√ Cara Mengatasi Burung Prenjak Macet Bunyi, Begini Cara Merawatnya ....

Burung prenjak merupakan salah satu jenis burung yang berukuran kecil namun memiliki suara kicauan yang cukup lantang. Akan tetapi kicauan burung ini terdengar tidak cukup bervariasi.

Meskipun begitu, burung ini juga mempunyai banyak penggemar.  Sebab, Burung prenjak yang tampak aktif dan rajin berkicau seperti halnya jenis burung kicauan yang lainnya.

Burung perenjak dalam situasi tertentu juga dapat mengalami persoalan dan masalah seperti burung yang lainnya yaitu macet bunyi. Ketika sedang berada  di alam liar, burung prenjak kerap tampak mencari makanan dengan cara menyusuri semak-semak maupun pepohonan yang ada di pinggiran sungai, tepian hutan, perkebunan, atau juga di dekat pekarangan rumah.

Rekomendasi:
√ Jenis Pakan EF Untuk Burung Serindit Agar Gacor Setiap Hari

Bahkan burung prenjak juga kadang kadang akan mengikuti arah suara dari burung perenjak jantan atau betina yang saat itu sedang berkicau.


Cara Merawat Burung Prenjak 

Supaya aktifitasnya tetap bisa dilakukan, burung prenjak akan mencari pakan berupa serangga seperti ulat, laba-laba kecil, kupu-kupu, kumbang, belalang, dan lain sebagainya.

Namun burung perenjak pun juga gemar memakan buah-buahan yang ukurannya lebih kecil seperti halnya buah berri, dan juga suka dengan nektar.

Ketika burung perenjak dipelihara dalam sangkar harian, pada umumnya para pemelihara burung prenjak akan mengacu pada perawatan yang paling umum. Misalnya dengan memberikan pakan voer dan berupa pakan ekstra / extra fooding (EF) seperti kroto, ulat hongkong, serta jangkrik.

Meskipun begitu, masih banyak penggemar burung yang lebih mengandalkan pada jenis pakan voer. Sdangkan untuk makanan tambahanya diberikan seperlunya, bahkan hanya dapat diberikan hanya beberapa hari sekali.

Untuk perawatan burung perenjak usahakanlah jangan disamakan dengan perawatan jenis burung yang lainya yang sering dilombakan. Biasanya birahi pada burung-burung lomba memang dibuat sengaja supaya lebih stabil. Yaitu dengan mengkondisikan pakan tambahannya.

Buatlah burung prenjak agar dapat mengeluarkan suaranya secara lantang dan mau menyahuti suara dari burung perenjak yang lainnya. Dalam kondisi tertentu, terkadang burung prenjak tidak mau bunyi selama beberapa hari, atau intensitas kicaunya sanga berkurang.

Anda harus bisa mengatasi dan merawat burung prenjak yang macet bunyi tersebut.

Cara Mengatasi Burung Prenjak Macet Bunyi 

Berikanlah makanan berupa voer yang mempunyai kandungan gizi yang lengkap. Voer yang seperti ini juga sering dijual di pasar / toko / kios burung dengan sekian banyak macam merek.

Untuk meningkatkan kandungan pada protein, berikanlah campuran berupa tepung jangkrik atau tepung daging pada voer tersebut.

Berikan  juga ulat kandang lkurang ebih sejumlah satu cepuk kecil setiap paginya. Bisa juga diganti dengan kroto sejumlah 1/2 cepuk yang diberikan setiap pagi dan sore hari.

Berikanlah jangkrik kecil cukup 1 ekor, tetapi tiap dua jam sekali. Atau anda juga bisa memberikan paka  berupa belalang.

Penjemuran Burung prenjak tidak boleh melebihi dari 2 jam

Penjemuran yang baik  pada umumnya hanya sekitar 30 menit saja, setelah itu burung ditempatkan pada lokasi yang teduh.

Untuk Penjemuran dilakukan selama dua kali dalam sehari, yakni pada pagi hari dan sore hari.

Untuk mengatasi burung prenjak yang macet bunyi, Anda juga dapat membeli perenjak betina sehingga bisa memancing burung Jantan supaya saling sahut-sahutan.

Ketika jam 5 sore, burung prenjak bisa dimasukan ke dalam rumah untuk beristirahat hingga pagi harinya.

Tak hanya itu saja, berikanlah pakan berupa serangga yang berukuran kecil, prenjak juga ternyata menyukai buah-buahan kecil dan juga nektar. Jadi pada saat anda merawat buung prenjak di dalam sangkar tentunya anda juga perlu memberikan pakan yang serupa pada prenjak saat berada di alam liar.

Makanan yang anda berikan usahakanlah tidak berupa pakan standar saja seperti Voer dan minuman saja. Pakan yang anda berikan ketika pemeliharaan  burung Prenjak di rumah lebih baik kita berikan juga pakan tambahan seperti serangga dan EF lainnya sebagai sumber protein.

Posting Komentar