√ Manfaat Pengembunan Untuk Burung Yang Harus Anda Ketahui..

Mememelihara burung kicauan ialah suatu kesenangan tersendiri bagi sebagian orang yang memiliki burung kicau peliharaan dirumahnya.

Berbagai macam cara Yang dilakukan agar mendapatkan hasil terbaik untuk burung peliharanya. Salah satunya ialah perawatan yang sering dilakukan untuk burung kicauan seperti terapi pengembunan.

Manfaat terapi pengembunan untuk burung kicauan sebenarnya cukup banyak sekali. Akan tetapi, sebagian besar orang yang masih pemula merawat burung kicauan, perawatan dengan cara melakukan terapi pengembunan ini masih terdengar asing.


Manfaat Dari Terapi Pengembunan ini seharusnya anda ketahui. sebab, pengembunan yang dilakukan untuk burung kicauan mempunyai dua kategori yang masing-masingnya mempunyai manfaat yang berbeda. Diantaranya yakni pengembunan yang dilakukan pada pagi hari dan juga pada malam hari.

2 proses pengembunan ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang belum banyak diketahui oleh orang.

Berikut dibawah ini ialah manfaat terapi pengembunan untuk burung peliharaan.

Pengembunan Burung Di Pagi Hari 

pengembunan burung dipagi hari yang bisa anda lakukan yaitu bisa dimulai dari jam 5 hingga sampai dengan matahari terbit.

Untuk anda yang hendak melakukan pengembunan di pagi hari, maka lakukanlah pada saat cuaca sedang cerah. Jangan melakukan pengembunan ini pada saat hujan ataupun gerimis.

Rekomendasi:
√ Cara Mencegah Efek Samping Ulat Hongkong Untuk Burung Peliharaan

Sedangkan untuk tanda jika burung bisa dilakukan terapi pengembunan pagi ini ialah pada saat burung peliharaan anda mengalami masalah mental.

Misalnya seperti sedang drop, tidak gacor, macet bunyi, dan juga kurang fighter. Selain Hal tersebut juga yang mempunyai sifat dan perilaku galak, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika anda melakukan terapi pengembunan di pagi hari, maka akan membuat burung terasa seolah-olah sedang berada dalam keadaan alam bebasnya.

Dengan demikian, maka burung peliharaan anda akan merasakan terpacu naluri alamnya untuk mengeluarkan suara kicaunya serta terlihat fighternya.

Tak hanya itu saja, pada saat pagi hari  saat-saat dimana burung mulai aktif untuk berkicau di alam bebasnya. Itu semua bisa dilakukan oleh semua jenis burung karena burung tersebut hendak menunjukkan kepribadian serta keberadaannya.

Selain hal tersebut, bisa juga untuk mengindikasikan wilayah teritorial yang sudah menjadi wilayah kekuasaannya.

Pengembunan Burung Di Malam Hari 

Terapi pengembunan untuk burung kicauan juga dapat dilakukan di malam hari.

Pengembunan ini bisa anda lakukan pada saat sesudah waktu maghrib hingga jam 9 malam.

Untuk langkahnya yaitu anda bisa memandikan burung terlebih dahulu. Selanjutnya, diembunkan.

Anda juga bisa langsung mengembunkan burung tersebut tanpa dimandikan sama sekali, jika takut burung peliharaan anda kedinginan.

Untuk burung yang membutuhkan pengembunan dimalam hari yakni jenis burung-burung yang mengalami over birahi.

Burung-burung yang over birahi seringkali suka nyerang tangan. Terkadang burung tersebut juga memburu orang yang lewat ataupun bahkan berprilaku salto jika burung tersebut jenis burung Cendet.

Kemudian, pada jenis burung kacer biasanya seringkali berprilaku suka melakukan membuang pakan yang ada didalam sangkar. Terkadang juga perilaku kacer menjadi mbagong. Apabila burung yang anda pelihara melakukan tindakan hal yang seperti ini, maka anda bisa melakukan terapi pengembunan di malam hari.

Manfaat terapi pengembunan untuk burung kicauan di malam hari dapat menjadikan birahi burung tersebut menjadi lebih stabil.

Terapi pengembunan untuk burung kicauan yang baik dilakukan di tempat-tempat yang terbuka. Jadi, burung tersebut bisa benar-benar merasakan sedang di alam bebasnya.

Jika anda merasa khawatir dengan keamanan burung, maka anda juga bisa mengerjakan terapi ini di sekitar rumah anda dan cukup diawasi saja.

Atau bisa juga di tempat-tempat yang mempunyai suasana yang tenang  seperti suasana alam bebas.

Posting Komentar