√ Cara Melatih Merpati Kolong Bermental Jawara

Ada 3 penjelasan utama yang harus anda perhatikan dalam mencetak burung merpati kolong yang berkualitas, agar ketika di area lomba nanti bisa menjadi juara.

Dalam dunia pecinta burung, khususnya untuk burung merpati biasanya ada 2 hobi yang sering kita temukan, yaitu untuk dipelihara dan dilombakan.


Untuk bisa menghasilkan burung yang berkualitas, sangat dibutuhkan suatu perawatan secara disiplin, ketekunan, dan juga pengetahuan.

Ada beberapa jenis spesies burung yang bisa dibudidayakan, salah satunya merupakan burung merpati kolong.

Namun, di artikel ini saya akan lebih fokus dengan penjelasan seluk-beluk untuk mencetak atau melatih mental merpati kolong agar bermental bagus.

Sebelum membicarakan lebih lanjut, ada 3 poin penting untuk anda ketahui, yakni bibit burung merpati, pelatihan, serta pada perawatannya.

Rekomendasi:
√ Cara Melatih Merpati Kolong Agar Nafasnya Kuat Dan Prima

Poin-poin itulah yang nantinya akan kita bahas dari bobot atau keunggulan dari burung merpati kolong yang dihasilkan.

Di samping itu, seluruh poin penting tersebut memiliki keterikatan yang tidak dapat dipisahkan.


Cara Melatih Merpati Kolong Bermental Bagus

Berikut dibawah ini cara untuk mencetak burung merpati kolong yang bermental baik dan bagus:

1. bibit burung merpati

Secara sederhana, poin penting dari bibit tersebut merupakan langkah untuk menciptakan kualitas yang baik pada burung merpati yang anda miliki, baik dengan membeli ataupun membudidayakanya sendiri.

Merpati kolong yang memiliki kualitas bagus akan memunculkan insting dan keterampilan terbang ketika di udara.

Perhatikan ciri-cirinya:

a. Kestabilan terbang
Perhatikanlah bagaimana burung merpati kolong tersebut memiliki kestabilan ketika terbang sendirian.

Pastikanlah burung merpati yang anda pelihara memiliki kestabilan terbang di udara, baik di udara yang tinggi maupun di udara yang rendah.

b. Berkarakter pemimpin
maksudnya ialah saat burung mengambil satu jalur terbang, secara tidak langsung ia akan menarik burung yang lainnya untuk mengalihkan ke jalur yang sama.

c. Mental
Perhatikan ketika burung merpati tersebut di udara, burung yang memiliki cukup mental ia akan mengalahkan lawannya agar lawan tersebut mengalah.

d. Pendaratan
Dalam hal ini sangatlah penting, sebab dalam sejumlah perlombaan, kesempurnaan pendaratan juga merupakan poin penilaian.

2. Perawatan Wajib Merpati Kolong

Di poin ini yang harus anda perhatikan ialah perawatannya.

Perawatan yang benar akan membuat burung tidak stres. Sebaiknya selalu perhatikanlah kesehatannya, dan juga kembangkan kualitasnya meskipun secara tidak langsung.

a. Istirahat

istirahatkan burung merpati dengan baik dan teratur dan jangan sampai mendapatkan gangguan dari luar. sebab, Istirahat yang cukup akan membantu stamina burung merpati peliharaan anda menjadi lebih baik.

Jika bagian ini dilewatkan, maka bisa membuat burung merpati menjadi stres dan kurang stamina.  Jadi cukupkan istirahat burung merpati peliharaan anda dengan baik.

b. Pemberian vitamin

Pada umumnya, vitamin atau jamu-jamuan yang bermanfaat akan mengganti kalori yang hilang ketika lomba. Jadi sangat di sarankan agar burung lomba mendapatkan vitamin dan suplemen untuk menjaga kestabilan tubuh burung merpati tersebut.

c. Menjaga kebersihan kandang

mulai dari tubuh burung dan kandang, hal ini sangat penting sekali untuk selalu menjaga kebersihannya. Parasit dan bakteri akan lebih mudah berkembang biak pada bulu ataupun paruh yang kotor. Akibatnya, burung merpati sangat rentan dengan terserang penyakit.

anda juga harus menjaga kebersihan pada kandang secara teratur, bersihkan masing-masing setiap hari dengan memperhatikan kebersihan wadah pakan dan wadah minumannya.

3. Pelatihan Merpati Kolong

Tahap terakhir adalah melatih burung merpati kolong secara disiplin dan teratur.

Pelatihan tersebut sendiri dikelompokkan menurut umur pada burung. untuk burung yang masih piyik atau masih bayi, tantangan yang harus anda hadapi tentunya juga rentan lebih banyak.

Namun, apabila dikerjakan dengan sabar dan benar, burung merpati kolong tersebut akan lebih jinak sampai dewasa nantinya.

Ada dua teknik atau cara melatih burung merpati kolong, yakni di lapangan sendiri, dan di lapangan umum.

Melatih burung di lapangan sendiri bertujuan agar mengembangkan bakat dan keterampilannya.

Sedangkan melatihnya di lapangan umum merupakan cara untuk menempa mental dan karakter beradaptasinya.

Jadi, ketika burung tersebut diikut sertakan dalam perlombaan, burung telah terbiasa menghadapi arena yang asing. Hal itu berlaku pada burung setengah matang.

Bagi burung yang telah matang dan siap, pelatihan dilaksanakan untuk mengawal kapabilitas si burung, supaya tidak tumpul.
Kabar baiknya lagi, melatih burung yang sudah matang akan lebih mudah karena kejinakan-nya.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai teknik atau cara mencetak burung merpati kolongan yang berkualitas.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar