√ Cara Mengatasi Lovebird Mencret, Diare Atau Gangguan Pencernaan

Salah satu permasalahan yang seringkali terjadi pada burung lovebird ialah gangguan pencernaan.

Burung lovebird yang tengah mengalami gangguan pencernaan bisa ditandai dengan adanya kotoran berbentuk cair. Sebab, hal ini bisa dikarenakan burung lovebird peliharaan anda mengalami stres, terlalu banyak minum, atau bisa juga karena makan dengan kandungan yanh banyak airnya.

Untuk mengetahui apakah lovebird peliharaan anda mengalami gangguan pencernaan atau tidak, kita bisa mengidentifikasinya dari mulai gejala paling umum, misalnya seperti adanya sisa-sisa kotoran yang masih menempel pada bagian bulu sekitar kloaka. Atau bisa juga diamati dari perubahan perilakunya, serta pada bulu tubuh yang seringkali terlihat mengembang.

Faktor Diare atau mencret memang tidak termasuk salah satu penyakit yang serius jika hal itu belum lama. Akan tetapi apabila anda biarkan burung lovebird tersebut pada kondisi diare secara terus-menerus, maka bisa jadi sangat berbahaya. Dengan demikian, maka anda harus segera menangani penyakit burung lovebird ini, sebab bisa mengancam pada nyawa burung lovebird peliharaan anda.


Kotoran Lovebird Encer Atau Mengalami Gangguan Pencernaan (DIARE)


Burung Lovebird yang mengalami gangguan pencernaan atau diare memang bisa dikategorikan pada beberapa fase. Mulai dari kotoran yang tampak lembek sampai dengan bentuk yang encer, kotoran berwarna agak hijau menuju kemerah-merahan, sampai pada warna putih yang kecokelatan.

Untuk burung lovebird yang mengalami sakit diare berkelanjutan biasanya akan mengeluarkan bentuk kotoran yang bercampur dengan darah.

Oleh sebab itu, anda sebaiknya harus hati-hati dengan penyakit diare yang telah menyerang burung lovebird. Sebab gangguan berupa pencernaan ini bisa saja mengancam nyawa burung lovebird peliharaan anda kapan saja.

Rekomendasi:
√ Jenis Pakan Lovebird Agar Cepat Gacor Dan Ngekek panjang

Untuk gejala burung lovebird mengalami gangguan pencernaan atau diare bisa juga dapat diamati pada fasesnya. Pada penyakit diare tahap awal pada umumnya hanya tampak terlihat mencret saja. Sebab asupan gizi dan nutrisinya masih terpenuhi.

Burung Lovebird pada umumnya masih mau makan apabila sedang mengalami kondisi awal diare. Namun untuk tahap selanjutnya burung lovebird tersebut bisa saja roboh dan lemas.

Penyebab Kotoran Lovebird Encer, Diare atau Gangguan Pencernaan

Beberapa infeksi virus yang seringkali menyerang pada burung lovebird diantaranya ialah jenis reovirus, adenovirus, serta polyomavirus.

Infeksi ini secara umum bisa mengakibatkan diare hemoragik yang dapat mengakibatkan diare berdarah serta komplikasi serius pada burung lovebird. Saat keadaan burung lovebird yang sangat parah, infeksi ini bisa saja mengakibatkan kematian.

Untuk pengobatan yang seringkali dilakukan ialah dengan cara symptomatic, yaitu dengan menyediakan cairan serta nutrisi tertentu untuk burung lovebird menderita diare kritis.

Tidak hanya itu saja, kita juga harus tetap menjaga suhu tubuh burung agar selalu hangat. Sedangkan pemberian antibiotik tidak bisa mematikan virus, tetapi hanya bisa menghentikan bakteri yang bersama virus tersebut.

Infeksi jamur juga merupakan salah satu masalah umum yang seringkali dijumpai pada burung lovebird menderita diare. Ada dua jenis jamur yang bisa mengakibatkan burung mengidap diare, diantaranya ialah avian gastric yeast serta jenis candida.

Cara Mengatasi Lovebird Diare Atau Gangguan Pencernaan

Pada saat burung lovebird anda mengalami diare sebaiknya jauhkanlah dari makanan hijau ataupun sayuran.

Selalu jaga kebersihan sangkar dan gantilah minuman burung lovebird dengan rutin. Apabila terlihat kotor harus segera ganti.

Selanjutnya, Berikanlah vitamin dalam minumannya yang bisa membantu menjaga stamina burung lovebird anda.

Kotoran yang ada pada sangkar juga sebaiknya cepat-cepat dibersihkan agar tidak menimbulkan banyak bakteri menular.

Kemudian, pakailah alas sangkar untuk melihat perkembangan kotoran burung lovebird anda, tujuan ini supaya bisa di evaluasi setiap harinya pada perkembangan kotoran burung lovebird anda.

Untuk burung lovebird yang mengalami diare terus menerus, dan apabila sudah diberikan obat namun masih belum sehat juga, bahkan kotoranpun semakin tambah hitam maka anda bisa mencobanya dengan cara memberikan rebusan daun jambu.

Caranya ialah rebusan daun jambu yang sudah didinginkan bisa langsung diteteskan pada mulutnya atau bisa dicampurkan pada air minumnya. Hal ini dilakukan untuk mengatasi burung lovebird mengalami gangguan pencernaan.

Posting Komentar