√ Bahaya Fatal Burung Kenari Di Gigit Nyamuk, Begini Cara Mengatasinya

pada saat Memelihara burung kenari pastinya anda juga harus selalu merawatnya dengan baik dan benar.

Menjaga kesehatan pada burung kenari dapat dilakukan dengan cara memandikan, menjemur, dan memberinya makanan yang bernutrisi.

Tidak hanya itu saja, usahakanlah agar anda bisa menghindarkan burung kenari yang anda pelihara dari gigitan nyamuk yang pada umumnya dapat menyerang pada malam hari.

Sebab, nyamuk merupakan salah satu musuh manusia karena dapat mengakibatkan sekian banyak penyakit, mulai dari kulit menjadi merah-merah dan juga penyakit demam berdarah.

Rekomendasi:
√ Cara Perawatan Kenari Mabung Yang Baik Dan Benar Agar Cepat Tuntas

Tak lain dengan halnya burung kenari yang digigit oleh nyamuk, burung kenari juga akan merasakan hal yang sama seperti gatal-gatal dan juga bintik-bintik pada bagian kakinya.


Dampak Bahaya Burung Kenari Di Gigit Nyamuk

Gigitan nyamuk pada burung kenari juga dapat mengakibatkan pada bagian kakinya akan mengalai pembengkakan yang fatal. Selain hal tersebut juga akan terlihat bintik-bintik merah dan juga hitam.

Pada umumnya, pembengkakan yang terjadi pada kaki burung kenari yang diakibatkan oleh gigitan nnyamuk dapat mengakibatkan burung tersebut akan mengalami kendala untuk berjalan dan juga melompat.

Hal ini bisa dilihat dari gaya terbang dan melompatnya burung kenari dengan sesekali mengangkat kakinya yang bengkak karena digigit oleh nyamuk.

Gigitan nyamuk juga sangat mempengaruhi pada tingkat kesehatan burung yang bisa menjadi mudah sakit, ngedrop dan juga stres.

Untuk Dampak lainnya yakni pada umumnya burung kenari akan mogok makan sedangkan pada saat berkicau dapat menjadikannya kurang Fit.

Pada umumnya Gigitan nyamuk akan menyerang burung kenari pada malam hari ketika burung kenari hendak istirahat atau tidur.

Burung Kenari yang akan tidur seringkali mengeluarkan hawa panas. Dan disitulah yang menjadikan penyebab mengundang nyamuk-nyamuk datang untuk menggigitnya.

Sedangkan pad suhu panas yang dikeluarkan oleh burung kenari ini yakni* tujuannya untuk menjaga tubuhnya supaya bisa tetap hangat dari dinginnya suhu malam hari.

Cara Mengatasi Burung Kenari Di Gigit Nyamuk

Burung Kenari yang sudah digigit oleh nyamuk seringkali terlihat dari bagian kakinya yang mengalami kepincangan/angkat kaki. Kemudian terdapaat bintik-bintik merah pada bagian kakinya.

Dengan demikian, usahakanlah agar anda cepat mengambil tindakan sebelum terjadi parah.

1. Pengolesan Minyak 
Gigitan nyamauk pada burung kenari akan memunculkan bintik-bintik merah pada kaki burung kenari. Nah, persoalan tersebut bisa dengan mengoleskan obat berupa minyak.

Pengolesan minyak tersebut bisa anda lakukan di area kaki burung yang terlihat bengkak dan dapat dihentikan apabila bengkaknya tersebut telah mulai menyusut.

2. Kerodonglah Sangkarnya dengan Full
Gigitan nyamuk pada burung kenari seringkali disebabkan oleh sangakarnya yang tidak pernah dikerodong. Jadi, nyamuk akan gampang sekali masuk dan menyerang burung tersebut.

Maka dari itu, pakailah full kerodong yang dapat menutupi semua bagian luar sangkar. Dengan demikian, maka tidak ada celah yang terlihat oleh nyamuk yang berkeinginan untuk memasukinya.

Pemasangan kerodong dapat dilakukan pada saat burung kenari akan istirahat ataupun pada saat nyamuk mulai banyak berkumpul pada sekitar sangkarnya.

3. Penempatan Sangkar 
Untuk menghindari burung kenari dari gigitan nyamuk, sebaiknya anda bisa menempatkan sangkarnya ditempat yang jarang ditemui oleh nyamuk. Sebaiknya lagi anda juga harus menghindari pemakaian bahan kimia untuk memberantas nyamuk seperti halnya dengan cara asap ataupun semprot.

Tujuannya hal ini tentunya agar burung kenari tidak mencium zat kimia pembunuh nyamuk tersebut yang bisa menjadikan pernafasan pada burung menjadi terganggu.

Selanjutnya anda juga harus rajin untuk mencuci kebersihan lingkungan sekitar. Dengan demikian, maka nyamuk tidak  akan betah untuk berkeliaran.

Jauhkan juga dari genangan air. Sebab, genangan air serta gundukan sampah ialah salah satu rumah bersarangnya nyamuk yang juga dipakai untuk berkembang biak.

Gigitan nyamuk pada burung kenari jika tidak segera diatasi maka dapat menjadikan penyakit burung kenari semakin parah dan fatal.

Posting Komentar