√ 16 Panduan Cara Melatih Jalak Kebo Agar Pintar Berbicara Seperti Manusia

Burung Jalak Kebo ialah salah satu jenis burung kicau yang bisa bicara layaknya seperti manusia. Kepintaran dari burung ini di atas rata-rata burung yang lainnya. Tak heran, meskipun tak dilatih sekalipun, terkadang burung Jalak Kebo ini bisa bicara menirukan suara manusia.

Kendati demikian, namun tidak semua jenis burung Jalak Kebo bisa belajar bicara sendiri. Melainkan burung Jalak ini juga memerlukan sebuah latihan agar bisa bicara layaknya seperti manusia.

Rekomendasi:
√ Cara Perawatan Burung Hantu Dengan Baik Dan Benar Agar Cepat Jinak

Untuk latihan burung Jalak Kebo tidaklah terlalu sulit dan tidak pula merepotkan. Yang terpenting, Anda hanya menyempatkan waktu untuk bicara secara intens dengan burung jalak kebo tersebut. Dengan begitu, maka Jalak Kebo peliharaan anda akan semakin terbiasa dan mulai menanggapi pembicaraan Anda.


Cara Melatih Burung Jalak Kebo Agar Bisa Bicara Seperti Manusia

Bagi Anda yang ingin melatih burung Jalak Kebo agar cepat bisa bicara layaknya seperti manusia, Anda bisa menerapkan beberapa panduan latihan berikut ini:

1. Waktu Yang Tepat Untuk Melatih Jalak Kebo

Agar jalak kebo bisa bicara seperti manusia, maka harus dilatih pada saat waktu yang tepat. Kapankah latihan yang tepat untuk Jalak Kebo?

Latihannya dapat diberikan ketika pagi hari hingga siang hari sebelum pukul 11.00. Kemudian, latihan Jalak Kebo bisa dilanjutkan lagi di sore hari antara pukul 15.00-17.00 Wib.

Jadi, intinya ialah anda harus melatih burung Jalak Kebo di pagi dan sore hari ketika udara tidak terlalu panas. Bila cuaca atau udara sedang panas, maka burung jalak kebo biasanya akan kesulitan belajar dan akhirnya tidak bisa fokus.

2. Jadwal Latihan Untuk Jalak Kebo

Latihan yang anda berikan juga harus dilakukan secara rutin. Kalau bisa di pagi hari selama 60 menit. Latihannya bisa berupa mendengarkan suara Percakapan ataupun bisa juga diajak bicara secara langsung.

Saat proses latihan menggunakan audio percakapan sebaiknya kandang Jalak Kebo dikerodong saja. Jangan lupa untuk diberikan waktu istirahat sambil memberikan pakan berupa jangkrik ataupun buah-buahan kesukaan Jalak Kebo.

Apabila Anda tidak memiliki waktu untuk melatih jalak kebo, sebaiknya setiap pagi dapat memutarkan audio suara percakapan atau suara masteran selama 30 menit.

Dengan rutin melakukan latihan setiap pagi hari maka burung Jalak Kebo akan cepat menghafal suara-suara latihan tersebut dalam waktu seminggu. Namun, cepat tidaknya proses latihan ini tergantung pada kecerdasan burung jalak kebo yang anda miliki. sebaiknya pada saat akan melakukan pelatihan ini, burung jalak kebo masih dalam usia muda agar lebih cepat hafal dan pintar.

3. Cara Latihan Jalak Kebo Menggunakan Suara MP3

Latihan menggunakan suara MP3 biasanya dikhususkan untuk melatih burung kicauan lomba. Jadi, Anda juga bisa memutarkan suara audio MP3 berisi kicauan Jalak Kebo masteran lain atau bisa juga suara percakapan masteran.

Jika Anda ingin agar burung Jalak Kebo bisa bicara layaknya seperti manusia, maka suara Mp3 yang diputar harus sesuai percakapan manusia yang sopan. Jangan pernah mengajari burung Jalak Kebo bicara kotor agar tidak menyesal dikemudian hari. karena sekali mengajari burung Jalak Kebo bicara kotor, maka percakapannya pun akan diingat-ingat sepanjang masa dan diulang-ulang setiap hari oleh burung jalak kebo tersebut.

4. Latihan Jalak Kebo Dengan Jalak Kebo Yang Lain

Tidak hanya dengan suara Mp3 saja, burung Jalak Kebo juga dapat dilatih dengan burung Jalak Kebo yang lainnya. Latihan ini biasanya berupa seperti mengadu suara kicauan. Oleh sebab itu, keduanya harus dipertemukan secara langsung tetapi dengan sangkar yang berbeda.

