√ Cara Mengatasi Kenari OB (Over Birahi) Agar Cepat Normal Kembali

Burung Kenari merupakan salah satu jenis burung yang saat ini masih banyak penggemarnya. Khususnya dinegara kita yaitu Indonesia.  Selain itu, Burung Kenari juga memiliki banyak kelebihannya yang menjadikan burung ini digemari oleh para pecinta burung kicauan yang ada di indonesia.

Tidak hanya memiliki suara kicauan yang merdu saja, melainkan jenis Burung kecil dan cantik ini juga banyak digemari karena cara perawatannya yang sangat mudah dilakukan.

Sama halnya dengan jenis burung kicauan yang lainnya, burung kenari ini juga tidak lepas dari berbagai macam masalah. Dan masalah yang seringkali dialami oleh para pemilik burung kenari ialah saat burung kenari mengalami over birahi.

Rekomendasi:
√ Cara Perawatan Indukan Kenari Setelah Telurnya Menetas

Selain perawatan, Para pemeliharanya juga harus tau cara mengatasi burung kenari yang over birahi tersebut.


Penyebab Burung Kenari Over Birahi (OB)

Setiap Permasalahan over birahi pada burung kenari tentu saja tidak diinginkan oleh pemiliknya. Sebab hal tersebut sangat mengganggu penampilanya, terlebih lagi saat burung kenari tersebut diikut sertakan dalam acara lomba.

Mempunyai burung kenari yang over birahi tentu saja akan mengganggu performa dan kicauan hariannya. Meskipun saat burung kenari sedang digantangkan di tempat lomba ataupun di rumah.

Pada umumnya, burung kenari yang mengalami over birahi ini biasanya bertingkah suka menabrak jeruji tangkringan ataupun suka naik-turun dari tangkringan satu ke tangkringan yang lainnya.

Khususnya untuk burung Kenari lomba, tentunya harus memiliki level birahi yang stabil dan dinilai baik. Sebab, pada saat burung Kenari dalam kondisi birahi yang rendah,maka bisa menyebabkan burung tidak mau kerja secara maksimal. Misalnya ketika burung di gantangkan menjadi tidak ngotot serta berperilaku diam ataupun lebih suka ngetem.

Selain hal tersebut, Keadaan burung kenari yang over birahi sebenarnya tidak ada untungnya. Sebab, Hal itu hanya akan berdampak pada kondisi burung yang seringkali berubah menjadi galak serta menjadi agresif. Jadi tenaga burung akan cepat terkuras.

Banyaknya tenaga burung kenari yang terkuras, maka bisa membuat burung kenari tidak bisa konsentrasi saat mengeluarkan suara terbaiknya.

Dan hasilnya burung kenari yang kita ikut sertakan dalam kontest lomba tidak memperoleh respon nilai baik dari para juri.

Untuk cara mengatasi burung kenari over birahi sebenarnya bisa anda lakukan dalam perawatan hariannya atau perawatannya ketika menjelang lomba.

Berikut dibawah ini tips mudah mengatasi burung kenari over birahi yang bisa anda lakukan dirumah.

Cara Mengatasi Burung Kenari Over Birahi (OB)

Langkahnya ialah Anda bisa mengurangi porsi pemberian pakan berupa biji-bijian pada burung kenari. Selanjutnya, Berikanlah buah mentimun dan juga buah pir secara rutin dan bergantian setiap harinya.

Jangan lupa untuk tetap mengurangi jenis makanan yang bisa membuat birahi burung kenari jantan semakin tinggi birahinya, misalnya seperti pakan telur rebus, buah apel, kroto dan juga pakan egg food.

Selanjutnya, Kurangilah waktu penjemuran yang sering anda lakukan. Tambahkan frekuensi mandi pada burung kenari menjadi 3x sehari, jangan lupa untuk memberikan campuran shampoo yang memiliki kandungan Aloevera ketika akan di mandikan.

Selanjutnya, untuk Cara mengatasi burung kenari over birahi yang lainnya ialah dengan cara mengawinkannya.

Caranya ialah dengan menyatukan burung Kenari jantan yang over birahi tersebut di sangkar yang terdapat burung kenari betina siap kawin.

Anda bisa mengawasinya sampai burung tersebut terlihat mengawini burung kenari betina tersebut.

Kemudian, setelah burung kenari jantan selesai melakukan perkawinan, burung kenari jantan yang over birahi bisa segera diambil dari sangkar burung betina.

Selanjutnya, burung jantan yang over birahi segera dijauhkan jangan sampai melihat maupun mendengar suara burung yang betina lagi.

Langkah tersebut bisa anda lakukan setiap harinya sampai burung kenari bisa normal kembali seperti sediakala.

Posting Komentar