√ Penyebab Indukan Lovebird Tidak Mau Bertelur, Simak Penjelasan-Nya ....

Di pembahasan artikel ini saya akan menjelaskan terkait penyebab indukan lovebird yang tidak mau bertelur disebabkan karena faktor tertentu yang membuat indukan lovebird menjadi enggan untuk bertelur.

intinya di artikel ini saya akan menjelaskan beberapa penyebab yang menjadikan burung lovebird menjadi gagal berproduksi.


Penyebab Lovebird Tidak Bertelur

Lovebird merupakan salah satu jenis burung monomorfik, dengan sifat tersebutlah terkadang pemelihara burung sering salah dalam membedakan antara burung yang jantan dan betina.

Burung Lovebird  jantan dan betina jika diperhatikan memang cukup mirip sekali, hampir tidak ada perbedaan di antara keduanya. Hanya saja yang mampu membedakan keduanya hanyalah orang-orang yang sudah mahir dalam pembudidayaan lovebird.

burung lovebird  pada saat di alam liarnya dikenal sangat mudah dalam bertelur dan juga mudah untuk mengerami telur-telurnya hingga menetas. Selama indukannya masih produktif, hal ini akan berlangsung secara terus-menerus di alamnya.

Akan tetapi pada saat dalam penangkaran terkadang dijumpai banyak masalah seperti lovebird yang sulit untuk bertelur atau tidak mau bertelur.

Jika sudah seperti itu, seringkali pemelihara Lovebird mulai cemas, terutama mereka yang baru terjun ke penangkaran burung Lovebird.

Rekomendasi:
√ Lovebird Sakit Mata?, Kenali Penyakit Patek Yang Membahayakan Lovebird Kesayangan Anda

Selain hal tersebut permasalahan yang sering datang juga berbagai macam, mulai dari Lovebird susah dijodohkan, indukan betina yang tidak mau bertelur, hingga indukan yang membuang telur-telurnya sendiri.

Penyebab Lovebird Tidak Bertelur

Lovebird yang tidak kunjung bertelur adalah masalah umum yang sering ditemukan pada penangkar pemula, yang baru mulai dalam membudidayakan burung lovebird.

permasalahan umum yang sering terjadi ialah seperti Lovebird sudah terlihat kawin akan tetapi pada saat anda menunggu kurang lebih 10 hari, burung betina tak kunjung bertelur.

Penyebab Utama Lovebird Sulit Bertelur 
Ternyata selain salah menentukan pada saat membedakan jenis kelamin antara jantan dan betina, ada beberapa penyebab lain yang membuat lovebird tidak mau bertelur.

Adapun penyebab lovebird tidak mau bertelur ialah sebagai berikut:

1. Usia betina 
Penyebab lovebird yang susah untuk bertelur atau tidak mau beretelur ialah disebabkan karena burung tersebut belum mapan / masih belum siap untuk bertelur.

Apabila anda menjodohkan indukan yang masih muda, maka kemungkinan sangat kecil untuk burung lovebird betina tersebut bisa bertelur.

Apabila Anda hendak menginginkan lovebird betina cepat bertelur maka anda bisa memilih lovebird betina dengan umur yang sudah mapan / matang. sebab Usia ideal lovebird untuk kawin ialah berusia 8 bulan sampai dengan 12 bulan untuk jenis lovebird non klep dan 1 tahun untuk jenis lovebird klep.

Agar bisa cepat bertelur, maka lovebird betina memang harus di usahakan mempunyai umur yang matang.

akan tetapi pada saat Anda hendak mengambil calon indukan betina, maka pilihlah betina dengan usia yang matang seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

2. Jenis betina 
Anda bisa memilih lovebird jenis klep dan non klep untuk dijadikan betina, karena jenis ini begitu memungkinkan untuk cepat bertelur.

Namun, Anda jangan pernah mencoba untuk mengawinkan indukan jantan dengan betina yang berjenis semi klep. Sebab, jenis ini mempunyai sifat mandul atau infertil, Sehingga pada saat Anda mengawinkan pejantan dengan betina jenis ini maka tentunya tidak bisa menghasilkan telur.

Tetapi, Anda bisa merubah jenis betina tersebut dengan jenis klep atau jenis non klep, agar dapat menghasilkan telur.

3. Usia Lovebird Belum Mapan
Usia ideal untuk burung lovebird yang telah siap di kawinkan yakni sekitar 8 hingga 12 bulan, itupun lovebird telah menginjak masa birahi.

Jika lovebird belum cukup mapan dan sudah birahi, maka hal ini dapat menjadikan lovebird akan cepat bertelur, akan tetapi benih dalam telur kosong.

4. Egg binding 
Ada pun lovebird yang tidak bisa mengeluarkan telurnya dikarenakan telur yang ada dalam perut lovebird menempel dalam dinding rahimnya.

Egg binding ialah suatu permasalahan yang sering terjadi pada burung lovebird dimana telur tersebut akan lengket dan burung tidak dapat mengeluarkan telurnya karena postur burung tersebut yang kecil.

Permasalahan yang seperti ini bisa menjadi suatu hal yang sangat serius jika tidak segera ditangani.

selain hal tersebut, untuk telur lengket yang tidak bisa dikeluarkan dapat mengakibatkan hipotermia yang membuat kotoran tidak bisa keluar, dan pada akhirnya menjadikan burung mati.

5. Sesama jenis 
Penyebab lovebird tidak mau bertelur yakni dikarenakan burung lovebird tersebut tergolong monomorfik, misalnya jantan dengan jantan, dan betina dengan betina.

meskipun terlihat jantan dengan jantan kawin, akan tetapi tidak akan menghasilkan telur.

sedangkan jika betina dengan betina terlihat kawin, maka akan menghasilkan telur namun telur tersebut tidak akan dibuahi (kosong).

6. Lovebird tidak berjodoh
hal terakhir yang terjadi pada burung lovebird yang tak kunjung bertelur ialah disebabkan karena tidak jodoh atau tidak mau berjodoh dengan burung tersebut.

hal ini bisa di lihat dengan perilaku betina yang terlihat saling menyerang dan juga saling menggigit.

sebaiknya anda lakukan kiat-kiat cara penjodohan yang benar yang sudah saya jelaskan di postingan sebelumnya.

demikianlah penjelasan yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat.

Posting Komentar