√ Manfaat Pepaya Kering Untuk Lovebird Dan Cara Penyajiannya Yang Benar...

Banyak orang yang telah merawat burung paruh bengkok seperti halnya burung Lovebird, burung Parkit, burung Beo, dan masih banyak lagi yang lainnya. Hal ini disebabkan karena burung paruh bengkok ini mempunyai suara kicauan yang merdu dan unik.

Untuk memiliki burung kicauan yang mempunyai suara bagus, maka harus dilakukan dengan cara perawatan yang baik dan juga benar. Misalnya, pada perawatan penjemuran, pemandian, dan yang tak kalah pentingnya ialah masalah pemberian pakan.

Pakan untuk burung paruh bengkok ini memang sangatlah bervariasi. Dari mulai jenis sayur-sayuran, buah-buahan, serta berbagai macam jenis biji-bijian.

Pada umumnya, pakan yang diberikan untuk burung paruh bengkok tersebut disuguhkan dalam kondisi yang masih segar. Tandanya yakni dengan kondisi buah yang belum layu, warnanya tidak kusam, dan tentunya sayuran atau buah yang diserahkan tersebut tidaklah busuk.

Namun, untuk jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh burung paruh bengkok tidak hanya mengandalkan jenis sayur maupun jenis buah-buahan yang segar-segar saja. Sebab, anda juga bisa memberikan pakan segar dengan cara mengolahnya menjadi pakan kering yang bisa tahan lama daripada pakan yang masih segar.

Sedangkan untuk jenis pakan kering itu ialah berupa buah pepaya yang sudah dikeringkan. Manfaat buah pepaya yang sudah kering untuk burung paruh bengkok ternyata cukup banyak.

Manfaat Buah Pepaya Untuk Burung Lovebird

Buah Pepaya kering belum banyak diketahui memiliki manfaat untuk burung paruh bengkok. Namun, dari beberapa pemelihara burung paruh bengkok sudah ada yang memberikannya untuk dijadikan pakan variasi atau tambahan untuk burung kicauannya.

Manfaat pepaya kering untuk burung paruh bengkok ternyata dapat menjadikannya tidak merasa jenuh hanya karena memakan buah maupun sayuran yang seringkali sama.

Rekomendasi:
√ Manfaat Kandungan Apel Merah Untuk Lovebird Dan Cara Pemberian-Nya ...

Oleh karena itu, pepaya kering untuk burung paruh bengkok juga dapat menjaga nafsu makannya agar tidak mudah menurun.

Pepaya kering yang dijadikan sebagai pakan tambahan untuk burung paruh bengkok asalnya dari buah pepaya segar yang diubah dengan cara mengeringkannya terlebih dahulu.

Cara Membuat Pepaya Kering Untuk Lovebird
pakan pepaya kering sebenarnya juga bisa dibuat sendiri tanpa harus membelinya di toko pakan burung kicauan.

Untuk proses pembuatan pepaya kering ini juga sangatlah mudah, seperti berikut ini:

Terlebih dulu anda bisa menyiapkan buah pepaya yang keadaannya tidak terlampau matang. Jadi lihatlah kondisinya, pepaya yang belum terlalu matang dagingnya yaitu tidak lembek atau tidak mudah hancur saat ditekan.


Setelah itu kupas dan potonglah sesuai ukuran yang di inginkan. Selanjutnya Taruh pepaya yang sudah potong tersebut pada suatu wadah yang ukurannya tidak terlalu besar.

Setelah itu pada saat anda mengeringkan buah pepaya tersebut bisa dilakukan dengan 2 cara diantaranya yaitu: memanggangnya pada oven dengan suhu 36 derajat celsius dan lama waktunya kurang lebih selama 12 jam. Atau Anda juga bisa melakukannya dengan menjemur potongan buah pepaya itu di bawah terik matahari dalam waktu beberapa hari.

Pepaya kering yang telah tidak ada kandungan airnya bisa anda masukkan pada wadah toples atau wadah yang kedap udara. Tujuannya agar pepaya kering tidak berlumut atau terpapar oleh bakteri.

Cara Memberikan Buah Pepaya Kering untuk Burung Lovebird
Manfaat pepaya kering untuk burung paruh bengkok bisa anda dapatkan, bila anda memberikannya dengan cara yang tepat.

Untuk Pemberian buah pepaya kering bagi burung kicauan paruh bengkok tidak dilakukan setiap hari. Namun, bisa anda bisa memberikan 3 kali seminggu. Sebab, buah pepaya kering sudah tidak ada lagi kandungan airnya dan cadangan nutrisinya pun telah menurun, jadi tetaplah memberikan jenis buah-buahan dan sayuran yang masih segar.

Posting Komentar