√ Mengatasi Pleci Suka Salto, Lakukan 8 Cara Berikut ini ...

Cara paling mudah dan akurat untuk mengatasi burung Pleci salto ialah dengan menggunakan cara terapi yang tepat.

Kebiasan burung Pleci yang suka bertingkah salto ini terkadang terlihat sangat mengganggu. Terlebih lagi jika burung pleci Yang anda  pelihara sering di ikut sertakan pada kontes perlombaan.

Sebab, pada burung kicauan yang suka melakukan salto akan terkesan berperilaku stress atau giras serta belum siap untuk mengkuti perlombaan. Untuk mengatasi burung Pleci yang suka salto tersebut ternyata sulit dilakukan dan juga membutuhkan waktu yang cukup relatif lama. Sebagai pemilik pastinya anda harus bisa mengetahui penyebab burung Pleci tersebut suka salto.

Penyebabnya mungkin bisa karena tangkringan ukurannya yang tidak sesuai atau penempatannya yang tidak disukai oleh burung pleci tersebut Atau bsa juga diakibatkan karena sangkarnya yang terlalu sempit. Perilaku Salto juga bisa disebabkan karena burung Pleci yang sedang dalam kondisi stress karena terganggu oleh jenis hewan yang lainnya.




Cara Mengatasi Burung Pleci Salto


Untuk anda yang mempunyai burung Pleci suka melakukan salto, ada baiknya segera melakukan beberapa macam cara untuk mengatsi burung Pleci tersebut agar tidak melakukan salto lagi:

1. Menutup Bagian Atas Sangkar 
Pencegahan dan cara pertama untuk mengatasi burung Pleci Salto bisa dilakukan dengan cara menutup sangkar pada bagian atasnya.

Maksud dari menutup sangkar pada bagian atas Dikarenakan agar burung Pleci tidak salto serta untuk melatih burung pleci supaya bisa jinak.

Rekomendasi:
√ Cara Mengobati Burung Pleci Mencret Atau Diare

2.Tempatkan pada Sangkar Besar 
Coba pindahkan burung Pleci yang suka salto pada sangkar yang luas dan lebih besar lagi. Dengan harapan agar burung pleci tersebut tidak bisa berperilaku salto yang sering dilakukannya.

kita juga bisa meletakan sangkar burung pleci yang terdapat di sekitarnya ada suara gemericik air. Sebab, untuk burung Pleci akan merasa lebih nyaman dan tenang serta tidak melakukan kebiasan saltonya.

3. Memasang Pembatas Karet 
Cara mengatasi burung Pleci Salto berikutnya yaitu dengan memberikan ranjau berupa karet gelang yang ada di bagian atas tangkringanya.

Tujuannya ialah agar pada saat burung Pleci  tersebut melakukan salto bisa mengenai karet itu dan menjadi jera, sehingga akan menjadi kapok dengan kebiasaan saltonya.

4. Menjauhkan dari Burung Lain 
Burung Pleci yang suka salto sebaiknya dijauhkan dari jenis burung yang lainnya, terlebih lagi jika burung sejenis yang ada di sekitarnya, sebab hal ini bisa memicu perilaku salto pada burung pleci.

Tujuan memisahkan dari burung lainnya ialah agar burung tersebut tidak berperilaku salto pada saat burung disekitarnya sedang berkicau.

5. Mengurangi pakan EF  
Untuk mengatasi burung Pleci yang suka salto yaitu bisa dilakukan dengan mengatur jenis pemberian pakannya. Pakan Ekstra Fooding (EF) atau jenis pakan tambahan pada burung pleci sebaiknya anda kurangi.

Apabila tidak mengurangi pakan EF, maka burung tersebut bisa menjadi Over Birahi (OB). Over Birahi inilah Yang membuat burung Pleci untuk selalu melakukan salto.

6. Mengubah Ukuran Tangkringan 
Perilaku burung pleci yang suka melakukan salto juga bisa disebabkan karena ukuran tangkringan yang tidak sesuai atau tidak disukai olehnya. Maka dari itu, anda bisa mengubah ukuran tangkringan burung pleci tersebut dengan ukuran yang lebih sesuai dengan cengkramanya.

7. Mengubah Posisi Tangkringan 
Anda juga bisa merubah posisi tangkringan supaya burung pleci lebih nyaman dengan tangkringanya. Contohnya saja dengan memasang 1 tangkringan di bagian atas Kemudian 2 tangkringan dibagian bawahnya lagi pada posisi yang sejajar.

8. Menerapkan Pola Mandi yang Benar 
Nah, untuk cara mengatasi burung pleci suka melakukan salto yang berikutnya ialah dengan cara menerapkan pola mandi yang baik dan juga benar. Jadi, anda bisa membudayakan pemandian burung dengan cara menyemprotkannya air dari arah atas bukan dari arah samping.

Hal ini dilakukan agar burung Pleci bisa merasa lebih tenang dan juga bisa menghindari burung pleci yang anda pelihara tidak terbiasa melakukan salto lagi.

Posting Komentar