanya.

Letakanlah Sangkar Di Tempat Aman Dan Nyaman 
Jika dibandingkan dengan burung kenari yang usianya masih muda, burung kenari yang umurnya sudah lanjut ini lebih rentan terpapar oleh stres. Oleh karena itu, didalam perawatan hariannya bisa anda lakukan dengan menempatkan sangkarnya di tempat yang jauh dari keramaian orang-orang dan dari burung kicauan yang lainnya.

Perawatan burung kenari yang sudah tua ini tujuanya agar burung tersebut tidak merasa tertekan dan bisa membuatnya tampak lebih tenang serta nyaman di saat usianya sudah lanjut.

Posting Komentar