√ Manfaat Buah Pace (Mengkudu) Untuk Pleci Dan Cara Pemberian-Nya

Jika anda Merupakan pecinta burung kicauan, pastikanlah jika anda sudah mengetahui berbagai macam manfaat jenis buah-buahan yang dianjurkan untuk dijadikan sebagai pakan burung favorit anda. Hal ini tak terkecuali Khususnya untuk jenis burung kicauan seperti burung pleci.

Ada banyak sekali jenis buah-buahan yang cukup baik untuk burung pleci. Adapun salah satunya yaitu jenis buah mengkudu atau yang sering dikenal buah pace (jawa).

Buah pace yang namanya tidak asing didengar ini memang memiliki berbagai macam manfaat untuk dijadikan sebagai pakan burung kicau, termasuk untuk burung pleci.

Manfaat buah mengkudu untuk burung pleci jangan dianggap remeh. Sebab, Manfaat dari Buah Mengkudu ini dapat meningkatkan stamina pada burung pleci.

Jika Pemberian dan penyajian buah mengkudu ini dengan kadar dan porsi yang pas pada saat yang tepat, maka bisa membuat stamina burung pleci menjadi lebih baik dan bagus. Tentu saja hal ini bisa membuat burung pleci menjadi semakin rajin berkicau setiap hari.

Buah mengkudu biasanya dijadikan sebagai salah satu bahan racikan untuk menambah dan meningkatkan stamina pada burung pleci.

Buah Mengkudu itu sendiri merupakan jenis buah-buahan yang dapat tumbuh di dataran rendah dan juga di ketinggian 1.500 mdpl. Selain hal itu, buah ini juga seringkali dinamakan dengan nama cengkudu, pace, wengkudu, noni, ach.

Tanaman mengkudu ini juga dapat tumbuh hingga tingginya menjangkau 3-8 meter. Selain hal tersebut, Buah mengkudu ini juga berbentuk bulat lonjong dengan warna hijau dan terdapat seperti ada totolnya.

Buah pace atau mengkudu yang satu ini terbilang sangat mudah untuk ditemukan.


Racikan Buah Mengkudu Untuk Burung Pleci 

Manfaat dari buah mengkudu untuk burung pleci dapat terlihat jika anda membuatkanya menjadi racikan pakan.

Untuk Cara pembuatan racikan buah mengkudu ini juga sangatlah mudah. Pastikanlah jika anda sudah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu.

Rekomendasi:
√ 3 Jenis Daun Yang Baik Untuk Pleci Dan Cara Pemberian-Nya

Bahan Bahan yang dibutuhkan untuk membuat racikan buah mengkudu tersebut mencakup :
- sediakan air bersih sebanyak 600ml,
- siapkan jahe sebesar ruas telunjuk,
- siapkan 2 buah gula merah atau gula aren,
- siapkan 1 buah mengkudu berukuran besar.

Pastikanlah bahan jahe yang sudah anda siapkan itu di hancurkan terlebih dahulu.

Selanjutnya pada bahan gula merahnya, anda bisa mengirisnya menjadi kecil-kecil.  Hal ini dilkukan agar gula merah tersebut mudah larut nantinya.

Kemudian untuk buah mengkudu, anda harus memotongnya menjadi beberapa bagian sesuai dengan keinginan.

Cara Membuatnya
Setelah seluruh bahan yang diperlukan telah siap, selanjutnya anda bisa segera mendidihkan air terlebih dahulu. Setelah airnya mendidih, selanjutnya masukanlah gula merah dan buah mengkudunya. SeLanjutnya masukan juga jahe yang telah dihancurkan tadi.

Kemudian Didihkanlah hingga airnya berubah warna. Pastikan juga pada gula merahnya telah benar-benar terlihat larut dan buah mengkudu telah hancur, serta wewangian jahe sudah tercium.

Setelah itu, angkat, dan saring, kemudian dinginkan terlebih dahulu racikan buah mengkudu tersebut.

Tips Pemberian Racikan Buah Mengkudu Untuk Pleci
Setelah racikan buah mengkudu telah selesai dibuat dan sudah terasa dingin, selanjutnya anda bisa memberikannya pada burung pleci favorit anda.

Hanya saja, pada saat pemberian racikan buah mengkudu ini tidak boleh dilalkukan secara sembarangan. Ada tips tertentu yang harus anda cermati untuk melakukannya.

Anda bisa memberikan minuman racikan buah mengkudu ini dikit demi sedikit sesuai dengan porsi dan kadarnya untuk burung pleci.

Selanjutnya, pada sisa minuman racikan buah mengkudu ini bisa anda simpan. Untuk Sisanya tersebut dapat untuk keesokan harinya hingga habis.

Manfaat dari buah mengkudu ini untuk burung pleci bisa semakin cepat terlihat apabila anda memperbanyak airnya. Hal ini dilakukan supaya larutan pada racikan buah mengkudu menjadi lebih encer atau tidak terlampau kental.

Perlu anda ketahui, bilamana minuman racikan buah mengkudu ini terlampau kental, seringkali burung pleci tidak akan mau untuk memakan voer yang disediakan. Jadi berikanlah racikan ini secukupnya saja jangan terlalu banyak.

Posting Komentar