√ 10 Cara Pelatihan Lovebird Renang Yang Baik Dan Benar

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan oleh para kicaumania agar nafas Lovebird peliharaannya menjadi kuat dan panjang. Salah satu cara yang sering dilakukan agar nafas Lovebird panjang dan kuat ialah terapi renang. Ya, Anda bisa melatih burung Lovebird renang agar kemampuan bernafasnya jadi semakin kuat yang pada akhirnya nanti bisa membuat suara Lovebird memiliki suara panjang.

Latihan Lovebird renang ini mungkin terdengar agak dipaksakan. Sebagian dari kicau mania kemungkinan ada yang beranggapan bahwa cara melatih Lovebird tidak perlu dilakukan dengan cara seperti yang dilakukan oleh manusia.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa manusia melakukan kegiatan berenang untuk melatih pernafasan dan agar tubuhnya menjadi lebih bugar. Nah pertanyaannya, Apakah latihan renang tersebut cocok bila diterapkan pada burung Lovebird?

Jawabannya adalah, "Jangan Samakan Burung Lovebird dengan Manusia" Sebab, Burung Lovebird tidak bisa disamakan dengan manusia. Tetapi, kita bisa mengambil sedikit pola latihan yang sering dilakukan oleh manusia untuk melatih nafas kemudian diterapkan pada burung Lovebird.

perbedaanya ialah, Jika pada manusia bisa dilakukan renang hingga berjam-jam lamanya di kolam renang. Namun untuk burung Lovebird jangan sampai disamakan  pelatihan renangnya, cukup beberapa menit saja. Sebab, kemampuan bertahan yang ada pada burung Lovebird sangat berbeda jauh dengan kemampuan manusia.

Rekomendasi:
√ Manfaat Kandungan Lidah Buaya Untuk Lovebird Botak Dan Cara Penyajian-Nya

Jadi, harus dibedakan porsi latihannya, waktu dan juga tempat latihannya. Apabila manusia berenang di kolam renang, sungai, danau, atau laut, maka pada burung Lovebird cukup dimasukan kedalam bak air, ember, atau kedalam baskom yang berisi air secukupnya.

Selain hal tersebut juga membutuhkan pengawasan yang ketat agar burung Lovebird yang anda latih tidak menderita selama proses pelatihan renang. Jika burung Lovebird sudah terlihat kelelahan atau tampak tersiksa, sebaiknya latihan renang bisa dihentikan. Tunda latihan tersebut, kemudian bisa dilakukan kembali setelah beberapa hari kemudian, hingga burung Lovebird yang anda latih tersebut benar-benar telah siap.
.
pelatihan lovebird renang

Cara Melatih Lovebird Renang Yang Baik Dan Benar Agar Tetap Aman

1. Untuk cara terapi lovebird renang sebenarnya sangat mudah, yaitu burung lovebird diletakkan kedalam baskom atau berupa ember dengan diisi air setinggi leher burung Lovebird. harus anda perhatikan bahwa air tersebut jangan sampai melebihi batas leher Lovebird.

2. sebelum melakukan terapi renang, sebaiknya Lovebird perlu disemprot terlebih dulu agar tidak kaget atau ketakutan. untuk awal, Anda bisa membasahi sayapnya terlebih dulu.

3. Terapi Lovebird renang hanya boleh dilakukan selama 5 menit saja. Tujuannya ialah supaya burung lovebird tidak kelelahan.

Untuk terapi awal, sebaiknya dilakukan seminggu sekali saja untuk penyesuaian-Nya.

4. jika lovebird sudah terbiasa dan terlihat menikmatinya, maka latihan bisa ditambah menjadi 5 hari sekali, atau 4 hari sekali.

Pelatihan renang pada burung Lovebird bisa dilakukan pada saat pagi hari saja.

5. Perlu di ingat, Pelatihan renang Lovebird harus dilakukan dengan cara berhati-hati. Jika burung Lovebird terlihat gelagapan atau kesulitan untuk bernapas didalam air, sebaiknya segera angkat dan pindahkan ke dalam sangkar kembali.

6. Selain itu, jika burung Lovebird sudah terlihat lelah berenang, Anda tidak perlu lagi menunggunya sampai 5 menit. Segera angkat saja burung tersebut sebelum lovebird kedinginan, dan kelelahan.

7. harus anda Ingat, setelah melakukan terapi renang, burung Lovebird harus segera dipindahkan kedalam sangkar. Selanjutnya harus dijemur atau diangin-anginkan selama 1-2 Jam dan dilakukan sebelum jam 09.00 karena di jam ini terik matahari sudah mulai meninggi dan panas. tentu tidak baik untuk kesehatan burung lovebird.

8. Selanjutnya, silahkan kerodong sangkarnya dan biarkan Lovebird untuk beristirahat. Selama istirahat, Burung Lovebird tidak perlu dimaster ataupun mendapatkan pelatihan yang lainnya. Biarkanlah Lovebird benar-benar istirahat sepanjang malam hingga pagi.

9. Anda tidak disarankan melakukan pelatihan Lovebird renang pada saat musim dingin atau musim hujan. Sebab, di musim hujan udara dan airnya akan terasa sangat dingin, sehingga kemungkinan besar akan menyakiti tubuh burung Lovebird.

10. Pelatihan atau terapi Lovebird renang menjadi tanggung jawab anda masing-masing. Jadi, perhatikanlah kondisi burung peliharaan Anda sendiri dan jangan sampai dibanding-bandingkan dengan burung lovebird yang lain. Jika Lovebird sedang sakit, maka anda tidak perlu memaksakan lovebird untuk latihan renang.

Posting Komentar