√ Cara Mengobati Burung Cendet Cacingan Dan Cara Pencegahan-Nya ...

Burung cendet atau burung pentet merupakan salah satu jenis burung kicauan yang sudah banyak dipelihara oleh pecinta burung saat ini. sebab suaranya yang cukup lantang dan bisa menirukan suara kicauan dari burung yang lain. Namun dalam pemeliharaan burung cendet ini tentunya ada beberapa masalah yang harus dihadapi. Oleh sebab itu, sebelum burung cendet peliharaan anda terserang oleh penyakit, sebaiknya harus melalukan kiat perawatan untuk mencegah terjadinya hal tersebut.

Setiap perawatan yang baik tentu menjadikan burung Cendet peliharaan anda tidak mudah terserang oleh penyakit.

Burung merupakan hewan yang mudah terkena oleh serangan penyakit. Hal ini dikarenakan masalah perawatannya yang kurang baik dan kondisi lingkungannya tidak bersahabat.

Rekomendasi:
√ Mengatasi Cendet Suka Salto, Lakukan Terapi ini Untuk Mengatasinya ..

Untuk mencegah burung yang terlanjur terserang oleh penyakit, sebaiknya pisahkan burung yang sakit tersebut dengan burung yang masih sehat supaya tidak menular ke burung yang lainnya.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada burung cendet ialah cacingan. Cacingan merupakan salah satu jenis penyakit yang seringkali menyerang pada saluran pencernaan.

Jenis cacing yang seringkali menyerang pada burung cendet tidak beda jauh dengan cacingan yang sering menyerang pada burung lovebird. Diantaranya ialah cacing tambang, cacing giling, cacing pita, dan juga cacing hati.


Ciri-ciri burung yang terkena oleh penyakit cacingan bisa diamati apabila burung terlihat kurang bergairah, terlihat mudah ngantuk, lemas, nafsu makannya berkurang, kotoran berbentuk cair, bulu tidak teratur, serta berat badannya tampak menurun.

Penyebab Burung Cendet Cacingan

Penyebab utama burung cendet mudah cacingan ialah karena keadaan sangkar dan tempat makan/minum-nya yang kotor.

Segera cegah penyakit cacingan dengan cara selalu menjaga kebersihan sangkarnya, tempat pakan, serta pada tempat minum-Nya. Dengan demikian, maka sangkar, tempat pakan, dan tempat minumnya sebaiknya selalu dikontrol dan di  jaga kebersihannya dari berbagai kotoran agar tidak menjadi sarang cacing.

Beberapa cara yang biasa dilakukan oleh pemelihara burung cendet untuk mengatasi cacingan ialah dengan cara mengobati burung cendet tersebut dengan memberikan obat cacing yang biasa digunakan oleh manusia.

Menurut beberapa pengalaman, tidak ada dampak buruk yang signifikan untuk burung tersebut apabila tidak cocok dengan obat tersebut.

Namun pada beberapa kasus yang lainnya, mungkin bisa saja burung tersebut justru mengalami masalah lain karena dosis dari pemberian obat cacing yang tidak sama karena obat tersebut seharusnya untuk manusia.

Gejala Burung Cendet Cacingan

Burung cendet yang mengalami cacingan pada umumnya tidak memperlihatkan tanda-tanda yang jelas, bahkan burung tersebut tampak seperti burung seperti dalam keadaan sehat. Namun Anda juga harus waspada apabila nafsu makan burung tiba-tiba bertambah tetapi tubuhnya semakin kurus atau tidak gemuk.

Gejala lainnya yang mudah diamati ialah burung terlihat malas-malasan (lesu), sering mengantuk, serta bulu burung terlihat selalu mengembang.

Apabila penyakit cacingan yang sudah kronis, burung cendet sering memuntahkan makanannyq yang sudah masuk kedalam mulutnya. Jika sudah terjadi seperti ini, maka anda harus segera menanganinya, sebab burung ini sudah terserang penyakit cacingan dalam waktu lama.

Cara Mengobati Burung Cendet Cacingan

Sebaiknya anda rutin kontrol dalam menjaga kesehatan burung, sebab salah satu penunjang utama dalam pencegahan serangan penyakit cacingan adalah pada kondisi burung dan kebersihan sangkarnya.

Tidak hanya itu saja, anda juga dianjurkan untuk selalu membersihkan aksesori yang ada di sangkar misalnya seperti wadah makanan, wadah minuman, tenggeran dan juga kebersihan pada pakan dan air minumnya.

Selain hal tersebut, sebaiknya anda tetap memberikan air yang sudah masak untuk dijadikan air minum burung. Tetap Berhati hatilah apabila anda memberikan air minumnya berupa air dari sumur. Sebab air tersebut mudah sekali terkontaminasi oleh cacing. Untuk lebih amannya lagi apabila Anda menggunakan air mineral dari air yang sudah di masak.

Beberapa obat alami yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit cacingan pada burung cendet yaitu berupa kulit mangga, daun jambu, daun pepaya, biji jeruju, krokot, wortel, kelapa, dan lain-lain sebagainya.

Sedangkan cara untuk membuat ramuannya yaitu dengan cara direbus salah satu bahan tersebut, kemudian didinginkan terlebih dahulu, selanjutnya berikan pada burung yang terkena cacingan sebagai minumannya.

Posting Komentar