√ Cara Mengobati Lovebird Lumpuh Atau Stroke Agar Tidak Terjadi Kematian

Artikel ini adalah lanjutan dari pembahasan penyebab lovebird tiba-tiba lumpuh atau stroke, jika anda sudah membacanya pasti akan tahu penyebab dari lovebird yang terkena stroke atau tiba-tiba lovebird tidak bisa jalan tersebut.

Jika belum membacanya, anda bisa menyimaknya terlebih dahulu mengenai apa penyebab lovebird lumpuh: √ Mengetahui Penyebab Lovebird Lumpuh (Lovebird Tidak Bisa Berdiri)

banyak penyebab yang mengakibatkan lovebird menjadi lumpuh atau tidak bisa berjalan secara tiba-tiba, salah satunya dari mulai perawatan yang salah, dan juga karena kurangnya perhatian dalam kondisi pakan-nya dan kandang atau sangkar yang buruk.

penyebab dari kondisi yang tidak diperhatikan maka bisa mengakibatkan lovebird menjadi lumpuh atau stroke.


lovebird yang terkena stroke atau lumpuh tidak bisa beraktifitas seperti biasanya, bahkan untuk mengambil makanan dan minuman-pun tidak akan bisa, jika dibiarkan maka akan menyebabkan kematian karena kelaparan.

maka dari itulah anda harus bisa mengatasi dan menyembuhkan burung lovebird yang terkena lumpuh (lovebird tidak bisa berdiri) tersebut.

Cara Mengatasi Lovebird Lumpuh (Lovebird Tidak Bisa Berdiri)


di bawah ini saya akan menjelaskan cara penanganan dan perawatan yang harus anda lakukan pada saat burung lovebird mengalami kelumpuhan atau tidak bisa berdiri.

1. Pindahakan lovebird ke tempat yang mempunyai alas

langkah pertama yang harus anda lakukan ialah memindahkan burung lovebird tersebut ketempat yang mempunyai alas. karena, lovebird yang mengalami kelumpuhan tidak bisa berpijak dengan baik. jika kandang yang anda gunakan adalah kawat atau besi maka bisa mengakibatkan cedera pada bagian tumit kakinya.

Rekomendasi:
√ Cara Mengatasi Lovebird Ngetik Ketika Mengikuti Lomba

maka anda harus memindahkan di tempat atau wadah yang ber-alas handuk ataupun karpet, atau anda juga bisa menggunakan bahan sarang untuk alas (bawahan) mengggunakan serabut kelapa. sebab mempunyai daya suhu yang sangat baik untuk lovebird.

2. dekatkan makanan dan minuman di tempat lovebird

setelah anda memindahkan lovebird ke tempat yang mempunyai alas, maka selanjutnya anda menyediakan tempat makanan atau wadah minuman ketempat lovebird tersebut.

untuk penempatan makanan dan minuman usahakan jangan jauh-jauh, sebab lovebird tidak akan bisa mengambilnya. maka dari itu anda harus mendekatkan makanan dan minuman sedekat mungkin dengan tempat lovebird tersebut agar bisa di jangkau.

anda juga bisa memberikan makanan dengan menyuapinya secara langsung menggunakan tangan anda.
namun kebanyakan lovebird yang sudah dewasa akan menolaknya untuk disuapinya.

3. berikan penghangat

langkah yang ketiga yaitu anda harus memastikan bahwa tempat yang digunakan oleh lovebird tersebut mempunyai ruang hangat atau anda bisa menggunakan lampu bohlam 5 watt untuk penghangatan burung lovebird tersebut. berikanlah jarak, kira-kira bisa menghangatkan burung lovebird tersebut.

4. berikan buah apel

pemberian buah apel jika burung lovebird keracunan logam berat. anda bisa lihat pada fases atau kotoran burung lovebird, jika encer dan berwarna coklat itu menandakan keracunan pada burung lovebird.

pemberian buah apel sangat berfungsi sebagai anti oxidant dan mengandung pectin yang berfungsi menetralisir racun dari dalam tubuh.

anda bisa memberikan buah apel setiap hari dengan cara disuapi.
jangan lupa bersihkan dulu apel dan alat yang akan di gunakan untuk memotongnya.

5. pemberian vitamin

jika stroke, cedera, kehilangan keseimbangan fungsi saraf pada lovebird, maka anda bisa memberikan vitamin Birdpro yang dijual di toko burung terdekat.

campurkan pada air minuman burung lovebird tersebut, dan lakukanlah setiap hari sampai benar-benar pulih.

6. pemberian BirdMineral

untuk menjaga daya tahan tubuh pada lovebird selama masa pemulihan, lovebird bisa diberikan multivitamin Birdmineral yang dicampurkan pada wadah minuman lovebird atau di oleskan pada pakan lovebird.

7. lakukan pemijatan

selama masa penyembuhan anda bisa memberikan pemijatan terhadap kaki burung lovebird agar tidak kaku.

ingat lakukanlah secara perlahan-lahan, jangan terlalu keras ataupun menekan.
lakukan secara hati-hati.

8. suhu

selama masa penyembuhan, burung lovebird harus tetap berada di ruangan yang hangat.

itulah penjelasan terkait cara merawat  dan mengatasi  burung lovebird yang terkena stroke atau lumpuh secara tiba-tiba.
semoga bermanfaat.

Posting Komentar