√ Mengetahui Manfaat Tulang Sotong Untuk Burung Kenari Dan Cara Pemberiannya

Burung kenari ialah salah satu jenis burung kicauan yang sudah banyak di pelihara oleh sebagian besar kicaumania. Dalam penangkaran khusus burung kenari, biasanya para penangkar sering memberikan asinan berupa tulang sotong sebagai makanan tambahan gizinya.

Makanan tambahan berupa tulang sotong ini sebenarnya bukan termasuk tulang, namun lebih pasnya ialah cangkang dari binatang laut yaitu cumi-cumi.

Tulang sotong berwarna putih, dan pada umumnya sangat mudah dijumpai didaerah pesisir pantai. Sebab, sangat banyak cumi-cumi yang sering terdampar pada saat air lautnya sedang pasang, dengan demikian sering meninggalkan bekas berupa tulang sotong.

Tulang Sotong biasanya disebut dengan asinan, yang merupakan tulang hewan laut dan ternyata memiliki manfaat yang cukup besar untuk burung kicauan khususnya untuk burung kenari.

Rekomendasi:
√ 3 Penyebab Burung Kenari Macet Bunyi Yang Harus Anda Waspadai

Meskipun dinamakan tulang, namun pada teksturnya tersebut tidaklah seperti tulang. Hanya keras tipis dan bisa dihaluskan. Harga asinan dari tulang sotong ini jika dijual di pasaran juga sangatlah murah. Pada umumnya jika dijual ditoko burung hanya dihargai Rp.500 hingga Rp.1000 saja.

Banyak sekali para pecinta burung kicauan yang sudah memanfaatkan asinan tulang sotong ini berguna mendukung kesehatan pada burung kenari yang mereka pelihara.


Manfaat Tulang Sotong Untuk Burung Kenari

Manfaat dari tulang sotong untuk burung kenari ini tentu sangatlah banyak, sebab pada tulang sotong terdapat beberapa kandungan kalsium, yodium, dan juga kandungan mineral yang cukup tinggi. Yang tentunya sangat bermanfaat bagi burung kicauan terutama untuk burung kenari.

Sama halnya seperti daun mengkudu untuk burung kenari, tulang sotong juga sangat bermanfaat untuk membantu sistem pencernaannya yang ada pada tubuh burung kenari. Khususnya apabila burung kenari memakan biji-bijian bersama kulitnya, maka tulang sotong ini bisa membantu melembutkan kulit dari biji-bijian yang telah dimakannya.

Kandungan kalsium yang cukup tinggi pada tulang sotong tentunya sangat bermanfaat untuk memperkuat tulang atau bisa juga untuk memperkuat tulang rahang dan memperkuat paruh burung kenari. Tentu sangat baik apabila diberikan pada burung kenari muda, kenari dewasa ataupun untuk kenari juara.

Denga mengetahui kandungan kalsium yang ada pada tulang sotong, maka kita bisa memaksimalkan pertumbuhan ataupun perkembangan tulang serta kesehatan pada burung kenari.

Sebaiknya, Selalu sediakan makanan tambahan Tulang Sotong ini di dalam kandang kenari.

berikut ini beberapa manfaat tulang sotong untuk burung kenari ialah:

1. tulang sotong memabantu melancarkan pencernaan pada kenari dewasa, remaja ataupun masih anakan.
2. Membantu menguatkan paruh burung kenari.
3. Membantu memaksimalkan pertumbuhan tulang serta menguatkan tulang-tulang yang ada pada burung kenari, baik anakan ataupun yang sudah dewasa.
4. Sangat baik memabantu dalam pembuatan cangkang telur baru pada saat burung kenari betina diternak.
5. Menjadikan burung kenari lebih prima serta gacor dan rajin berkicau.

Cara Pemberian Tulang Sotong Untuk Burung Kenari

Dalam memberikan tulang sotong untuk burung kenari peliharaan anda, caranya sangatlah mudah.Tempatkan saja tulang sotong pada sangkar burung Kenari dengan cara menggantungnya pada bagian jeruji sangkar atau dinding sangkar.

Anda bisa melubangi sedikit pada ujung asinan tulang sotong tersebut, selanjutnya ikatlah menggunakan kawat yang halus pada jeruji sangkar. Sedangkan Untuk peletakannya yang bagus dan pas ialah tepat di atas tangkringan.

Untuk peletakannya juga jangan terlalu tinggi supaya burung kenari tidak sering merayap di jeruji kandang. Secara umum, burung kenari tidak langsung memakannya, namun perlu waktu agar burung kenari mau menyantapnya.

Selain digantungkan pada sangkar, anda juga bisa menggerus asinan tersebut dengan sendok. Setelah berbentuk butiran halus kita bisa memindahkannya pada wadah atau di tempat pakannya.

Perlu di ingat, sebaiknya jangan dicampurkan dengan pakan biji-bijian. Agar burung kenari tidak berlebihan memakan asinan tulang sotong tersebut. Sebab jika terlalu banyak memakan tulang sotong, tidak baik juga untuk kesehatannya.

Posting Komentar