√ Penyebab Murai Batu Mati Mendadak Dan Muntah Darah, Waspadalah...

Burung kicauan yang baik dan Berkualitas pastinya jenis burung yang mempunyai kesehatan yang prima dan terlihat aktif.

Jika burung peliharaan dirawat dengan baik dan benar tentunya akan mempunyai kondisi yang sehat dan juga lincah. Terkadang ada juga pada saat dipelihara, burung peliharaan tersebut menjadi mati.

Matinya burung tersebut usahakanlah agar anda teliti dengan seksama dan juga cermat, sebab jika kita telah memahami dan mengetahui penyebabnya, maka kita bisa mencegah terjadinya hal serupa.

Cara pertama yang sangat Penting harus anda lakukan yaitu mengingat perilaku apa yang dilakukan oleh burung tersebut sebelum terjadinya kematian.

Jika memang terlihat wajar dan biasa saja, maka anda bisa mengamati bagaimana proses kematian itu terjadi. Misalnya saja tanda-tanda pada saat kematian burung Murai Batu. Sebab jika kita pahami, burung Murai Batu merupakan salah satu jenis burung yang cukup lincah dan sangat aktif, maka dari itu dari perubahan kondisi akan terlihat bilamana burung itu akan sakit.

Rekomendasi:
√ Mengatasi Murai Batu Suara Serak Menggunakan Bahan Alami ...

Jika burung murai batu sudah terlihat mulai lemas, bisa jadi burung tersebut terkena oleh racun pada makanan ataupun minuman.


Jika penyebabnya pada makanan dan minuman tersebut, maka segera ganti dengan yang baru. Sebab, pada umumnya jika burung keracunan dengan kadar yang kecil, biasanya burung akan mengatasinya sendiri dengan instingnya. Namun jika burung keracunan dan menandakan lemas, maka segera atasi dengan pemberian obat khusus untuk burung.

Keracunan makanan dan minuman juga dapat diakibatkan oleh beberapa hal tanpa anda sadari. Contohnya seperti pemberian makanan yang sudah kadaluarsa atau makanan yang sudah basi.

Tidak hanya itu saja, terkadang makanan telah tercampur oleh bahan kimia rumahan. Misalnya seperti  tercampur detergent, obat nyamuk, cairan pembersih, dan tercampur dengan bahan kimia lainnya.

Ketika sudah terjadi seperti ini, seringkali burung memperlihatkan reaksi seperti muntah-muntah dan jatuh sakit.

Penyebab Burung Murai Batu Mati Dan Muntah Darah 

Kemudian bagaimana jika ada burung Murai Batu Yang muntah darah?

Jika hal ini terjadi, maka anda bisa lakukan pemeriksaan dan meneliti penyebab keluarnya darah tersebut. Jika darah yang keluar berupa darah yang mempunyai warna agak kecoklatan, bisa jadi ada luka kecil di dalam tubuh burung murai tersebut. Dengan demikian, maka burung akan mengeluarkan  darah dan berampur warna coklat.

Pada umumnya luka ini terjadi karena jenis makanan yang mengandung bahan berbahaya.

Bahan berbahaya yang sudah tercampur dengan makanan bisa menggores bagian dalam tenggorokan dan bagian perut.

Dengan demikian, maka anda harus cermati dan perhatikan benar-benar kondisi burung Murai Batu tersebut.

Penyebab Umum Burung Murai Batu Muntah Darah

Sebelum anda memberikan makanan pada burung Murai Batu, usahakanlah untuk selalu cek dan perhatikan terlebih dahulu apakah ada benda berbahaya seperti pecahan kaca, seng, atau besi kecil yang ada disekitar wadah pakan atau sekitar kandang.

Setelah itu periksalah kondisi tubuh pada burung Murai Batu setiap hari untuk memastikan kondisi yang sehat.

Dalam hal ini, burung murai batu yang muntah darah segar, pada umumnya terjadi karena adanya luka besar dalam tubuh burung murai batu tersebut.

Ada juga burung murai Batu muntah darah karena Cara pemberian pakan yang salah dan tidak benar.

Salah satunya penyebab kematian burung Murai Batu karena muntah darah segar hanya karena jangkrik yang dimakannya. Sebab, burung Murai batu secara alami tentunya akan membunuh jangkrik terlebih dahulu kemudian akan memisahkan bagian untuk dimakan.

Akan tetapi, jika burung murai batu dalam perawatan manusia, biasanya akan memberikan makanan jangkrik yang sudah mulus, tanpa kaki, kepala, bahkan bulunya pun sudah dihilangkan. Setelah itu akan diberikan ke burung murai batu seketika itu burung murai akan langsung memakan jangkrik yang sudah kita berikan.

Akan tetapi, ada juga yang memberikan jangkrik yang masih hidup dan masih utuh, maka burung Murai Batu  juga akan langsung memakannya tanpa membunuhnya terlebih dahulu, sebab karena memang kebiasaan atau karena sedang lapar.

Keadaan yang seperti ini dapat membahayakan burung murai batu itu sendiri, karena kaki yang tajam pada jangkrik bisa merobek bagian dalam tenggorokan burung murai. Bahkan dalam ini juga bisa mengakibatkan kematian pada Murai Batu yang mengalami luka serius.

Jadi, usahakanlah anda harus lebih teliti pada saat memberikan makanan supaya burung yang anda pelihara bisa menjadi lebih aman pasa saat mengonsumsi makanan.

Posting Komentar