√ Mengetahui Usia Kacer Pertama Kali Mabung Dan Tanda-Tandanya

Burung kacer (Copsychus Saularis) ternyata sering dikenal dengan nama Kucica Kampung. Untuk burung yang bertubuh sedang ini memang banyak ditemukan di daerah Asia Selatan dan juga di daerah Asia Tenggara. Bahkan, di wilayah Indonesia sendiri, burung kacer ini habitat aslinya sudah jarang di temukan lagi. Menipisnya jumlah burung kacer disebabkan karena jumlah penangkapannya yang melebihi batas.

Pada habitat aslinya, burung kacer sangat gemar sekali untuk menjelajahi di berbagai wilayah. Untuk Habitat asli dari burung kacer ini ialah berada di dataran rendah dengan ketinggian mencapai sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut.

Rekomendasi:
√ Mengetahui Makanan Utama Burung Kacer Agar Cepat Gacor Dan Ngeplong

Dalam kehidupannya, Setiap burung kicauan tentu saja akan mengalami proses mabung, tak terkecuali pada burung kacer. Jika anda termasuk pemelihara burung kacer, sebaiknya anda harus mengetahui seperti apa proses mabung burung kacer tersebut.



Proses Kacer Mabung
Proses mabung pada burung kacer ini termasuk salah satu proses alami yang pastinya akan dialami juga oleh semua jenis burung.

Apa itu mabung?
Mabung ialah proses pergantian bulu yang akan dialami oleh setiap burung kicauan dalam masa-masa tertentu.

Ketika burung sedang mengalami proses mabung ini, burung peliharaan anda tersebut sebaiknya dirawat dengan cara yang baik dan tepat. Dari mulai tahap awal hingga tahap akhir. Dengan demikian, maka proses mabungnya akan maksimal.

Ciri-Ciri Burung Kacer Mabung
Jika anda memelihara burung Kacer, maka sebaiknya anda juga harus mengetahui proses mabung pada burung kacer yang anda pelihara. Dengan demikian, maka anda bisa merawat burung kacer mabung dengan Optimal selama burung peliharaannya mengalami masa mabung.

Berikut dibawah ini merupakan ciri-ciri burung kacer yang sedang mengalami mabung.
Ciri-ciri paling utama ketika proses mabung ialah bulu-bulu kecil akan terlihat mulai berjatuhan. Dan pada keadaan yang seperti inilah akan menjadi semakin banyak selama proses mabung.

Ciri-ciri lainnya pada saat burung kacer mengalami mabung yang selanjutnya ialah bulu-bulu burung kacer akan terlihat sangat kusam. Warna bulunya yang pada mulanya tampak hitam mengkilap menjadi tidak terlihat mengkilap lagi. Jadi, sangat kurang enak dipandang.

Burung Kacer yang sedang mengalami mabung juga terlihat tidak bergairah lagi dan bahkan akan menjadi sangat malas untuk berkicau. Selain itu, burung kacer yang sedang mabung pada bagian matanya akan tampak sayu.

Proses Mabung Burung Kacer dan Cara Perawatannya
Proses mabung pada burung kacer ternyata bisa juga terjadi selama beberapa kali sesuai dengan usianya. Namun, anda tidak perlu khawatir mengenai proses pergantian bulu ini.

Nah, berikut dibawah ini adalah proses mabung yang harus anda ketahui.

Usia 3 Bulan Pertama
Ketika burung kacer di pelihara sejak piyik, sampai usianya 3 bulan sesudah menetas, burung kacer tersebut pastinya akan mengalami pergantian bulu yang pertama kalinya. Tetapi, pergantian bulu ini bukan yang disebut dengan mabung, karena untuk proses mabung ini hanya terjadi pada burung kacer yang usianya sudah dewasa saja.

Usia 6 Bulan
ketika burung kacer yang usianya sudah 6 bulan, proses mabung ini sudah mulai terlihat. Burung kacer bulunya akan berganti dengan bulu yang baru. Masa masa pergantian bulu inilah yang dinamakan dengan mabung. Bulu yang baru ini termasuk bulu dewasa yang pada nantinya akan digunakan untuk terbang. Proses mabung atau pergantian bulu ini juga termasuk kedalam proses pertama yang akan terjadi juga pada setiap burung kacer.

Setelah burung kacer mengalami mabung pertama, nantinya burung kacer tidak akan mengalami mabung lagi dalam waktu 6 sampai dengan 8 bulan ke depan.

Usia 12 bulan
Ketika memasuki usia rentang 12 hingga 15 bulan, burung kacer akan mengalami fase mabung lagi. yaitu ketika burung kacer mabung dalam tahapan yang kedua ini, bulu-bulu yang rusak pada nantinya akan berganti lagi dengan bulu yang baru.

Setelah proses mabung yang kedua ini selesai, burung kacer sudah siap untuk tarung atau dilombakan, dan tentu saja sudah memiliki mental yang bisa dikatakan sangat bagus. Suaranya juga akan lebih merdu dan mempunyai stamina yang sangat bagus juga.

Aka tetapi, semua itu tergantung pada perawatan yang anda berikan. Tugas anda yang selanjutnya ialah memberikan perawatan yang baik dan benar untuk burung kacer anda.

Untuk cara merawat burung kacer mabung silahkan anda lihat di artikel yang sudah saya jelaskan sebelumnya, cek aja di menu kacer.

Posting Komentar