√ Mengenal Karakteristik Burung Cendet Coklat dan Habitatnya ....

Burung Cendet Cokelat merupakan salah satu jenis burung kicau yang mempunyai tubuh sedang dari family Laniidae dan Genus Lanius.  Nama dari Burung cendet cokelat (Laniuscristatus) jika dalam bahasa inggrisnya Brown Shrike.

Karakteristik dari burung cendet cokelat ini apabila dilihat dari bentuknya serupa dengan burung cendet pada umumnya.

Perlu anda ketahui, jika burung cendet cokelat ini tergolong satu dari jenis burung cendet lain dari burung cendet madura yang dikenal dengan burung cendet kelabu.

Bahkan ada beberapa dari pecinta burung kicauan yang masih merasa asing dengan cendet cokelat atau hanya mendengar kicauannya saja.

Memang dari bentuk spesies ini bukan bersala burung dari Indonesia seperti halnya burung cendet kelabu.
Jika burung cendet kelabu, mungkin hampir semua para pecinta burung kicau di Indonesia telah mengenalnya.

Rekomendasi:
√ Cara Menjaga Stamina Burung Cendet Agar Tidak Mudah Drop atau Kelelahan ...

Burung cendet cokelat ini pun termasuk salah satu jenis burung migran dari daerah Siberia, Mongolia, dan Asia Timur sperti China dan Jepang. Pada umumnya jenis burung ini akan mampir ke Indonesia menjelang musim dingin. Yaitu antara bulan Agustus hingga bulan September, dan akan bermukim selama beberapa bulan.

Ketika menginjak bulan April, mereka baru kembali lagi ke habitat aslinya yang ada di wilayah bagian utara  untuk berkembang biak. Namun, banyak juga para pecinta burung kicauan yang menyenangi dengan burung cendet ini,sebab kemampuan untuk berkicaunya serupa sperti burung cendet yang ada saat ini anda pelihara atau dilombakan. Diantaranya yakni burung cendet dari jenis cendet kelabu.


Karakteristik Burung Cendet Cokelat 
Karakteristik dari burung cendet cokelat yakni berukuran sedang dan memiliki panjang tubuh sekitar 17 hingga 20 cm.

Di samping itu, untuk berat tubuh dari burung cendet cokelat ini yakni 27 hingga 34 g untuk yang berjenis kelamin jantan.  Kemudian ciri khas dari burung cendet cokelat yang kelamin betina mencapai 28 hingga 37 g.

Burung Cendet ini ciri khasnya yakni berwarna coklat dengan mahkota dan tubuh unsur atasnya yang berwarna coklat. Dan pada unsur bagian dahinya serta pada bagian alisnya berwarna putih, serta bagian setrip mata hitam lebar.

Untuk Tubuh bagian bawahnya juga tanpa berwarna putih kuning tua. Sedangkan ciri khas burung cendet cokelat yang masih muda / remaja, bulu-bulunya masih mempunyai pola seperti sisik ikan, yang terlihat lain dari warna dasarnya. Jika usia burung ini semakin lama, maka pola-pola seperti sisik ini akan menghilang menjadi bulu dewasa.

Untuk Karakteristik burung cendet cokelat ini nantinya pada bagian iris coklat, paruh hitam, kaki abu-abu kehitaman. Khusus untuk yang masih anakan, warna pada tubuhnya yang terdapat pada bagian terlihat cokelat-kehitaman.

Habitat dan Makanan Cendet Cokelat
Perilaku yang dipunyai oleh burung cendet cokelat ini tak lain seperti jenis burung cendet pada umumnya. Burung ini juga salah satu jenis burung yang cukup agresif.

Di wilayah migrasi, burung ini senang mendatangi lahan pertanian terbuka, termasuk di areal perkebunan hingga di dekat ketinggian mencapai 1500 mdpl.

Mereka akan terlihat bertengger  sendirian di semak-semak, kabel, ataupun di dahan pohon yang paling atas, sambil mengawasi lingkungan. Saat itu, burung cendet ini juga akan mencari serangga yang terbang, selanjutnya akan segera menyambarnya.

Burung ini tidak hanya memakan serangga, terkadang juga akan memakan beberapa hewan kecil seperti tikus, katak,dan juga belalang. Kemudian burung-burung kecil seperti pleci juga akan menjadi santapan favoritnya.

Mereka akan  menyambar beberapa jenis serangga atau satwa kecil lain yang sedang berada di atas tanah. Burung cendet cokelat ini akan berkembang biak di Asia timur. Dan saat musim dingin bermigrasi ke India, daerah Asia Tenggara, Filipina, Sunda Besar, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku, dan juga Pulau Papua.

Posting Komentar