√ Cara Mencegah Efek Samping Ulat Hongkong Untuk Burung Peliharaan

Pada saat memelihara burung kicauan tentunya harus disertai dengan pemberian makanan yang tepat. Tanpa terkecuali untuk memperhatikan pemberian makanan ekstra Fooding (EF).

Salah satu pakan EF yang sering di berikan untuk burung kicauan ialah jenis ulat kandang dan juga ulat hongkong. Sebab, sudah bukan suatu rahasia lagi, jika pakan Ulat Hongkong adalah salah satu Jenis EF yang banyak dimanfaatkan oleh pemelihara burung untuk diberikan pada burung peliharaannya.

Tak hanya pada burung-burung yang disiapkan untuk lomba saja, melainkan juga untuk burung-burung yang sedang mengalami masa mabung juga membutuhkan untuk diberikan pakan jenis Ulat Hongkong ini.

Meskipun begitu, ternyata hanya sedikit orang yang menggunakan pakan Ulat Hongkong ini untuk burung peliharaanya. Sebab, pemberian pakan EF berupa Ulat Hongkong jika diberikan dengan kadar banyak dan jumlah yang berlebihan maka bisa mengganggu kesehatan pada burung kicauan tersebut.


Efek Pemberian Ulat Hongkong Untuk Burung Kicauan

Ulat Hongkong ini juga sudah dikenal sebagai pakan EF yang sangat baik untuk burung peliharaan apabila pada saat masa mabung. Akan tetapi, dampak negatif dan efeknya terlalu panas. Akibatnya, burung yang diberikan pakan Ulat Hongkong terlalu sering dapat menyebabkan berbagai macam masalah lainnya. Diantaranya yaitu burung menjadi lebih galak, over birahi, bulu Menjadi Rontok dan lain-lain sebagainya.

Rekomendasi:
√ Penyebab Dan Ciri Burung Sulit Buang Kotoran Yang Harus Anda Ketahui

Maka dari itulah, untuk pemberian Ulat Hongkong di usahan diatur sedemikian rupa. Anda harus bisa meminimalisir dari efek Ulat Hongkong. Jangan terlalu banyak dalam memberikannya apalagi berlebihan.

Setidaknya anda bisa memberikan ulat hongkong antara 5-10 setiap seminggu sekali. Tujuannya tak lain ialah untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan seperti di atas.

Sebagian besar orang tentunya mengkhawatirkan efek dari pemberian Ulat Hongkong. sebab hal ini dikarenakan ulat hongkong ini sangat berpotensi merusak Bagian mata burung.

Sudah banyak sekali yang mengetahui jika burung-burung yang memakan Ulat Hongkong terlalu sering dan berlebihan bisa menjadikan mata burung menjadi berair dan katarak.

Selain hal tersebut, efek dari pemberiannya juga bisa lebih pada katarak mata. Ini semua bisa terjadi disebabkan karena Ulat Hongkong mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi.

Kandungan lemak yang ada dalam Ulat Hongkong ini juga dinilai cukup tinggi melebih sumber protein EF yang lainnya. Maka dari itulah, jika dikonsumsi secara terus menerus maka tidak hanya kebutaan yang akan dialami oleh burung peliharaan anda, Akan tetapi juga bisa menjadikan burung peliharaan anda menjadi kegemukan. Bahkan, Ulat Hongkong yang diberikan pada kondisi hidup juga dapat mengganggu sistem pencernaannya.

Cara Mencegah Dampak Negatif Ulat Hongkong 

Ada tips bagaimana cara yang bisa anda lakukan agar Ulat Hongkong tidak terlalu panas. Dengan demikian, akan menjadikannya tidak terlalu berbahaya untuk burung peliharaan anda. Paling utamanya yaitu efek samping dari ulat hongkong yang bisa membuat pada bagian mata burung menjadi berair dan katarak.

Untuk mengurangi efek samping dari pakan Ulat Hongkong, maka sebelum Ulat Hongkong tersebut diberikan pada burung peliharaan anda, usahakanlah anda memberikan wortel pada ulat hongkong tersebut.

Caranya ialah anda bisa belah wortel menjadi dua bagian. Setelah itu letakkanlah pada wadah Ulat Hongkong. Kemudian biarkan wortel tersebut dimakan oleh ulat sampai setiap harinya. Dan setelah esok harinya, anda baru bisa memberikan Ulat Hongkong tersebut pada burung peliharaan anda.

Wortel di sini diberikan bertujuan karena wortel mempunyai sifat dingin. Dan ini mungkin disebabkan karena adanya kandungan vitamin A yang cukup tinggi pada wortel. Yang mana jika dikonsumsi oleh manusia juga akan sangat membantu mengurangi gangguan mata.

Maka dari itulah, Ulat Hongkong yang sebelumnya mempunyai potensi munculnya gangguan pada mata burung, dengan cara mengurangi efek Ulat Hongkong dengan menggunakan wortel resiko tersebut bisa dikurangi.

Bahkan anda juga bisa memberikan pakan Ulat Hongkong ini sesuai dengan apa yang anda inginkan. Akan tetapi, karena hal ini belum dibuktikan secara ilmiah, maka usahakanlah anda tetap harus memberikan pakan sesuai batas pemberian Ulat Hongkong.

Posting Komentar