√ Cara Jitu Ternak Burung Parkit Agar Cepat Bertelur

Burung parkit ialah salah satu jenis burung kicau yang sudah banyak diminati oleh banyak kalangan dari dulu kala. Burung ini memang sangat cantik dengan ukuran tubuhnya relatif kecil dan indah.

Namun ketika anda mencoba berternak burung parkit pasti ada masalah yang seringkali dialami oleh para pemelihara. Salah satunya ialah burung parkit susah bertelur.

Rekomendasi:
√ Perawatan Burung Sirtu Dan Jenis Makanan Agar Tetap Gacor


Cara Ternak Burung Parkit Agar Cepat Bertelur

Apabila anda memelihara burung parkit di rumah dan mengalami sulit untuk bertelur. Maka ada kemungkinan besar bahwa anda belum melakukan sesuatu yang benar dalam cara ternak burung parkit.

Memudahkan adaptasinya dengan sarang
Cara ternak burung parkit agar cepat bertelur ialah dengan cara memudahkan adaptasi burung dengan sarangnya. Burung parkit merupakan jenis burung yang mudah stres.


Seringkali penyebab Stres menjadikan burung parkit mengalami kesulitan untuk bertelur.

Dalam mengatasi hal tersebut, sebaiknya anda mempersiapkan kandang yang lebih luas dan tempat yang tenang agar burung parkit tidak mudah stres.

Berikan air campuran obat penghilang stres
Apabila anda hendak menjadikan burung parkit terbebas dari stres, langkahnya yaitu memberikan obat penghilang stres yang dicampurkan kedalam air minumnya.

Dengan cara ini, maka tingkat stres pada burung parkit bisa berkurang hingga normal kembali dan cepat bertelur.

Obat penghilang stres untuk burung parkit ini pada umumnya dijual di pasar ataupun di toko burung.

Obat untuk menghilangkan stress tidak boleh diberikan secara terus menerus, Sebab bisa menjadikan burung parkit peliharaan anda bisa mengalami gangguan fungsi tubuh.

Anda boleh memberikannya hanya pada awal mula masa adaptasi di lingkungan barunya saja. Dan ketika burung parkit mengalami stres saat waktu tertentu saja.

Berikan air campuran gula merah
Apabila anda menginginkan burung parkit peliharaan anda bisa cepat menghasilkan telur, maka burung parkit tersebut harus mempunyai tenaga yang cukup untuk kawin. Sebab, seringkali burung parkit tidak mau kawin disebabkan tidak mempunyai banyak tenaga untuk melakukan perkawinan dengan parkit betina.

Untuk mengatasi masalah lemahnya tenaga pada burung parkit, anda bisa membuat ramuan penambah tenaga khusus untuk burung parkit tersebut. Langkahnya juga sangat sederhana yaitu dengan cara membuat ramuan dari campuran air dan gula merah.

Selanjutnya anda berikan kepada burung parkit atau bisa juga menggunakan spet agar bisa masuk ke tenggorokannya.

Ramuan tersebut bisa menjadikan burung parkit mempunyai tenaga yang cukup dan semakin unggul, sehingga bisa dipastikan burung parkit peliharaan anda tersebut bisa siap kawin sewaktu-waktu.

Namun perlu di ingat, ramuan ini tentu saja jangan anda berikan setiap hari. Anda hanya boleh memberikannya pada saat burung parkit terlihat tidak bersemangat atau tidak memiliki cukup tenaga, atau bahkan malah menjauhi lawan jenisnya saja.

Apabila kebanyakan memberikan ramuan ini justru bisa menjadikan tidak baik pada burung parkit peliharaan anda.

Berikan Tauge
Cara ternak burung parkit agar cepat bertelur yang selanjutnya ialah dengan cara memberikan tauge. Burung parkit perlu makanan yang mempunyai kandungan protein tinggi. Tentu, hal ini sangat diperlukan oleh burung parkit saat masa pertumbuhannya dan saat masa perkawinannya.

Untuk menjadikan telur yang berkualitas pastinya memerlukan nutrisi, salah satunya ialah memerlukan kandungan protein yang besar dari tauge tersebut. Supaya nantinya telur burung parkit tersebut bisa menetas dengan sempurna.

Posting Komentar