√ Cara Cepat Supaya Lovebird Jinak Dan Bisa Diajak Bermain..

Burung Lovebird merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok yang mempunyai kicauan khas dengan suara ngekeknya dan juga mempunyai warna bulu yang cukup estetis dan juga menarik.

Akan tetapi, jikalau burung Lovebird peliharaan anda berperilaku giras atau takut dengan kehadiran manusia, maka usahakanlah harus dijinakkan terlebih dahulu agar tidak keluar dari kontek burung pajangan rumah.

Penyebab Utama Burung Lovebird menjadi giras dan takut pada kehadiran manusia bisa jadi karena hasil lolohan dari indukanya. Selain hal tersebut ialah karena disebabkan kurangnya perawatan dari pemilik burung itu sendiri.

Lain halnya dengan burung lovebird yang diloloh maupun dispet oleh pemiliknya pada saat masih umur piyik. Burung Lovebird yang sering diloloh menggunakan tangan akan terbiasa dengan kehadiran manusia.

dengan demikian, maka pada saat usianya sudah dewasa akan menjadi lebih jinak dan bisa di ajak bermain dengan manusia.


Cara Mengatasi Lovebird Giras dan Takut Manusia


1. Memandikan Burung Lovebird 
Memandikan Burung lovebird ternyata bisa menjadikan Burung Lovebird peliharaan anda bisa lebih jinak.

Cara ini juga bisa anda lakukan untuk burung yang hasil tangkapan di hutan yang masih sangat liar dan juga giras atau belum terbiasa dengan kehadiran manusia.

Rekomendasi:
√ Cara Mengatasi Lovebird Tidak Mau Makan Buah dan Sayuran ...

Anda bisa memandikan burung lovebird dengan cara di semprot menggunakan sprayer dengan setelan sedang. Untuk penyemprotan ini Sebaiknya jangan terlalu ngembun dan usahakanlah tidak terlalu kencang.

Sebaiknya pada saat memandikan burung lovebird yang giras untuk pemandianya harus sampai basah kuyup, hingga Burung Lovebird tersebut tidak bisa terbang lagi, serta hanya diam pada tangkringan kandang.

Atau Bisa juga anda memandikan Burung lovebird memakai tangan secara langsung, namun diperlukan untuk kehati-hatian. Sebab, bilamana tidak berhati-hati maka burung bisa terlepas dan terbang bebas. Namun, apabila anda menggunakan cara ini dengan baik dan benar, hasilnya cukup sangattt efektif untuk menjinakkan Burung lovebird peliharaan anda.

Pasalnya Jika burung sering berinteraksi secara langsung dengan tangan manusia, maka otomatis bisa jinak dengan sendirinya.

Untuk pemandiannya bisa anda lakukan dengan cara mengelus/membelai burung lovebird dengan air menggunakan tangan anda secara perlahan.

Pada saat memandikan burung lovebird sebaiknya tidak usah berlama-lama, yang penting burung lovebird tersebut sudah basah secara menyeluruh.

2. Gantangkan Ditempat yang Ramai 
Burung Lovebird yang giras dan takut pada kehadiran manusia bisa diletakkan pada lokasi yang ramai dan sering dilewati oleh manusia.

Hal ini bertujuan agar Burung lovebird yang berperilaku giras menjadi terbiasa dengan lingkungan yang ramai dan bisa mengenali kegiatan manusia di sekitarnya.

Dengan demikian, maka lama kelamaan Burung Lovebird tidak akan merasa takut dengan manusia lagi. Bahkan banyak juga pemelihara yang dengan sengaja menggantangkan burung lovebird di pinggir jalan raya yang seringkali dilalui oleh mobil untuk melatih mental burung lovebird tersebut.

3. Sering Dipegang dan Dibelai
Burung Lovebird adalah jenis burung kicauan yang suka dimanja dan suka diperhatikan.

Burung lovebird juga sangat menyenangi dengan belaian tangan yang lembut, baik itu di bagian kepalanya maupun di bagian tubuh yang lainnya.

Apabila anda seringkali memegang Burung Lovebird anda dan sering berinteraksi secara langsung, maka dengan begitu burung Lovebird yang giras atau takut dengan menusia akan menjadi lebih jinak.

4. Terapi Lapar 
Untuk Menjinakan Burung Lovebird yang giras dan juga takut pada manusia bisa dilakukan dengan cara terapi lapar.

Hal ini juga bisa dilakukan untuk menjinakan burung Lovebird yang hasil dari tangkapan hutan.

Konsepnya yaitu dengan mengkosongkan kandang dari pakan yang tersedia hanya minuman saja.

Caranya seperti ini:
Pada saat jam 7 pagi, anda bisa mengambil wadah pakan yang sebelumnya sudah tersedia di kandang, selanjutnya anda bisa bersihkan kandang yang asalnya dari sisa-sisa pakan yang berceceran, kemudian kosongkan kandang dari jenis pakan apapun hingga jam 9 saja. Jadi waktu yang dibutuhkan untuk mengkosongkan pakan 2 jam saja.

Untuk Tujuan hal ini yaitu menjadikan Burung Lovebird yang giras itu menjadi lapar, pada saat Burung lovebird sudah mulai lapar, berikanlah pakan berupa millet putih atau biji-bijian lainnya menggunakan tangan anda secara langsung.

Dengan cara seperti ini maka lama kelamaan Burung Lovebird yang giras tersebut bisa menjadi jinak dan tidak takut lagi dengan kehadiran manusia.

Namun untuk burung lovebird yang jinak untuk bisa diajak bermain dengan manusia ialah burung lovebird yang dijinakan pada saat usia dini. Jika penjinakan pada saat sudah dewasa maka tidak bisa jinak seperti saat usia muda atau Paud.

Posting Komentar