√ 5 Manfaat Kandungan Biji Pepaya Untuk Burung Peliharaan Dan Cara Pemberian-Nya

Tahukah Anda ternyata tidak hanya daging buah pepaya yang bermanfaat untuk kesehatan burung. Melainkan biji pepaya juga sangat bermanfaat untuk kesehatan burung kicauan. Padahal, seringkali kita membuang biji buah pepaya karena rasanya yang pahit. Nah, sekarang daripada anda membuang biji buah pepaya, sebaiknya kita berikan ke burung kicauan sebagai pakan Extra Fooding (EF).

Mungkin Anda sudah mengetahui manfaat buah pepaya untuk burung kicauan, tetapi apakah Anda juga sudah mengetahui manfaat biji pepaya untuk burung?

Rekomendasi:
√ Penyebab Burung Peliharaan Tiba-Tiba Mati Mendadak

Biji pepaya ini memang berukuran kecil-kecil dan juga berwarna hitam. Banyak diantara kita yang langsung membuang biji pepaya karena rasanya yang pahit dan tidak enak. Kendati demikian, namun ada juga orang yang masih menyimpan biji pepaya untuk ditanam lagi sebagai bibit buah pepaya.


Biji Pepaya Aman Untuk Di Konsumsi

Ternyata biji pepaya juga aman untuk dikonsumsi, bahkan untuk manusia sekalipun. Menurut laman Hellosehat, biji pepaya ini mengandung berbagai macam mikronutrien esensial yang dilengkapi dengan polifenol tinggi flavonoid. Kedua senyawa ini merupakan fitokimia alami yang berperan sebagai antioksidan. Nah, Biji pepaya juga ternyata mengandung sejumlah asam lemak tak jenuh tunggal yang berarti makanan sehat dan aman untuk di konsumsi.

Kandungan serat pada biji pepaya sangat tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan juga kolesterol pada tubuh. Biji pepaya ini dapat dimakan langsung dengan daging buahnya atau bisa juga dihaluskan terlebih duhulu agar bisa dikonsumsi dengan mudah.

Dengan demikian, berarti Anda sudah mengetahui apa saja manfaat biji pepaya untuk tubuh manusia. Kalau untuk burung, apa sajakah manfaatnya?

Manfaat Biji Pepaya Untuk Burung

1. Bermanfaat Sebagai Obat Antivirus
Apabila diolah dengan benar, ternyata biji pepaya ini bisa dimanfaatkan sebagai obat antivirus. Burung peliharaan yang terkena oleh virus dari burung lain dapat di sembuhkan dengan cara alami yaitu memberikan biji pepaya.

Selain sebagai obat antivirus, biji pepaya juga bisa di manfaatkan untuk menyembuhkan infeksi ringan akibat tubuh burung tergores oleh alas sangkar atau terjepit jeruji sangkar.

2. Bermanfaat Sebagai Obat Cacing
Apabila burung peliharaan anda mengalami cacingan, Anda bisa mengobatinya dengan cara memberikan biji pepaya. Hal ini karena kandungan dari biji pepaya ini terdapat alkaloid (carpaine) yang berperan untuk membunuh cacing parasit pada usus burung peliharaan anda.

Biji pepaya ini sangat bermanfaat sebagai obat cacing untuk semua jenis burung. Sebelum penyakit cacingan burung bertambah parah, sebaiknya anda segera memberikan obat cacing menggunakan bahan alami dari biji pepaya ini.

3. Bermanfaat Untuk Melancarkan Pencernaan
Manfaat Dari Biji Pepaya juga terdapat Kandungan enzim papain untuk membantu melancarkan pencernaan burung. Burung yang jarang PUP (buang kotoran) atau kotorannya tampak encer dapat diobati dengan menggunakan biji pepaya.

Tahukah Anda, ternyata kandungan enzim papain ini bisa memecah protein, sehingga sistem pencernaannya menjadi lebih lancar. Segala bentuk sisa makanan yang menumpuk di dalam usus dapat terdorong keluar dan pencernaan akan menjadi lebih sehat seperti sediakala.

