√ Mengatasi Cendet Suka Salto, Lakukan Terapi ini Untuk Mengatasinya ..

Burung cendet pada dulunya termasuk salah satu burung sawahan yang harganya sangat murah. Akan tetapi mempunyai kemampuan berkicau yang sangat bagus, sehingga pada saat ini harganya sudah dikatakan mahal.

Selain hal tersebut, burung cendet juga dikenal sebagai burung yang sangat agresif dan juga galak. Namun burung ini juga mudah sekali beradaptasi dengan lingkungan barunya. Terkadang, burung cendet juga bisa mengalami beberapa masalah seperti suka salto.

Rekomendasi:
√ Mengenal Karakteristik Burung Cendet Coklat dan Habitatnya ....


Cara Mengatasi Burung Cendet Suka Salto 

Perilaku burung cendet yang suka salto bisa saja menjadikan burung macet bunyi. Jika Burung suka salto dan macet bunyi bisa menjadi salah satu tanda jika burung cendet sedang mengalami stres. Pada umumnya, burung cendet selalu berusaha untuk menghindari dari orang sekitarnya.

Cara Mengatasi Burung Cendet Salto

Untuk mengatasi burung cendet yang suka salto, anda harus menerapkan beberapa hal berikut ini dan di lakukan secara rutin.

Full kerodong
Cara mengatasi burung cendet yang suka salto ialah anda harus mengerodong sangkar terlebih dahulu. Tujuannya supaya kondisi burung tersebut tidak semakin stress.

Pengerodongan sangkar ini bisa dilakukan dalam waktu yang tidak bisa ditentukan. Sebab anda juga harus melihat keadaan burung cendet tersebut.

Apabila burung cendet sudah mengalami perubahan, pengerodongan sangkar bisa dibuka kembali namun bisa dilakukan saat malam hari.

Terapi dengan suara air mengalir
Cara Mengatasi burung cendet suka salto yang selanjutnya ialah anda bisa memberikan terapi dengan suara air yang mengalir.

Caranya Mp3 suara Air mengalir ini Bisa diperdengarkan pada burung cendet yang mengalami stres dengan jelas dan pelan.

Cara ini bisa anda lakukan selama 12 jam nonstop atau saat malam hari saja.

Mandi malam
Mengatasi cendet suka salto bisa juga dengan terapi Mandi malam untuk mengembalikan kondisi burung. Sebab, mandi malam juga bermanfaat untuk burung.

Tetapi, jika burung cendet disebabkan stres sebaiknya semprotkan secara harus dan disetel embun, dan penyemprotan jaraknya jangan terlalu dekat dengan burung. Sebab, dikhawatirkan burung tersebut bisa merasa ketakutan.

Saat sudah selesai mandi, selanjutnya bisa diangin-anginkan terlebih dahulu kurang lebih selama 10 menit saja. Kemudin bisa langsung dikerodong kembali lalu dimasukkan ke dalam rumah.

Terapi lapar
Setelah perilaku saltonya berkurang, anda juga bisa menggunakan terapi lapar. ketika Anda membuka kerodong sangkar dan hendak memberikan pakan jangkrik, sebaiknya jangan langsung diberikan.

Akan tetapi, terlebih dahulu anda mencoba menggoda sampai burung cendet tersebut mau mengejar jangkrik yang ada ditangan Anda. Setelah itu, barulah jangkrik bisa langsung anda berikan.

Terapi lapar ini tidak hanya menurunkan emosi salto pada burung cendet. Akan tetapi, burung juga menjadi lebih jinak kembali. Sebab, terapi ini hanya disarankan untuk burung-burung yang mengalami stres serta thrauma berat.

Pengembunan
Mengatasi cendet salto berikutnya ialah dengan Pengembunan.

Pengembunan ini bisa anda lakukan saat pagi hari. Namun sebaiknya pengembunan ini dilakukan setelah burung tidak terlalu stres. Sebab, burung yang diumbar tanpa dikerodong sangkarnya dalam jangka lama, bisa menjadikan cendet salto.

Meskipun, terapi pengembunan ini kurang efektif mengatasi cendet salto, akan tetapi lebih cocok jika dilakukan pada cendet yang kurang gacor. Sebab cara ini hanya dianjurkan pada burung cendet yang sudah berkurang saltonya.

Posting Komentar