√ Mengetahui Penyebab Kenari Suka Membuka Mulutnya (Membuka Paruh)

Memiliki burung kenari, pastinya saja anda akan melakukan berbagai macam cara perawatan, seperti halnya perawatan penjemuran.

Namun, pada saat menjemur burung kenari dengan durasi waktu yang lama, terkadang bisa menjadikannya burung tersebut sampai membuka paruhnya dengan lebar-lebar.

Burung kenari yang seringkali membuka paruhnya seperti demikian pada waktu yang terlalu lama dan terkena sinar matahari ialah sifat alamiahnya. Yang mana, tujuannya untuk mengeluarkan suhu panas yang berasal dari dalam tubuhnya.

Oleh karena itu, pada saat anda melihat burung kenari yang membuka paruhnya dengan lebar-lebar segeralah pindahkan sangkar pada tempat yang lebih teduh serta lebih sejuk.

Rekomendasi:
√ Bahaya Fatal Kenari Di Gigit Nyamuk, Begini Cara Mengatasinya

Terkadang  burung kenari tetap membuka lebar paruhnya Meskipun burung kenari tersebut tidak lagi dijemur dalam jangka waktu yang lama dari biasanya.

Burung Kenari yang membuka paruhnya dengan lebar jika bukan disebabkan oleh dijemur terlalu lama, maka burung kenari tersebut membutuhkan perhatian serius oleh pemiliknya.
Jika tidak segera di atasi maka Hal ini bisa dominan buruk pada kesehatanya.


Penyebab Burung Kenari Suka Membuka Mulutnya

Penyebab Burung Kenari Suka Membuka paruhnya Lebar-lebar:

1. Tercemarnya Udara di Sekitar Sangkar 
Salah satu penyebab burung kenari suka membuka paruhnya lebar-lebar yakni karena udara di dekat sangkarnya yang tercemar.

Udara yang tercemar dan kotor pada umumnya diakibatkan adanya asap pembakaran sampah maupun dari asap kendaraan yang lewat di dekat sangkar burung kenari. Yang tentunya burung kenari mau tidak mau akan mencium asap yang tidak sehat itu, sehingga dapat mengganggu saluran pernafasan.

Dengan demikian, maka burung akan merasakan sesak nafas, hingga terpaksa harus membuka lebar paruhnya. Hal ini dilakukan supaya asap yang masuk ke dalam paru-parunya bisa keluar semuanya.

Tak hanya itu saja, burung kenari yang terkena oleh asap dapat melukai matanya menjadi merah serta dapat mengeluarkan air mata.

Maka dari itu, usahakanlah anda jangan membiarkan sangkar burung kenari di dekat dengan sumber asap.

Kemudian, bilamana ada yang membakar sampah , maka usahakanlah segera di pindahkan burung kenari tersebut ke tempat yang lebih aman dan juga lebih sejuk.

2. Sangkar Tampak Kotor 
Penyebab burung kenari yang suka membuka paruhnya lebar yang selanjutnya yakni dikarenakan kondisi sangkar yang tampak kotor.

Jika kebersihan pada sangkar burung tidak terjaga sampai menyisakan kotoran yang terdapat di tebok / bawah sangkar, dan jeruji. Maka segera Bersihkanlah kotoran tersebut yang menyebabkan burung kenari bisa terinfeksi dari berbagai macam penyakit tentang sistem pernafasannya.

Sebab, jika tidak segera dibersihkan maka bisa menyebabkan Gangguan pernafasan yang terjadi dari akibat dimasuki oleh tungau kantung udara yang menyerang pada bagian paru-parunya.

Kemudian pada sangkar burung yang terlihat kotor juga bisa menjadikan burung kenari akan merasakan kesulitan untuk mendapatkan udara bersih yang dihirupnya.
Dengan demikian, maka paruhnya akan membuka lebar-lebar, supaya dapat memperoleh banyak udara bersih yang bisa dihirupnya dari mulut.

Jadi, anda harus bisa selalu menjaga kebersihan sangkarnya dengan mencucinya dengan rutin seperti cepuk pakan dan minum, tenggeran, jeruji, lantai tebok dan lain sebagainya.

Setelah sangkar dicuci bersih, usahakanlah anda menjemurnya, agar kuman yang menempel pada sangkar bisa hilang seluruhannya.

Posting Komentar