Sediakan dua sangkar kemudian di dekatkan. Salah satu sangkar bisa diberikan pembatas atau dikerodong setengah. Sesekali kerodong sangkar tersebut dibuka agar salah satu burung merasa tertantang untuk ikut berkicau.

Latihan seperti ini biasanya akan memperkuat mental dan dapat membuat burung Jalak Kebo merasa nyaman karena memiliki teman lain di dekatnya.

5. Latihan Mengajak Bicara Jalak Kebo

Cara agar membuat Jalak Kebo bisa bicara seperti manusia paling ampuh ialah dengan cara mengajaknya bicara secara langsung.

Anda bisa mengajaknya bicara dengan kalimat-kalimat yang sama dan juga berulang-ulang. Latihan bicara seperti ini harus dilakukan sesering mungkin supaya materinya segera masuk ke otak burung jalak kebo tersebut. Jika burung jalak kebo kesulitan mengingat kalimat yang panjang, sebaiknya Anda mengajarinya dengan satu kata yang mudah terlebih dahulu, misalnya seperti hallo, hai, pagi, siang, sore, malam, dan lain-lain sebagainya.

Apabila jalak kebo sudah menguasai satu kata, maka latihan bisa ditambah lagi menjadi dua kata, misalnya seperti apa kabar, selamat pagi, selamat siang, sudah pulang, hati-hati, dan lain-lain sebagainya.

6. Latihan Kalimat Harus Sopan

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, latihan bicara untuk burung Jalak Kebo harus dengan kalimat atau ucapan yang sopan. Oleh sebab itu, sebaiknya burung jalak kebo harus mendengarkan pembicaraan yang baik, halus, dan juga tidak kasar.

Apabila Anda berada di lingkungan dengan orang-orang yang tidak baik, maka burung Jalak Kebo tersebut juga bisa terpengaruh dan menirukan suara-suara kotor. Jika kondisi lingkungannya seperti ini sebaiknya Anda harus meletakkan sangkar Jalak Kebo di dalam rumah agar tidak menirukan suara-suara dari luar.

Lebih baiknya lagi ajari burung Jalak Kebo dengan kalimat mengaji atau mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran. Dengan begitu, maka setiap burung Jalak Kebo bicara, maka pahala untuk anda akan mengalir terus menerus selama burung jalak kebo tersebut mengucapkan kalimat ayat alquran.

7. Jalak Kebo Di letakkan Di Keramaian

Cara agar burung Jalak Kebo bisa menirukan ucapan manusia. Anda bisa meletakkanya di tempat yang ramai. Pilihlah salah satu tempat yang cukup ramai. Misalnya seperti di depan rumah atau bisa juga disamping rumah dekat jalan. Orang-orang yang melintas pada umumnya akan bicara keras dan burung Jalak Kebo akan terbiasa mendengarkan dan menirukan ucapan manusia. Misalnya jika ada penjual roti yang lewat, maka burung akan menirukan ucapan penjual roti tersebut.

Tetapi masalahnya hal ini bisa berdampak buruk jika burung jalak kebo tersebut di ajari dengan bicara atau kata-kata yang tidak baik dari lingkungan sekitar. Tentunya rumah Anda akan dihiasi dengan suara-suara kotor pula.

Solusinya ialah sebaiknya di dekatkan dengan siaran televisi atau radio yang isinya acara baik-baik. Jangan siaran gosip agar nantinya burung Jalak Kebo tersebut tidak ikut menggosip.

8. Luangkan Waktu Bersama Burung Jalak Kebo

Apapun jenis latihannya, yang terpenting ialah Anda harus bisa meluangkan waktu bersama Jalak Kebo. Mengapa demikian?

Percuma saja kalau hanya mendengarkan suara-suara audio tanpa di dampingi oleh manusia secara langsung. Jalak Kebo jadi terlihat seperti robot karena suaranya akan terdengar monoton.

Oleh sebab itu, ajaklah burung Jalak Kebo untuk berkomunikasi langsung tentang keseharian. Saat berada bersamanya, Anda harus selalu aktif berkomunikasi agar burung Jalak Kebo peliharaan anda tersebut ikut terpancing bicara dan bicara layaknya seperti manusia.

9. Berikanlah Pakan Yang Berkualitas

Agar burung jalak kebo lebih bersemangat dalam latihan, sebaiknya diberikan pakan yang berkualitas. Minimal, pakan tersebut disukai oleh jalak kebo supaya mudah dalam belajar bicara bahasa manusia.

