√ Lovebird Lumpuh: inilah 3 Bahayanya Jika Lovebird Kekurangan Kalsium

Burung Lovebird ialah salah satu jenis burung kicauan berparuh bengkok yang sangat unik dan menarik untuk dipelihara. Sebab, di samping memiliki suara kicauan yang merdu, burung Lovebird juga mempunyai ciri fisik yang sangat indah dan cantik.

Banyak sekali orang yang sudah merawat dan memelihara burung Lovebird untuk dijadikan peliharaan di rumahnya, namun ada juga orang yang memelihara burung Lovebird untuk dijadikan sebagai burung perlombaan atau khusus kontes lomba.

Pada saat merawat burung Lovebird, pastinya anda tidak ingin burung kesayangannya mengalami sekian banyak macam masalah pada kesehatannya. Tentu saja semuanya mengharapkan jika burung yang anda pelihara dapat tumbuh dengan baik dan juga sehat.

Nah, apakah anda pernah memperhatikan burung Lovebird yang tiba-tiba mengalami masalah kelumpuhan?, padahal sebelumnya tampak terlihat sehat-sehat saja.

Atau anda pernah melihat masalah seperti indukan Lovebird yang sedang mengerami  telur-telurnya tiba-tiba mati?

Perlu anda ketahui, jika permasalahan yang terjadi pada burung Lovebird tersebut ialah menandakan burung Lovebird mengalami kekurangan kalsium.

Permasalahan pada burung Lovebird yang kekurangan kalsium seringkali ditandai dengan kaki Lovebird yang menjadi bengkok meskipun pada keadaan mulanya sehat bugar dan lincah.

Rekomendasi:
√ Manfaat Pepaya Kering Untuk Lovebird Dan Cara Penyajiannya Yang Benar...

Kekurangan kalsium memang suatu persoalan yang dinilai cukup berbahaya, terutama pada indukan pasca bertelur. Sebab, telah kita ketahui bersama, jika pembentukan telur sangatlah membutuhkan sumber kalsium yang tinggi. Sedangkan pada indukan yang sedang mengerami di dalam glodok otomatis tidak terkena oleh sinar matahari. Yang paling mengkhawatirkannya lagi yaitu jika kondisi kekurangan kalsium tersebut ditularkan pada calon anakannya nanti. Dengan demikian, maka anakan yang baru menetas juga bisa mempunyai kaki yang bengkok.


Lovebird Lumpuh Di Sebabkan Kekurangan Kalsium

Manfaat kalsium untuk burung Lovebird memang banyak sekali. Sebab kalsium ialah sumber mineral penting yang diperlukan oleh tubuh dalam pembentukan tulang.

Untuk persoalan yang dialami oleh kurangnya asupan kalsium pada burung Lovebird ini juga cukup beragam, diantaranya ialah seperti:

1. Lovebird mengalami gangguan jantung 

Tak hanya berperan penting dalam pembentukan tulang saja, melainkan sumber kalsium juga sangat berfungsi untuk membantu sistem kerja jantung. Proses pemompaan darah yang akan mengarah ke seluruh tubuh tidak dilakukan oleh jantung sendiri, akan tetapi memerlukan kalsium  dalam proses menghantarkannya.

Di samping itu, sumber kalsium juga sangat diperlukan untuk kesehatan jantung, dan untuk mengoptimalkan sistem kerja jantung.

2. Tersumbatnya pembuluh darah

Dinding pembuluh darah juga bisa menebal dan juga mengeras. Dengan demikian, saluran darah tersebut nantinya akan menyempit serta menyebabkan kelumpuhan secara mendadak. Sumber Kalsium sangatlah dibutuhkan untuk menangkal/mencegah hal ini terjadi.

3. Daya tahan tubuh menjadi menurun

Kadar kalsium dalam darah juga dapat mengakibatkan tubuh menjadi lemas dan juga daya tahan tubuh menjadi semakin menurun. Dengan demikian, burung Lovebird juga bisa mudah terserang oleh sekian banyak macam penyakit.

Manfaat Kalsium untuk burung Lovebird

Berbgai macam kalsium untuk burung Lovebird ialah seperti dapat memperbaiki kualitas reproduksi dan juga cangkang telur, telur yang dihasilkannya juga tidak akan mudah pecah.

Di samping itu, sumber kalsium dapat membantu daya tetas telur dan juga bisa membantu terbentuknya tulang dan bulu dalam kondisi yang normal.

Manfaat kalsium untuk burung Lovebird yang selanjutnya yaitu untuk mencegah sekian banyak penyakit dikarenakan kurangnya sumber mineral. Misalnya seperti, kaki lumpuh, indukan mati saat mengerami, kaki anakan bengkok, dan juga kurang darah.

Selain itu, sumber kalsium bisa mencegah dan menanggulangi indukan yang memakan telur-telurnya sendiri. Untuk mengatasi hal itu, maka kita sebagai pemeliharanya harus bisa memelihara burung Lovebird sebaik mungkin dengan  cara memberikannya kalsium yang cukup.

Dan Untuk mengantisipasi kekurangan sumber kalsium ini, maka anda bisa menyerahkan dan memberikan pakan yang sumber kalsiumnya cukup dan berimbang.

Untuk jenis makanan kaya akan kalsiumnya yang baik diberikan untuk burung ialah berupa tulang sotong dan juga grit. Atau jika anda susah mendapatkanya, anda juga bisa memberikan multivitamin yang sesuai untuk kebutuhan kalsiumnya.

Posting Komentar