√ Cara Membedakan Jenis Kelamin Murai Batu Yang Masih Anakan (Piyek)

Burung Murai Batu merupakan salah satu jenis burung kicauan yang sangat populler sekaligus mempunyai nilai jual yang sangat tinggi. Maka dari itu, untuk membeli anakan dari burung Murai Batu ini membutuhkan pengetahuan khusus. Terlebih lagi jika melihat jenis kelaminnya.

Untuk Membedakan jenis kelamin anakan Burung Murai Batu sebenarnya sangat penting untuk dilakukan. Karena melihat harga burung murai yang berjenis kelamin jantan dan betina ini memang berbeda jauh.

Tak hanya itu saja, untuk bisa memperoleh suara dan kicauan yang bagus, usahakanlah anda bisa mendapatkan burung Murai Batu yang berjenis kelamin jantan.

Rekomendasi:
√ Penyebab Murai Batu Macet Bunyi Di Gantangan Lomba

Maka dari itulah, sangat penting sekali bagi anda untuk memahami jenis kelamin Murai Batu ini. Jangan sampai salah pada saat menmilih jenis kelamin dari burung ini.

Maka dari itu, berikut ini akan diterangkan ciri-ciri Murai Batu jantan dan betina sebagai panduan untuk anda.

Cara Membedakan Jenis Kelamin Anakan Murai Batu

Untuk Mengetahui perbedaan jenis kelamin anakan Murai Batu memang bisa dikatakan tidak mudah. Dengan demikian, sekalipun sebagai peternak terkadang masih mengalami kesulitan pada saat membedakannya.

Akan tetapi, minimal ada ciri khusus yang bisa anda gunakan untuk membedakan antara burung Murai Batu jantan dan juga betina pada saat masih anakan.


Anakan Murai Batu Jantan 
Murai Batu berjenis kelamin jantan anakan ditandai dengan beberapa ciri khusus yang bisa anda bedakan dengan jenis Murai Batu betina , diantaranya ialah seperti berikut.

Murai Batu anakan yang berjenis kelamin jantan memiliki bentuk kepala yang lebih lebar dan juga besar serta terlihat membentuk kotak.

Kemudian untuk bagian paruhnya juga terlihat lebih tebal serta memanjang dengan mata yang sedikit menonjol keluar.

Kemudian pada warna hitam yang ada pada tubuh anakan jantan pada umumnya juga lebih legam dan juga terlihat lebih mengkilat.

Kemudian pada warna hitam pada bagian lehernya terlihat membentuk garis-garis, yang tampak legam.

Selain hal tersebut, juga terdapat bulu bintik-bintik yang berwarna kuning tegas pada bagian dadanya. Kemudian pada bulu yang berwarna cokelat pada sayap serta bagian dada dengan bentuk bintik-bintik.

Sedangkan untuk postur tubuh Murai Batu berjenis kelamin jantan anakan memiliki badan yang ukurannya lebih besar serta lebih panjang (bongsor).

Untuk suaranya pada saat lapar pada umumnya akan terdengar lebih ngebas/besar.

Anakan Murai Batu Betina 
Sedangkan untuk membedakan jenis kelamin anakan Murai Batu yang berjenis kelamin betina anda juga bisa melihat ciri-cirinya sebagaimana berikut ini.

Pada bagian kepala burung Murai Batu berjenis kelamin betina ini tampak lebih kecil. Dan pada bagian paruhnya juga terlihat lebih tipis dan juga terlihat lancip. Kemudian pada warna hitam bulunya jika diperhatikan akan terlihat keabu-abuan.

Tidak hanya itu saja, pada warna bulu dadanya juga terlihat memutih. Kemudian, untuk warna hitam pada garis di lehernya terlihat keabu-abuan.

Untuk Postur badannya juga terlihat lebih kecil dan lebih pendek. Suaranya juga terdengar lebih kecil alias terdengar cempreng.

Untuk Membedakan jenis kelamin dari anakan Murai batu ini sangatlah penting untuk dilakukan. Sebab, jika anda ingin memeliihara dan merawat burung Murai batu yang tujuannya untuk dijadikan sebagai burung lomba, maka anda tidak boleh salah dalam memilih kedua jenis kelamin tersebut.

Burung Murai Batu yang bisa mengeluarkan suara bervariasi dan berkualitas ialah yang berjenis kelamin jantan. Jadi,  jika anda salah pada saat membedakan jenis kelamin anakan Murai Batu tersebut, maka anda tidak bisa mendapatkan burung Murai Batu  yang anda inginkan. Jadi, usahakanlah pada saat membedakan jenis kelaminnya harus cermat.

Posting Komentar