√ Cara Mengatasi Burung Cililin Macet Bunyi, Lakukan Cara Berikut ini Agar Gacor Kembali ...

Burung Cililin merupakan salah satu jenis burung masteran dikalangan para pecinta burung kicauan saat ini. Tidaklah heran jika sudah banyak orang yang memilikinya.

Akan tetapi banyak juga orang yang mengeluhkan tentang perawatan burung cililin tersebut.

Mengingat bahwa burung cililin merupakan salah satu jenis anggota keluarga dari burung gagak-gagakan (Corvidae). Burung yang dikenal kedalam keluarga corvidae ini sudah banyak yang mengetahui jika burung tersebut memiliki kecerdasan yang cukup tinggi. Akan tetapi sebagian besar dari burung cililin ini mudah sekali terkena stres.

Tidak hanya mudah stres saja, burung cililin juga seringkali mengalami macet bunyi dan bisa menghambat proses pemasteran.

Umumnya, Setiap burung kicauan memang sudah wajar jika suatu saat terjadi masalah pada macet bunyi, termasuk pada burung cililin.

Rekomendasi:
√ Cara Mengatasi Burung Cililin Tidak Mau Makan Voer Dan Cara Perawatanya ...

Hal yang paling terburuk yaitu ketika macet bunyi di tengah lomba. sebab jika hal ini terjadi tentunya bisa menjadikan burung kicauan Anda kalah dalam perlombaan.

Masalah perilaku macet bunyi ini juga bisa terjadi pada burung cililin. Dengan demikian, Anda harus mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi burung cililin macet bunyi yang baik dan benar, tentunya agar nantinya tidak terjadi lagi masalah macet bunyi.


Penyebab Burung Cililin Macet Bunyi

Ada Beberapa faktor penyebab burung cililin yang rentan sekali terjadi stres dan juga macet bunyi yaitu;

1. Pemberian pakan yang dinilai berlebihan
Jika pemberian pakan-Nya berlebihan, maka burung tersebut menjadi kurang aktif dan malas untuk bunyi.

Selain hal itu, bisa juga disebabkan karena burung kekurangan pakan. burung cililin juga mudah stres, sakit, ataupun cepat mati jika pemberian pakan-Nya kurang.

Jadi intinya, berikanlah pakan secukupnya saja dan selalu perhatikan juga kebutuhan burung cililin tersebut.

2. Penjemuran Yang Terlalu Lama
Proses penjemuran yang terlalu lama juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab burung cililin menjadi stres dan macet bunyi.

Atau bisa juga karena anda menggantangkan sangkarnya pada tempat yang banyak hembusan angin kencang, seperti halnya dekat compressor AC , blowwer, kipas angin ataupun dekat dengan ventilasi udara.

Tentu saja Hal ini bisa mengakibatkan burung cililin mudah sakit dan stamina juga gampang ngedrop.

3. Tempat air minum jarang diganti dan sangat kotor. 
Wadah atau Cepuk air minum yang kotor juga bisa menjadikan burung cililin anda mudah terkena oleh penyakit dan stres.


Cara Mengatasi Burung Cililin Macet Bunyi

Burung Cililin merupakan salah satu jenis burung gagak yang memiliki dua variasi warna. Diantaranya ialah cililin coklat dan dan juga cililin hitam.

Dari Perbedaan warna ataupun jenis ini tidak bisa dipungkiri, jika semua jenisnya bisa terkena oleh masalah macet bunyi. Meskipun beda jenis, namun cara perawatan burung cililin dan mengatasi masalahnya juga bisa dikatakan sama.

Jika anda menemukan masalah burung cililin mulai tampak stres dan macet bunyi, anda bisa segera melakukan tindakan yang harus dilakukan. Tujuannya agar kondisi burung tidak bertambah parah.

Berikut ini terdapat beberapa hal yang harus anda lakukan untuk mengatasi burung cillin macet bunyi dan terkena stres.

Jika burung cililin peliharaan anda ditaruh pada sangkar yang berukuran sedang ataupun kecil, maka cara mengatasinya ialah burung cililin macet bunyi dan stres tersebut bisa anda lakukan dengan cara memindahkannya kedalam sangkar yang berukuran besar/luas. Atau bisa juga anda memberikannya pakan tambahan, seperti jangkrik atau kroto dalam jumlah diperbanyak dari biasanya.

Berikanlah pakan tambahan yang lainnya juga seperti ulat jerman dan kepompong.

Untuk selanjutnya dalam waktu beberapa hari, sangkarnya digantangkan pada tempat yang teduh sambil dikerodong dan putarkan suara terapi alam, contohnya seperti suara hutan serta suara air yang mengalir.

Selain itu, Anda juga harus menjemurnya secukupnya saja, atau kurang lebih 10 menit. Setelah itu, digantangkan di tempat yang sejuk ataupun teduh dan sangakar diletakan berdampingan dengan burung bersuara ngerol ataupun rajin bunyi.

Anda juga harus memperhatikan wadah air minum dan menjaganya agar wadah tetap berada dalam kondisi bersih. Sebaiknya, Berikanlah air minum yang sudah matang. Sesekali juga bisa anda berikan larutan penyegar.

Posting Komentar