√ Penyebab Burung Peliharaan Tiba-Tiba Mati Mendadak

Memelihara burung kicauan merupakan salah satu hobi yang biasa di sukai oleh banyak orang. Akan tetapi dalam memelihara burung kicauan pastinya tidak akan terhindar dari suatu permasalahan. Sebab, seringkali burung kicauan yang dipelihara tiba-tiba mati mendadak.

Hal tersebut tentu akan menjadikan pemiliknya merasa sedih karena kehilangan burung peliharaan kesayangannya. Terkadang pula hal ini bisa terjadi walaupun perawatannya sudah dilakukan dengan baik dan benar.


Penyebab Burung Peliharaan Mati Mendadak

Agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali pada burung peliharaan anda, maka anda harus mengetahui apa saja hal-hal yang sering menjadi penyebab burung peliharaan mati secara mendadak.

Berikut dibawah ini penyebab burung kicauan peliharaan anda mati mendadak yang harus diketahui:

1. Burung Stres
Burung kicauan yang seringkali mengalami stress merupakan masalah umum yang sering terjadi pada burung kicauan yang baru saja ditangkap dari hutan. burung kicauan ini rentan mengalami stress karena sudah terbiasa dengan hidup bebas di alammya.

Rekomendasi:
√ 6 Cara Memilih Sangkar Yang Baik Untuk Semua Jenis Burung Peliharaan

Kemudian, ketika burung ditangkap dan dimasukan kedalam kandang yang keadaannya memang cukup sempit. maka burung tangkapan tersebut pada umumnya akan bertingkah giras atau over. Sehingga burung tersebut akan berusaha mencari celah agar bisa keluar dari kandang.

Pada umumnya, burung yang bertingkah seperti giras atau stres tidak akan memikirkan makan dan minum, pada akhirnya burung tersebut merasa kelelahan karena banyak mengeluarkan energi kemudian tidak mau makan sama sekali. Dengan demikian, maka lama kelamaan burung tersebut akan mati.

Kasus seperti ini juga biasanya terjadi dan sering dialami oleh orang yang baru saja membeli murai batu muda hutan atau murai batu yang hasil tangkapan dari hutan. oleh sebab itu, jika anda ingin membeli burung murai batu anakan, sebaiknya membeli di tempat penangkaran saja. Meskipun tetap masih ada resiko kematian, akan tetapi resikonya tersebut cukup kecil dibandingkan hasil tangkapan.

2. Keracunan Makanan
Burung kicauan yang mati secara mendadak juga bisa disebabkan oleh keracunan pakan. Keracunan makanan ini memang bisa terjadi kapan saja, mungkin karena pakan yang kita berikan keadaannya sudah kadaluarsa dan berjamur.

kemungkinan lain yang bisa terjadi ialah karena kita lupa membersihakan wadah pakannya. Padahal wadah tersebut masih terdapat sisa-sisa makanan burung yang mungkin sudah lama. Atau Bisa juga makanan yang terkena air bisa menjadikan pakan akan lembab dan mengakibatkan tumbuhnya jamur.

Oleh sebab itu sebelum anda memberikan pakan pada burung, sebaiknya lihat dulu kondisi pakan dan wadah pakannya agar tidak mengakibatkan burung peliharaan mati mendadak.

3. Stroke Karena Kepanasan
perawatan penjemuran pada burung ternyata harus sesaui aturan. Oleh sebab itu, anda jangan sampai menjemur burung peliharaan dengan secara berlebihan. sebab, penjemuran  yang terlalu lama akan menjadikan burung kicauan dehidrasi dan mengalami stroke. akibatnya burung peliharaan anda akan mengalami mati mendadak. sebaiknya jemurlah cukup 1-2 jam saja. misal dari jam 07.00 - 09.00 Wib.

4. Memakan Serangga Beracun
Mungkin dalam perawatan burung peliharaan kita selalu berusaha berhati-hati dalam memberikan pakan serangga. Akan tetapi kita juga harus mengetahui serangga yang bagaimanakah yang tepat diberikan kepada burung peliharaan.

Namun terkadang, burung kita akan memakan jenis serangga beracun yang terbang kedalam sangkarnya. Oleh karena itu, hindarkanlah tempat sangkar burung dari lampu yang terang. Sebab, serangga-serangga sangat menyukai lampu yang terang. Sebaiknya pada saat malam hari sangkar burung dikerodong full.

Posting Komentar