√ Cara Ternak Jalak Bali Dengan Baik Dan Benar, Agar Berhasil Dan Sukses ....

Salah satu jenis burung jalak yang memiliki karakteristik tubuhnya yang memukau yaitu jenis burung jalak bali. Di samping hal itu, burung jalak bali ini memiliki bulu dan bentuk yang cukup indah, kicauan dari burung jalak bali ini juga terdengar sangat merdu.

Namun populasi dari burung jalak bali ini semakin menipis disebabkan karena banyaknya perburuan yang tidak terkendali. Dan untuk tetap melestarikannya banyak orang yang berjuang dan merawat untuk menangkarkan jenis burung ini.

Rekomendasi:
√ Penyebab Jalak Suren Takut Pada Pemiliknya, inilah Cara Mengatasinya ....


Cara Ternak Burung Jalak Bali 

Masalah umum pada penangkaran burung jalak bali ini yaitu metodenya yang terbilang sangat sulit. Akan tetapi cara untuk menangkarkan burung jalak bali dapat dilakukan dengan kiat yang mudah apabila anda lakukan seperti berikut ini:

Kandang Yang Dibutuhkan 
Cara menangkarkan burung jalak bali ini harus dilakukan dengan cukup teliti dan harus memiliki kesabaran, Perlu keuletan dan ketelatenan yang tinggi agar penangkaran burung jalak ini dapat berjalan dengan baik dan sukses.

Suatu Hal yang harus anda perhatikan ketika menangkarkan burung jalak bali ini yakni masalah sangkar. Supaya tumbuh dengan baik, usahakanlah burung jalak bali mempunyai ruang pergerakan yang cukup besar.

Untuk Ukuran idealnya dari kandang jalak bali yakni sekitar 80 x 100 x 80 cm. Atau Anda juga dapat membuat kandang dari kawat strimin yang ukurannya kecil atau sedang.

Selain itu, Anda dapat memberikan penutup dari asbes atau eternit dengan sedikit area tertutup untuk cahaya masuk.

Setelah kandang burung jalak bali yang akan anda tangkarkan telah jadi, maka membutuhkan sejumlah aksesoriss dan beberapa bahan penting. Tujuannya ialah agar burung jalak suren bali ini dapat tumbuh dengan baik.

Berikanlah ranting atau tumbuh-tumbuhan sebagai tempat untuk bertengger burung. Sedangkan Di bagian ranting atau unsur atas dari kandang bisa anda berikan berupa kotak kayu dengan tambahan bahan jerami maupun sarang burung di dalamnya untuk dijadikan sebagai tempat bertelur.  Pastikan juga sarang tersebut kering dan nyaman.

Tempatkanlah kandang di lokasi yang sepi supaya burung jalak bali tersebut tidak stress. Sebab jalak bali ini juga salah satu termasuk burung yang tidak suka dengan suara yang berisik.

Memilih Indukan Yang Tepat 
Setelah kandang penangkaran sudah jadi maka selanjutnya anda harus memilih jenis burung indukan yang tepat.

Pilihlah indukan yang sehat dengan postur tubuhnya yang terlihat baik. Usianya paling sedikit dua tahun dan skondisi bulu dan tubuhnya dari burung juga harus baik.

Pilihlah indukan yang mempunyai warna putih bersih dan berkilauan dengan warna biru segar di unsur bagian mukanya.

Pada bagian paruhnya usahakanlah terlihat kokoh dan juga tebal. Hal Ini adalah salah satu tanda jika jenis burung tersebut sehat.

Untuk Indukan jantan dan betina sebaiknya ditempatkan pada kandang yang terpisah terlebih dahulu. Tujuannya supaya bisa beradaptasi dan masa pengenalan terlebih dahulu.

Pemberian Pakan yang Tepat 
Cara menangkarkan burung jalak bali supaya sukses yakni denga memberikan pakan yang tepat. Anda sebaiknya selalu memberikan jenis pakan yang mengandung gizi dan juga bernutrisi tinggi.

Berikanlah pakan yang berupa serangga seperti jangkrik dan juga ulat. Anda juga  dapat memberikan berupa obat fertility untuk menghindari telur yang di hasilkan menjadi telur infertil.

Sedangkan pada anakan yang masih kecil, anda bisa memberikanya makanan berupa bubur buatan dari voer dan juga madu yang sudah ditambahkan dengan air hangat.

Tunggulah sampai benar benar dingin sebelum memberikan kepada anakanya. Anda juga dapat memberikannya sejumlah tiga kali sehari selama kurang lebih 3 bulan sampai anakan tersebut bisa makan sendiri.

Proses Penjemuran 
Cara untuk menangkarkan burung jalak bali yang selanjutnya bisa anda lakukan dengan memperhatikan proses penjemuranya.

Untuk Penjemuran bisa dilakukan ketika jam 8 higga 10 pagi.

Jangan lupa untuk rutin dan menjaga kebersihan kandangnya dan juga untuk mengganti pakan dan minumannya setiap harinya.

Posting Komentar