√ 6 Cara Memilih Sangkar Yang Baik Untuk Semua Jenis Burung Peliharaan

Sama halnya seperti hewan-hewan lainnya, burung juga sangat membutuhkan tempat yang nyaman dan aman agar bisa beraktivitas dengan baik dan mau berkicau dengan merdu. Struktur kandang yang tidak tepat bisa membuat burung menjadi stress dan tidak bisa berkicau dengan baik.

Kandang / sangkar yang tepat, selain bisa membuat burung lebih nyaman, juga bisa membuat burung menjadi lebih lincah dan juga gesit. Perilaku lincah dan gesitnya inilah tentu akan berpengaruh pada suara kicauannya. Apa sajakah yang dibutuhkan untuk membuat sangkar yang tepat agar burung kicauan menjadi lebih nyaman?

Cara Memilih Sangkar Yang Baik Untuk Burung

Berikut dibawah ini tips memilih sangkar yang baik untuk burung kicauan yang harus anda perhatikan:

1. Ukuran Kandang


Contoh sangkar yang baik untuk burung

Ukuran sangkar yang tepat tentu saja akan memiliki pengaruh besar terhadap kenyamanan burung.

Rekomendasi:
√ 9 Cara Agar Burung Tetap Nagen (Tidak Turun Tangkingan)

Dalam hal ini, Ukuran sangkar hendaknya disesuaikan dengan jenis dan postur tubuh burung yang akan menempatinya. Jangan sampai, burung merasa peliharaan anda tidak leluasa dan tidak bebas ketika menghuni sangkarnya. sebab, Ukuran sangkar yang sesuai akan membuat burung peliharaan anda akan lebih gesit dan tetap bersemangat.

2. Perhatikan Perilaku Burung
Tidak semua burung menunjukan perilaku ataupun karakteristik yang sama. Kita pasti sering menemukan jika burung dengan tubuh besar, tetapi ukuran sangkar yang ditempatinya ternyata sangat kecil. karena burung tersebut membutuhkan gerak, sehingga burung akan menujukkan perilaku yang aneh atau tidak nyaman. Oleh karena itu, dibutuhkan sangkar yang sesuai dan cukup besar untuk bisa memberikan kenyamanan bagi burung tersebut.

3. Bahan Sangkar Yang Di Gunakan
Ada juga perilaku burung yang sering mematuk-matuki sangkarnya. Jika bahan sangkar terbuat dari bahan-bahan yang lapuk, tentu saja potensi terjadinya kerusakan menjadi sangat besar. Oleh sebab itu, bahan baku sangkar juga harus anda perhatikan dengan teliti.

Untuk burung-burung dengan ukuran tubuh yang lebih kecil, sangkar terbuat dari bahan bambu cukup tepat untuk digunakan.

4. Kelenturan Jeruji Kandang
Sangkar yang tepat dan baik, seharusnya memiliki jeruji sangkar yang bisa lentur dan kuat. Jeruji tersebut biasanya terbuat dari bambu yang sudah tua. Jeruji-jeruji yang disusun jangan terlalu rapat dan juga jangan terlalu longgar. Pastikanlah jeruji sangkar sudah dihaluskan agar nantinya tidak melukai kaki burung.

Sama halnya dengan bahan jeruji yang terbuat dari kawat. Pastikanlah jeruji-jeruji yang terpasang tidak ada ujung kawat yang menyembul keluar.

5. Alas Sangkar
Yang selanjutnya, pilihlah alas sangkar yang terbuat dari bahan tripleks atau bisa juga terbuat dari papan kayu dengan ukuran yang agak tebal. Jangan gunakan alas sangkar yang susah untuk ditarik, sebab bisa membuat burung peliharaan anda menjadi stres.

Oleh Karenanya, pilihlah laci penampungan kotoran yang mudah untuk ditarik agar nantinya tidak mengganggu ketenangan burung.

6. Tangkringan
Dan Tips yang terakhir ialah Anda harus memperhatikan ketebalan tangkringan yang akan di gunakan oleh burung untuk bertengger. sebaiknya anda sesuaikan tangkringan dengan kaki burung peliharaan anda, agar mudah pada saat kaki burung mencengkeram tangkringan.

penggunaan tangkringan yang terlalu kecil bisa membahayakan burung peliharaan anda seperti stres dan mudah jatuh karena tidak sesuai dengan cengkeraman kakinya.

Posting Komentar