√ Dampak Bahaya Bawang Putih Untuk Burung Lovebird (Lihat Efek Sampingnya)

Di artikel sebelumnya, saya sudah membahas manfaat pemberian bawang putih yang bisa menjadikan burung Lovebird menjadi konslet. Sebab, sudah terbukti pada Lovebird Belalang Tempur yang berhasil menjadi Lovebird Konslet setelah diberikan bawang putih tunggal. Namun, ternyata ada fakta lain yang sangat mengejutkan, yaitu bawang putih dapat berbahaya untuk kesehatan  burung Lovebird peliharaan anda.


Efek Bawang Putih Untuk Burung Lovebird

Ya, bawang putih ternyata bisa membahayakan burung Lovebird. Alasannya ialah karena bawang putih tersebut mengandung senyawa belerang.

Apabila burung lovebird mengkonsumsi bawang putih tersebut, maka akan dicerna menjadi sulfur. Kemudian Tiosulfinat ini akan terurai menjadi beberapa disulfida termasuk dipropenil disulfiida yang merupakan paling beracun.

Tahukah Anda, disulfida ini ialah pengoksidasi yang bisa menyebabkan hemolisis atau pecahnya sel darah merah pada burung Lovebird. Jika sel darah merahnya pecah, maka bisa menyebabkan burung Lovebird terkena oleh anemia atau kekurangan sel darah merah.

Rekomendasi:
√ 8 Cara Perawatan Lovebird Paud Agar Bermental Fighter Dan Rajin Ngekek

Wajib Tahu, Inilah Bahaya Pemberian Bawang Putih Terlalu Banyak Pada Burung Lovebird

Meskipun bawang putih sangat bermanfaat untuk burung Lovebird, namun jika diberikan terlalu banyak justru akan sangat berbahaya. Apa saja efek samping pemberian bawang putih yanng terlalu banyak pada burung Lovebird?

A. Lovebird menjadi lemas
B. Burung Lovebird akan mengalami diare fatal
C. Pada bagian mulut Lovebird menjadi kering
D. Lovebird mengalami iritasi pada bagian paruh
E. Tenggorokan atau suara Lovebird menjadi serak

Bahaya Lain Pemberian Bawang Putih untuk Semua Jenis Burung

Selama ini bawang putih dianggap memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan manusia. Tetapi, jika untuk burung peliharaan Anda harus berhati-hati dalam memberikan bawang putih ini.

Sebab, hewan mamalia dan burung memiliki perbedaan sel darah merah. Perlu Anda ketahui juga, bahwa sel darah merah pada mamalia tidak memiliki inti sel atau nukleus. Sementara, sel darah merah pada burung memiliki inti sel.

Hal itulah yang menjadikan alasan mengapa bawang putih aman untuk di konsumsi oleh manusia dan mamalia sedangkan untuk burung bisa sangat berbahaya. Apalagi jika pemberian bawang putih diberikan terlalu banyak pada burung Lovebird peliharaan anda.

Demikianlah sedikit info penting tentang bawang putih yang ternyata cukup berbahaya untuk burung Lovebird. Mungkin jika porsi atau takarannya tepat, burung Lovebird tidak akan mengalami masalah apapun.

Tetapi, jika pemberian bawang putih diberikan dalam jumlah kadar yang banyak demi memacu kicauannya, maka burung Lovebird peliharaan anda bisa menderita penyakit berbahaya yang sudah kami sebutkan di atas.

Jadi, Anda harus tetap berhati-hati dalam pemberian bawang putih untuk burung kicauan. bila memang perlu diberikan bawang putih, maka berikanlah bawang putih sedikit saja. kemudian jangan berikan terlalu sering.

Posting Komentar