√ 4 Cara Alternatif Agar Burung Kenari Nagen Di Tangkringan

Artikel sebelumnya saya sudah membahas Cara Mudah Burung Kenari Bisa Nagen Di Tangkringan. Jika anda belum membacanya, silakan simak artikel diatas yaa... agar tau perbandingannya sebelum menerapkan cara alternatifnya.

Selain terapi tangkringan kawat supaya burung kenari tetap nagen, sebenarnya masih ada banyak cara yang bisa anda lakukan agar burung kenari bisa nagen.


Berikut dibawah ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan supaya burung kenari tetap nagen ialah:

1. Penyemprotan Pada Bagian Ven Burung Kenari

Cara alternatif pertama yang bisa anda lakukan agar burung kenari nagen satu titik ialah dengan menyemprotkan pada bagian ven burung kenari (Ven adalah alat kelamin jantan).

Tujuan disemprot ialah untuk mengendalikan birahinya. Penyemprotan pada ven burung kenari bisa memberikan hasil optimal saat dilombakan. Oleh sebab itu, lakukanlah penyemprotan sebelum lomba dimulai.

2. Basahi Tangkringan

Cara alternatif kedua supaya burung kenari bisa nagen di satu titik ialah menyemprotkan dibagian tangkringannya.

Tujuan ini supaya burung kenari lebih nyaman ketika mencengkeram tangkringannya selama lomba berlangsung.

Agar hasilnya lebih optimal sebaiknya lakukan cara ini sebelum sangkar burung kenari digantangkan ke lapangan (tangkringan di rendam seharian).

3. Pemanasan Sebelum Mulai Lomba

Cara alternatif ketiga yang bisa anda lakukan ialah pemasan sebelum mulai lomba (bukan penjemuran yaa..) tetapi menempatkan beberapa burung sekaligus di dekat burung kenari yang hendak dilombakan.

Cara ini bisa anda lakukan kurang lebihnya selama 15–20 menit saja sebelum kenari digantangkan. Perlu anda ketahui, burung kenari akan lebih stabil jika sebelumnya melalui pemanasan terlebih dahulu ketika hendak mengikuti lomba.

Mengapa bisa begitu?
Karena burung kenari sudah terlebih dahulu membuang birahinya sebelum naik ke gantangan.

4. Berikan Vitamin

Sebelum dilombakan, sebaiknya anda memberikan vitamin pada burung kenari agar tetap fokus dan nagen satu titik tangkringan.

Untuk pilihan terbaik, anda bisa memberikannya vitamin Ebod.

Di dalam Ebod Vit ini terdapat kandungan vitamin yang cukup lengkap. Mulai dari vitamin A, D3, B1, B2, B6, B12, C, Nicotinamide, Filic Acid, Ca-d-pantothenate, dan Electrolyte.

Perlu anda ketahui, bahwa vitamin tersebut bisa membuat kekebalan tubuh burung kenari semakin kuat dari serangan virus jahat.

Pemberian Ebod Vit juga bisa mengatasi burung kenari stres sekaligus merangsang kenari agar cepat bunyi.

Untuk Penggunaannya, anda bisa memberikannya 5 tetes untuk 1 wadah tempat minum. Agar hasilnya lebih optimal, anda juga bisa memberinya setiap hari selama 4hari pemakaian secara rutin.

Nah itulah cara laternatif burung kenari tetap nagen dengan cara mudah dan bisa anda lakukan.

Semoga bermanfaat.