√ Cara Merawat Burung Kenari Mabung Dengan Baik Dan Benar

Semua jenis burung tentu akan mengalami fase dimana burung kicauan peliharaan kita tampak seperti merontokan bulunya. Untuk Kejadian ini biasanya disebut dengan istilah masa mabung atau bahasa kerenya moulting.

Lalu bagaimanakah cara untuk merawat burung kenari yang mabung?

Hal Ini merupakan situasi dimana seluruh burung juga akan merasakan mabung, termasuk pada burung kenari. Sebab pada masa ini biasanya burung tidak bergairah dan tidak banyak bergerak dan tidak berbunyi (macet bunyi).

Rekomendasi:
√ 7 Penyebab Kenari Mudah Sakit Karena Kesalahan Perawatan Dari Pemiliknya

Akibat kesalahan perawatan

Pada umumnya burung kenari ialah sering mencabuti bulu-bulunya sendiri pada saat mabung. Pastinya ini akan menyiksa dirinya sendiri, untuk itu teknik atau cara merawat burung kenari mabung harus segera anda ketahui supaya bisa merawat burung dengan baik dan benar.

Cara Merawat Burung Kenari Mabung 

Sebuah kesalahan besar apabila pada saat burung kenari mabung namun masih di lakukan untuk tetap beraktifitas. Dan juga dipaksa untuk berbunyi atau justeru diberi doping dan suplemen bunyi untuk mengikuti ajang lomba.

Tentunya hal Ini justeru akan semakin menurunkan kondisi burung kenari dan mengakibatkan gagal mabung.

Cara cepat untuk merawat burung kenari agar cepat selesai mabung menjadi hal yang terpenting supaya bisa mempercepat proses perkembangan dan pertumbuhan bulu barunya.

Supaya burung kenari anda bisa cepat kembali ngoceh dan juga cepat beraktifitas kembali seperti biasanya.

Ada beberapa tahapan penting perawatan burung kenari mabung yang harus anda perhatikan.

1. Angin-anginkan burung kenari 
Langkah ini sangatlah penting untuk dilakukan. Proses mengangin-anginkannya ialah di tempat yang tidak langsung menerima cahaya matahari.

ketika masa mabung, burung kenari tidak butuh asupan cahaya matahari untuk tubuhnya.

2. Jangan mandikan burung kenari 
Pada Saat burung kenari sedang mabung, usahakanlah jangan memandikan burung kenari tersebut. Sebab, apabila anda memandikannya, hal ini akan menghambat proses perontokan bulu-bulunya.

Sebaiknya mulai mandikan burung kenari pada saat proses penumbuhan bulu yang baru. Bukan pada saat sedang proses mabung.

3. Berikanlah asupan makanan yang sesuai Untuk  Burung kenari yang sedang mabung
usahakanlah anda berikan asupan makanan yang di dalamnya berisi sumber protein keratin. Untuk Kadar protein tidak boleh sampai lebih dari 30%. Hal ini karena jika kadar protein terlampau tinggi dapat menyebabkan burung kenari jadi tidak baik.

Adapun makanan yang disarankan ialah seperti: Eggs food, sayuran, flaxseed, dan juga canary seed.

4. Kerodong secukupnya saja 
Ada yang bilang jika burung kenari akan menjadi bagus apabila dikerodong terus pada saat sedang proses mabung. Hal Ini memang benar, karena tidak akan ada sinar matahari yang masuk. TeTapi perlu di ingat, apabila  proses mengerodongnya berhari-hari pasti saja menjadi tidak baik untuk burung kenari itu. Sehingga, usahakanlah  supaya membuka kerodong sekitar 15-30 menit dalam sehari agar burung kenari tetap sehat.

Ciri Ciri Burung Kenari Mabung 

Ada beberapa hal yang menjadi ciri-ciri utama dari burung kenari yang sedang mengalami mabung. Yaitu Seperti adanya bulu halus yang ada di bagian dasar ataupun di bawah sangkar.

Kemudian,Burung kenari akan cenderung lebih banyak diam dan bersikap pasif.
Bulu pada bagian ekor burung kenari akan terlihat kusut dan juga nyerit.

Pada Umumnya burung kenari dapat mengalami fase mabung ini selama 1 hingga 3 bulan. Kondisi ini seringkali terjadi setiap dua bulan sekali.

Meskipun demikian, setiap burung tentunya akan mengalami situasi dan kondisi yang berbeda-beda. Semunya akan tergantung pada kondisi tubuh burung kenari dan juga pada perawatannya.

Dengan memahami perawatan kenari mabung yang benar, maka prosesnya dapat dilakukan dengan cepat. Karena anda tidak melakukan kesalahan dalam perawatannya.

Pada Saat bulu jarum burung kenari telah muncul, itu menandakan cara merawat burung kenari mabung yang anda lakukan sudah berhasil.

Dalam situasi yang seperti ini anda sudah dapat melakukan pemasteran memakai suara mp3 ataupun langsung dari kicauan burung gereja tarung dan burung kenari.

Posting Komentar