4. Bermanfaat Untuk Menetralkan Racun
Makanan ataupun minuman burung terkadang tidak higienis sehingga membuat burung keracunan. Untuk menetralkan racun tersebut pada burung, Anda dapat memberikan biji pepaya.

Manfaat dari biji pepaya ini ternyata bisa mengobati burung yang keracunan. Racun yang telah masuk kedalam tubuh burung akan dinetralkan kembali dan berangsur-angsur menghilang dengan sendirinya.

Setelah diobati menggunakan biji pepaya, sebaiknya Anda lebih selektif lagi dalam memberikan pakan ataupun minuman ke burung peliharaan. Pasalnya, hal ini sangat sensitif dan dampaknya bisa mengancam keselamatan burung peliharaan anda.

5. Bermanfaat Untuk Menangkal Radikal Bebas
Burung kicau yang sering dijemur di pinggir-pinggir jalan atau berada di dekat dengan asap kendaraan, asap r0k0k, hingga asap pabrik kemungkinan besar seringkali terkena radikal bebas dan polusi udara.

Oleh sebab itu, berikanlah biji pepaya karena fungsinya bisa dijadikan sebagai antioksidan dan penangkal radikal bebas. Setelah diberikan biji pepaya, sebaiknya Anda lebih memperhatikan tata letak penjemuran burung. Pilihlah tempat gantangan yang sejuk dan udaranya yang bersih.

Cara Memberikan Biji Pepaya Untuk Burung Peliharaan

1. Pemberian Biji Pepaya Melalui Jangkrik
Anda bisa memberikan biji pepaya ini ke burung peliharaan melalui perantara jangkrik. Caranya ialah, jangkrik diberikan pakan berupa biji pepaya yang sudah dihaluskan.
Sehingga, burung yang memakan jangkrik tersebut akan mempunyai manfaat yang sama seperti memakan biji pepaya secara langsung. Dalam hal ini untuk burung kicauan pemakan serangga seperti burung Kacer, Murai Batu, burung Jalak, dan yang lainnya.

2. Pemberian Biji Pepaya Menggunakan Kroto
Apabila burung peliharaan anda suka dengan kroto, Anda juga bisa mencampurkan biji pepaya dengan kroto. Bagaimana caranya? Sangat mudah sekali, Yang pertama ialah keringkan (di jemur) terlebih dahulu biji pepaya tersebut di bawah sinar matahari, selanjutnya jika sudah kering silahkan di tumbuk atau di blender hingga halus.

Setelah halus, anda bisa langsung mencampurkan biji buah pepaya tadi ke kroto dan diberikan ke burung peliharaan anda sebagai pakan tambahan (EF). Nah, karena pakan ini sebagai pakan tambahan, Anda dapat memberikannya cukup sedikit saja, atau sesekali saja.

3. Pemberian Biji Pepaya Di Campur Dengan Voer
Sama halnya seperti mencampurkan kroto dengan biji pepaya. Anda juga bisa mencampurkan biji pepaya dengan pakan voer. Tapi, sebelumnya keringkan terlebih duhulu biji pepaya hingga tidak tersisa kandungan airnya.

Pengeringan ini bisa dilakukan dengan cara apapun, seperti menjemurnya di bawah terik matahari atau bisa juga dengan menggorengnya tanpa minyak. Setelah itu, hancurkanlah biji pepaya tadi hingga lembut dengan cara di blender atau  bisa juga tumbuk.

Setelah semuanya sudah halus seperti tepung, Anda bisa mencampurkannya kembali dengan voer. Agar campuran lebih merata dengan cepat, gunakanlah blender tanpa diberi air. Sebaiknya anda membeli blender baru yang dikhususkan untuk pembuatan pakan burung, sehingga tidak tercampur dengan blender dapur yang di gunakan untuk mengolah makanan atau minuman jus sehari-hari.

Demikianlah sejumlah manfaat kandungan biji pepaya untuk burung peliharaan dan cara memberikannya. Sebagian burung mungkin tidak menyukai biji pepaya. Tetapi, kalau biji pepaya ini dicampurkan dengan pakan lain yang di sukai oleh burung, kemungkinan besar burung juga akan menyukainya.

Posting Komentar