Apabila Jalak Kebo peliharaan anda suka makan jangkrik, maka berikanlah porsi jangkrik lebih banyak pada saat latihan. Selain itu, tambahkan juga makanan yang bergizi agar memori otaknya lebih cemerlang.

10. Berikan Hadiah untuk Jalak Kebo

Sama halnya seperti manusia, Jalak Kebo juga suka dengan hadiah. Burung ini bisa diberilan hadiah berupa makanan ataupun minuman yang enak. Apabila Anda mempunyai kecukupan rezeki, maka belikanlah makanan, sangkar yang bagus atau perlengkapan accesories lainnya.

Hadiah yang anda berikan kepada jalak kebo secara psikologis bisa membantu seekor burung Jalak Kebo menjadi lebih dekat dengan pemiliknya. Yang terpenting ialah jangan sampai diberikan hadiah mewah, sebab burung Jalak Kebo tidak bisa membedakan benda mewah ataupun murah. tetapi yang terpenting berikanlah yang berkualitas baik untuknya.

11. Berikan Perawatan Mandi dan Jemur secara Rutin

Perawatan untuk Jalak Kebo yang tidak boleh terlewatkan ialah mandi dan jemur. Mungkin perawatan ini terlihat sepele tetapi hal ini sangat membantu menjaga kesehatan pada burung Jalak Kebo.

Setiap jenis burung apapun itu, tentu perlu dimandikan dan dijemur agar tubuhnya tetap segar, sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Anda bisa memandikan burung jalak kebo dengan cara disemprot atau mandi sendiri di keramba.

12. Jadikan Burung Jalak Kebo sebagai Teman

Cara Untuk melatih Jalak Kebo agar mudah dan cepat bisa berbicara, maka caranya ialah dengan menjadikan burung Jalak Kebo tersebut sebagai teman. Dengan begitu, Anda harus rutin mendampingi Jalak Kebo selama dirumah.

13. Berinteraksi dengan Jalak Kebo

Cara agar jalak kebo bisa cepat bicara ialah membutuhkan hubungan yang dekat, agar Jalak Kebo merasa nyaman dengan Anda ataupun manusia lainnya. Nah, salah satu caranya ialah dengan berinteraksi atau bersentuhan langsung seperti melakukan tindakan fisik dengan burung Jalak Kebo. Misalnya anda bisa mengelus-ngelus kepala burung Jalak Kebo dengan lembut, sering memegangnya, atau mengajaknya bermain.

14. Berikan Pakan Menggunakan Tangan

Salah satu cara agar Burung Jalak Kebo lebih dekat dengan manusia dan bisa bicara seperti manusia ialah sebaiknya anda memberikan pakan secara langsung menggunakan tangan.

Misalnya, Anda ingin memberikan pakan berupa jangkrik ke Jalak Kebo, maka berikanlah secara langsung menggunakan tangan. tapi, sebelumnya ajaklah main-main dulu, jangan langsung diberikan.

Ketika anda akan memberikan pakan berupa jangkrik, sebaiknya kaki jangkrik dihilangkan terlebih dahulu. Sebab, kakinya memiliki duri yang sangat tajam dan dapat melukai tenggorongkan burung.

15.Bersihkan Sangkar secara Rutin

Buatlah Jalak Kebo peliharaan anda merasa nyaman dengan rumahnya yaitu dengan cara membersihkan sangkar setiap hari. Bersihkan juga kotoran burung menggunakan air bersih. Semua wadah pakan, cepuk dan minuman juga dibersihkan dan diganti pakan minumnya setiap hari.

Apabila sangkar Jalak Kebo sudah terlihat jamuran, sebaiknya di amplas dan dicat ulang agar sangkar tersebut terlihat seperti baru. Namun, setelah sangkar dicat, tunggu dulu sampai bau catnya menghilang agar burung Jalak Kebo tidak keracunan oleh bahan kimia cat tersebut.

16. Melatih Jalak Kebo Sejak Masih Anakan

Agar latihan berjalan dengan mudah, Anda bisa melatihnya sejak jalak kebo masih anakan. Semakin muda Jalak Kebo maka latihan bicara akan lebih mudah dan berjalan lancar. Sebab Kalau jalak kebo sudah berumur dewasa, biasanya Jalak Kebo akan cukup sulit mengingat suara.

Jalak Kebo yang dilatih sejak masih piyik akan menjadikannya lebih jinak dan menuruti perintah pemiliknya.

Posting Komentar