√ Penyebab Kenari Nabrak Jeruji Sangkar Dan Cara Mengatasi-Nya

Setelah anda memahami bagaimana cara membuat kenari bisa tetap nagen di tangkringan, sebaiknya anda juga perlu tahu penyebab kenari suka nabrak jeruji sangkar ketika mengikuti lomba. Berikut dibawah ini beberapa penyebabnya:


Penyebab Kenari Nabrak Jeruji Dan Cara Mengatasinya


1. Tenaga Kenari Mengalami Gembos

Tenaga burung kenari gembos yang menyebabkan tidak bisa nagen di tangkringan. Oleh sebab itu, pastikanlah anda cek dulu stamina burung kenari sebelum berangkat ke arena lomba.

Cara agar tenaga burung kenari tidak gembos yaitu dengan memberikan perawatan harian yang tepat. Adapun cara mengatasi kenari gembos yang tepat ialah rutin melakukan pengumbaran di kandang umbaran.

Cara ini tentu bisa meningkatkan nafas dan daya fisik burung kenari menjadi lebih bertenaga dan berstamina. Selain itu, anda juga bisa melatih burung kenari sering ke arena lomba agar mengenal suasananya terlebih dahulu.

2. Birahi Kenari Terlalu Tinggi

Burung kenari yang suka nabrak jeruji juga bisa disebabkan oleh birahinya yang terlalu tinggi.

Ketika birahinya tinggi, burung kenari juga akan mengeluarkan suara ngerolnya yang amat pelan.

Untuk cara mengatasinya, anda bisa memberikannya sayur-sayuran segar selisih beberapa hari sebelum ikut lomba.

Tak hanya itu saja, berikanlah bubuk telur puyuh sesuai dengan porsinya.

Cara Perawatan lainnya untuk mengatasi burung kenari suka nabrak jeruji ialah pengerodongan. Anda bisa kerodong sangkar kenari sejak 3 hari sebelum ikut dilombakan.

3. Emosi Burung Kenari Belum Stabil

Emosi yang belum stabil sering dialami oleh burung kenari yang usianya masih muda, yakni usia kenari dibawah satu tahun.

Apabila anda ingin mempunyai burung kenari yang moncer di usia muda, anda harus memberikan perawatan yang tepat. Dalam hal ini, anda bisa memberikannya pakan yang sesuai dan di imbangi dengan umbaran secara rutin.

Dengan perawatan yang tepat maka membuat emosinya lebih stabil, cara perawatan ini juga bisa memperkuat stamina kenari ketika mengikuti lomba.

Rekomendasi:
√ 4 Cara Alternatif Agar Burung Kenari Tetap Nagen Di Tangkringan

Untuk perawatan hariannya, dianjurkan rutin mengeluarkan sangkar burung kenari untuk diangin-anginkan dipagi hari. Selanjutnya mandikanlah burung kenari dengan menyemprotnya menggunakan sprayer ataupun bisa menggunakan cepuk berisi air untuk mandinya.

Kemudian jemur burung kenari cukup 1,5-2 jam saja dan masukanlah ke kandang umbaran hingga sore hari.

Untuk pakannya, anda harus memberikannya sayuran segar, seperti pakcoy, mentimun, oyong, dan sawi.

Untuk pemberian pakan kenari berupa sayuran bisa dilakukan selang-seling. Misalnya, hari ini diberikan pakcoy, maka besoknya lagi bisa diganti dengan oyong. Begitupun seterusnya.

Pastikanlah anda sering melakukan perawatan ini secara rutin. Dengan demikian, maka burung kenari peliharaan anda yang usianya masih muda akan menjadi kenari yang moncer dan gacor.

Semoga bermanfaat.

"Jangan lupa follow by email agar tidak ketinggalan update terbarunya" Salam Sukses Perawatan.