√ Cara Mengatasi Burung Pleci Suaranya Serak Dan Sakit Tenggorokan

Burung pleci yang mengalami suara serak memang menjadikan kicauannya terdengar tidak nyaring, tidak keras dan bahkan terdengar mempunyai kicauan yang cukup jelek. Dan tentunya semua ini akan mengurangi penampilan pada burung pleci peliharaan anda tersebut.

Terlebih lagi apabila burung pleci itu akan dilombakan. Suara serak memang dapat menyerang burung kicau jenis apa saja. Diantaranya yaitu burung kenari, burung cucak ijo dan juga pada burung pleci.

Masih banyak lagi jenis burung kicauan yang lainnya yang bisa terserang oleh suara serak.

Cara Mengatasi Burung Pleci Suara Serak 

Biasanya, Suara serak yang menyerang pada burung pleci dan pada jenis burung kicau yang lainnya diakibatkan oleh berbagai macam faktor.

Berikut ini beberapa penyebab dan cara untuk mengobati suara serak pada burung pleci sesuai penyebabnya :

1.Salah Pemberian Pakan 
Penyebab burung pleci terkena oleh suara serak yakni karena dalam hal pemberian pakan yang salah dan pemberian kroto yang sudah basi. Sebab, pakan berupa makanan kroto yang telah basi pada umumnya ada mikroba yang sangat riskan untuk kesehatan burung pleci. Maka dari itu, secara otomatis dapat menjadikan adanya masalah pada suaranya.

Untuk Cara mengatasinya diantaranya dengan memberikan pakan kroto yang sudah terjaga kualitasnya.

Rekomendasi:
√ Manfaat Buah Pace (Mengkudu) Untuk Pleci Dan Cara Pemberian-Nya

2. Infeksi Saluran Pernafasan 
Banyaknya jamurr dan juga parasit yang ada di dekat sangkar burung pleci karena dampak dari kotoran menjadi penyebabnya suara menjadi serak.

Kemudian, kotoran berupa sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan juga dapat mengakibatkan infeksi pada saluran pernafasan burung pleci.

Pada umumnya, infeksi pada saluran pernafasan yang ada pada tubuh burung didominasi oleh psittacossis dan juga infeksi tungau yang ada di bagian kantung udara.

Maka dari itu, untuk solusinya, anda usahakanlah seringkali menjaga kebersihan sangkar dan juga wadah pakan dan minuman agar tetap higienis.

3. Udara yang Buruk 
Sirkulasi udara yang baik, sebaiknya selalu diperhatikan dalam merawat burung kicauan ini, termasuk  pada burung pleci.

Jika kondisi sirkulasi udaranya tidak bagus, maka dapat menjadikan suara burung pleci menjadi serak. Maka dari itu, anda harus bisa memastikan sirkulasi udara yang ada pada ruangan sangkar burung pleci dalam kondisi yang baik.

Anda juga perlu menjaga kebersihannya. Bersihkanlah  sangkar burung pleci peliharaan anda sebanyak 2x sehari.

Anda juga dapat membersihkannya pada saat pagi dan sore hari. Semua itu dilaksanakan untuk meminimalisir risiko yang terjadi pada burung pleci.

4. Kesalahan Penjemuran 
Burung kenari memang dalam metode perawatanya harus selalu dijemur. Akan tetapi, penjemuran burung pleci yang salah bisa berdampak pada rusaknya suara pada burung pleci peliharaan anda.

Penjemuran yang terlampau lama serta kesalahan pada waktu mengerjakan penjemuran, seringkali penjemuran burung pleci hingga di atas jam 10 pagi. Dan hal itu tidak akan menjadikan burung pleci peliharaan anda menjadi lebih baik. Akan tetapi, justeru akan menjadikan burung menjadi sakit dan suaranya pun menjadi serak.

Idealnya untuk penjemuran burung kicauan antara jam 7 sampai jam 10 saja.

5. Air Minum Yang Kotor atau Jarang Diganti 
Penyebab Suara burung pleci menjadi serak juga dapat diakibatkan oleh air minumnya yang tidak higienis / sudah kotor.

Untuk menanggulangi burung pleci suara serak, usahakanlah anda rutin mengganti air minum stiap pagi dan sore hari.

Dalam Penggantian air minum yang dilakukan secara rutin dilakukan untuk meminimalisir resiko sakit serak dan juga pencernaan pada burung pleci.

Posting Komentar