√ 9 Trik Membeli Jalak Suren Yang Bagus Dan Berkualitas Agar Tidak Menyesal

Di antara jenis burung Jalak, ada jenis Jalak yang sangat populer di Indonesia, yaitu Jalak Suren. Burung ini mempunyai suara yang bervariasi sehingga banyak kicaumania yang merasa terpikat ingin memeliharanya. Ada kicaumania yang membeli burung Jalak Suren langsung dari penjualnya, ada yang membeli jalak suren dari pasar burung di kandang ombyokan, dan ada juga yang lebih memilih membeli jalak suren secara langsung dari penangkaran.

Rekomendasi:
√ Perawatan Dan Pemasteran Jalak Nias Agar Tampil Gacorr setiap Hari ....


Nah, bagi Anda yang ingin membeli burung Jalak Suren di kandang ombyokan, berikut ini kami rangkum Cara Memilih Jalak Suren Yang Bagus Dan Berkualitas Di Kandang Ombyokan. Biasanya kalau memilih burung dari kandang ombyokan susah-susah gampang. Tentu anda harus cermat dalam memilih burung jalak suren agar tidak menyesal.

Cara memilih burung jalak suren yang bagus, tentu yang paling mudah dilihat ialah dari suaranya, kemudian kita lihat dari fisiknya. anda juga tidak mungkin memantau terlalu lama hingga berjam-jam untuk melihat dan mendengar jalak suren berkicau.


Ciri-ciri Fisik Jalak Suren Yang Berkualitas Dan Bagus Dari Kandang Ombyokan

Setidaknya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu dari suara Jalak Suren dan juga fisiknya. Berikut dibawah ini beberapa ciri fisik Jalak Suren yang berkualitas di kandang ombyokan:

1. Mata Jalak Suren
Untuk pertama kalinya, anda harus perhatikan dulu pada bagian mata burung Jalak Suren. Pilihlah burung jalak suren dengan sorot mata tajam, bola matanya besar, dan tampak melotot.

Burung Jalak suren dengan ciri-ciri mata yang seperti ini biasanya lebih sehat, lebih aktif, sigap, dan juga petarung sejati. Kemudian pilihlah Jalak suren yang memiliki kepala kotak, karena burung jalak suren yang seperti ini mudah merekam suara burung masteran.

2. Paruh Jalak Suren
Setelah anda memperhatikan matanya, Anda tidak boleh langsung memilihnya, tetapi lihat dulu pada bagian paruhnya. Mungkin semua kicaumania menganggap paruh Jalak Suren terlihat sama, padahal burung jalak suren memiliki bentuk paruh yang bervariasi. Tentu, Setiap bentuk paruhnya memiliki karakternya masing-masing.

- Paruh bengkok dan tipis menandakan bahwa burung jalak suren lebih suka berkicau dan mengeluarkan suara nyaring.
- Burung dengan paruh tebal dan pendek, berarti Jalak Suren lebih rajin berkicau dengan gaya mompa.
- Jalak Suren dengan paruh panjang, menandakan tipe burung jalak suren ini lebih cerewet nyecret dan rajin berkicau dengan gaya mompa.
- Jalak suren dengan paruh runcing menandakan bahwa burung mudah beradaptasi.

Untuk membedakan bentuk paruh tersebut kemungkinan cukup sulit, tetapi jika memilih jalak suren dalam kandang ombyokan pastinya lebih mudah. Sebab, Anda bisa membedakan secara langsung dari beberapa burung sekaligus. Pilihlah mana yang paruhnya pendek, panjang, atau sebagainya.

3. Tubuh Jalak Suren
Pada bentuk tubuh jalak suren yang terpenting ialah anda memilih tubuh burung Jalak Suren yang memanjang, ramping, atau bulat memanjang. Sebab, Ciri-ciri burung  jalak suren yang seperti ini dipastikan jantan dan berkualitas. Kalau tubuhnya tampak bulat dan pendek, biasanya Jalak Suren tersebut ialah betina.

Selain bentuk tubuh yang panjang, cari Jalak Suren yang berdiri tegap. Dadanya seperti membusung mirip seperti tentara yang sedang melakukan baris-berbaris.

4. Sayap Jalak Suren
Selanjutnya, Lihat juga pada bagian sayap burung Jalak Suren. Sebaiknya, Buka sayapnya dan lihat satu persatu bulunya.

Burung Jalak Suren yang bagus dan berkualitas memiliki sayap yang mengapit atau menempel pada tubuh. jika sayapnya terlihat turun atau jatuh, ada kemungkinan besar bahwa Jalak suren tersebut sedang sakit.

5. Ekor Jalak Suren
Burung Jalak Suren Yang bagus Dan Berkualitas ialah memiliki ekor yang panjang dan tampak mekar. Saat sedang berkicau biasanya sambil bergaya, burung tersebut mempunyai ekor yang memanjang dan terkadang suka melebar seperti kepala ular kobra atau kipas.

6. Kaki Jalak Suren
Bagian bawah pada tubuh Jalak suren juga perlu anda perhatikan, terutama pada bagian kakinya. Lihatlah apakah burung ini mempunyai cengkeraman yang kuat atau tidak. Pastikan bahwa burung yang Anda beli selalu mencengkeram kuat di tenggeran (tangkringan) dan jarang berada di dasar sangkar.

Perhatikan, pada bagian kakinya harus terlihat bersih, sebab itu menandakan burung jalak suren tidak sedang sakit atau jamuran.

Pilihlah jalak suren dengan kaki yang bersisik. kenapa harus kaki yang bersisik? Sebab, burung Jalak suren yang memiliki sisik biasanya mudah jinak dan mudah dirawat.

7. Burung Jalak Suren Aktif
Agar anda mengetahui tingkat keaktifan Jalak Suren di kandang ombyokan, Anda bisa memancingnya dengan pakan. Cobalah berikan pakan berupa ulat ataupun jangkrik, jika burung jalak suren langsung menyambar makanan tersebut dari tangan Anda, dapat dipastikan bahwa burung tersebut 'aktif'. Lihat juga, apakah burung Jalak suren tersebut lebih dominan dari burung yang lain atau tidak.

8. Suara Jalak Suren
Jika anda ingin mendengar suara Jalak Suren secara langsung, berarti Anda harus meluangkan waktu lebih lama untuk memantau burung jalak suren yang hendak di pilih.

Sebaiknya, Pilihlah burung jalak suren yang suaranya terdengar tebal dan rajin berkicau. Burung yang rajin berkicau pasti bagus, meskipun hendak dipegang atau sedang dipegang. Artinya bahwa burung jalak suren yang seperti ini memiliki jiwa mental yang kuat dan tidak takut dengan manusia.

9. Bulu Jalak Suren Bersih (Mengkilap)
Jangan anda pilih burung Jalak Suren yang terlihat kotor. Yang harus anda pilih, Bulu harus rapi, teratur, bersih dan mengkilap.

Burung yang tampak kotor dan kusam biasanya mudah terserang penyakit dan kurang terawat. Takutnya, ketika sampai dirumah malah sakit dan akhirnya burung yang baru saja dibeli malah mati. Lebih baik, pilihlah burung dalam keadaan bulunya bersih dan aktif bergerak.

Demikianlah beberapa trik cara memilih Jalak Suren yang bagus dan berkualitas dari kandang ombyokan. Perhatikan juga bahwa usia jalak suren yang semakin tua biasanya semakin sulit untuk dilatih atau dimaster. Lebih baik anda pilih burung jalak suren yang masih muda. Sehingga Anda lebih mudah memaster burung jalak suren.

Posting Komentar