√ Penyebab Burung Kenari Diare (Mencret), Berikut Cara Mengatasinya

Saat Memelihara burung kenari memang sangat menyenangkan. Sebab di samping warna bulunya yang cantik, kicauan pada burung kenari ini sangat merdu dan juga bervariasi.

namun terkadang ada saja masalah pada saat memelihara burung kicauan ini, di antaranya seperti permasalahan burung kenari terkena mencret atau diare.

Jika sudah begini, maka pemelihara harus segera mencari tahu mengenai apa enyebabnya dan cara untuk mengatasi burung kenari yang diare atau mencret tersebut supaya bisa segera sembuh. Sebab bila tidak segera diperhatikan, maka bisa saja burung kenari peliharaan anda akan mati.

Rekomendasi:
√ Jenis Burung Kenari Populer Dan Terbaik Yang Di Cari-Cari Kicau Mania


Ciri Burung Kenari Mencret 

Penyakit mencret yang sering terjadi pada burung kenari yaitu ada dua macam. Diantaranya seperti mencret disebabkan oleh bakteri yang menyerang pada saluran pencernaan dan mencret yang disebabkan oleh keracunan makanan yang anda berikan.

Tanda-tanda penyakit mencret yang disebabkan oleh bakteri yakni kotoranya berbentuk cair, warnanya tampak keruh, berbau busuk, aktifitas (gerak) burung menjadi menurun. Selain hal tersebut burung pun tidak mempunyai nafsu makan.

Kemudian pada penyakit mencret yang di sebabkan oleh keracunan makanan yakni kotoranya berbentuk cair, berwarna jernih dan terdapat sedikit gumpalan. namun dalam kotoran tersebut seringkali tidak begitu berbau. Sedangkan pada nafsu makannya akan terlihat menurun, begitupun pada aktifitasnya akan terlihat pasif.


Penyebab Burung Kenari Mencret Atau Diare 

Sayuran yang anda berikan pada burung kenari masih dalam kondisi kotor atau belum dibersihkan dan masih terdapat residu obat pembasmi serangga atau pestisida yang mengakibatkan keracunan pada burung.

Penyakit mencret yang disebabkan oleh bakteri ini mempunyai sifat menular. Sedangkan untuk penyakit mencret yang disebabkan oleh keracunan makanan jenis penyakitnya tidak menular.

Penularan bisa saja terjadi melewati tempat makan, minuman, maupun berupa dari kotoran burung yang sedang menderita penyakit tersebut.

Mencret yang disebabkan oleh bakteri pada umumnya terjadi karena kebersihan sangkar yang tidak terjaga. Dengan demikian maka bakteri akan bersarang di tempat makanan dan minuman.

Ada sejumlah cara untuk mengatasi supaya burung kenari terhindar dari masalah mencret dan juga serangan bakteri-bakteri jahat. Salah satunya dengan cara selalu membersihkan kandangnya dan juga pada tempat minum atau makanan.

Di samping hal itu, tangkringan burung tersebut juga harus seringkali dibersihkan supaya tidak mudah kotor dan jauh dari bakteri.

Memang banyak sekali dari anda terkadang seringkali malas untuk mencuci kandangnya, terlebih lagi bilamana burung kenari yang dipelihara jumlahnya sangat banyak.

Maka dari itulah anda harus tetap menjaga burung kenari yang  anda pelihara supaya seluruh burung kenari bisa terawat dengan baik.

Cara Mengobati Burung Kenari Yang Mencret Atau Diare

Untuk Cara mengobati burung kenari yang mencret, anda harus mengikuti langkah-langkah yang sebaiknya harus dilakukan supaya burung kenari peliharaan anda cepat sembuh seperti sedia kala.

Yang pertama, sisihkan/pindahkan burung kenari yang sedang sakit dengan burung kenari yang lainnya. Sebab jenis penyakit tersebut bisa menular.

Bersihkanlah tempat makanan dan juga berupa aksesoris pada tempat yang terpisah, kemudian cuci dengan menggunakan sabun.

Apabila burung kenari tidak mau memakan dan terlihat murung saja, maka usahakanlah diberikan makanan yang ia sukai. Apabila burung kenari suka makanan kroto dan telur puyuh maka anda bisa memberikan makanan tersebut.

Berikan juga berupa obat-obatan yang ada kandungan antiobiotik untuk burung kenari.

Obat-obatan tersebut dapat anda peroleh di toko pakan atau pun toko burung dengan merk seperti birdbloon, birdy-cillin, tetra clor serta obat yang lainnya. Untuk pemberiannya anda bisa lihat dibagian kemasannya.

Selanjutnya jemurlah burung kenari dari jam 7 hingga dengan jam 10 pagi. Anda juga dapat melakukan hal itu sampai burung kenari sehat dan juga kotoranya sudah terlihat normal kembali.

Posting Komentar