√ 9 Cara Agar Burung Tetap Nagen (Tidak Turun Tangkingan)

Burung peliharaan anda ketika di arena perlombaan suka naik turun tangkringan? Hal ini dianggap sangat kurang baik oleh sebagian besar para pecinta burung kicauan.

Mengapa begitu?, Karena burung yang seringkali turun tangkringan pada umumnya malas untuk berbunyi. Sedangkan pada burung yang nagen atau tidak turun tangkringan bisa lebih fokus untuk berkicau.

Tahukah anda bagaimana cara agar burung bisa nagen atau tidak turun tangkringan?

Cara agar burung bisa nagen memang menjadi salah satu cara agar burung tidak turun tangkringan dan tetap fokus untuk berkicau. Tentu saja, hal ini bertujuan agar bisa memperoleh nilai tambah dari para juri di lapangan lomba.

Rekomendasi:
√ 4 Cara Melatih Mental Burung Peliharaan Agar Tidak Macet Bunyi

Tetapi, kebiasaan buruk burung yang suka naik turun tangkringan bisa di cegah dengan cara memasang berbagai penghalang yang diletakan tepat di lantai sangkarnya. Cara ini memang sering dilakukan oleh para pecinta burung kicau dan terbukti berhasil.


Cara Agar Burung Tidak Naik Turun Tangkringan (Nagen)

Sebelum kita melanjutkan mengenai bagaimana cara agar burung bisa nagen dan tetap di atas tangkringan. Kita akan kenali terlebih dulu apa yang menjadi penyebab burung suka naik turun dan tidak nagen di tangkringan. Biasanya hal ini dikarenakan tenggeran atau tempat tangkringannya kurang tepat.

Memang bagi sebagian orang hal ini sering dianggap sepele, tetapi tenggeran burung bisa menentukan burung bisa nagen atau tidak. karena sebab, Kesukaan burung terhadap tengkringan yang pas dengan kakinya dan nyaman ketika dicengkram jadi point utama agar burung bisa nagen.

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, bahwasannya ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk mencegah burung naik turun dari tangkringan. Misalnya seperti menambah penghalang dilantai sangkar, dan yang ajaibnya, burung memang tidak mau turun dari tangkringan lagi. Nah, Penghalang yang diletakan di dasar sangkar juga sangat beragam. Misalnya seperti karet pentil, duri, lilin, bola berwarna, es batu, shampo hingga rumput plastik.

Jadi langsung praktekan saja biar anda tidak penasaran, di bawah ini adalah beberapa cara agar burung nagen dan tidak turun tangkringan lagi saat di dalam sangkar.

1. Bola Warna Warni
Mungkin anda pernah melihat anak bermain mandi bola. Jika pernah, tentu anda mengtahui seperti apa bentuk bola warna-warni yang sering digunakan untuk mandi bola. Nah, bola inilah yang ternyata bisa dipakai untuk melatih agar burung tidak turun tangkringan.

Warna bola yang tampak mencolok tentu saja membuat burung merasa takut. Sehingga burung tidak berani turun tangkringan dan lebih memilih diam ataupun nagen di atas tangkringannya.

2. Duri Mainan
Jika dilihat dari bentuknya, duri ini memang tampak menakutkan. Namun bentuk duri ini sebenarnya sama sekali tidak membahayakan burung itu sendiri. Sebab, duri-duri yang akan diletakkan di lantai sangkar terbuat dari bahan-bahan lunak yaitu seperti plastik yang lentur ataupun kertas yang dibuat sedikit kaku. Dengan begitu, duri-duri tadi cukup aman untuk kelangsungan hidup burung didalam sangkar.
.
Dengan adanya duri yang di letakan dilantai sangkar, hal ini bisa membuat burung tetap nagen dan tidak berani naik turun tangkringan. Setelah burung terlatih, duri mainan tadi bisa dihilangkan dan burung sudah siap untuk tetap nagen di atas tangkringan.

3. Lilin
Ada sebagian para pecinta burung kicauan yang memanfaatkan lilin untuk melatih burung bisa nagen di atas tangkringan. Memang cara ini termasuk salah satu cara yang sangat ekstrem. sebab, burung dipaksa untuk terus berada di atas tangkringannya.

Bagaimana tidak, lilin dinyalakan didalam sangkar, sehingga jika burung akan coba turun dari tangkringan, maka burung akan merasakan sendiri akibatnya. Nah, pemakaian lilin ini dinilai kurang baik dan tidak dianjurkan untuk mengatasi burung bisa nagen. sebab cara ini bisa membahayakan keselamatan pada burung.

4. Menyemprotkan Shampoo di Lantai Sangkar
Agar burung tidak naik turun dari tangkringan, anda juga bisa memanfaatkan cara yang sangat sederhana ini yaitu menggunakan shampo. Caranya ialah, shampo dicampurkan menggunakan sedikit air, kemudian disemprotkan pada lantai sangkar.

Cara ini pada umumnya dilakukan sebelum berangkat ke lapangan lomba. Tetapi satu hal yang harus anda diingat, pemakaiannya jangan terlalu banyak. Sebab jika pemberian shamponya kebanyakan, akibatnya burung menjadi tidak stabil.

5. Rumput plastik di Lantai Sangkar
rumput plastik yang seringkali kita lihat di lapangan futsal bisa di gunakan untuk melakukan terapi pada burung agar tidak turun tangkringan. Hal ini dikarenakan tekstur dari rumputnya yang kasar dan lumayan berduri, sehingga bisa membuat burung merasa risih.

Tetapi satu hal yang harus anda ingat, anda jangan mengambil rumput sintetis dari lapangan futsal. hehe
Anda bisa membeli rumput plastik ini di toko perlengkapan taman ataupun toko rumah tangga.

6. Es Batu
Apabila anda ingin melihat burung peliharaan anda bisa nagen di tangkringan, maka anda bisa mencoba cara yang satu ini. Mungkin anda merasa heran karena cara ini menggunakan es batu.

caranya ialah, es batu dipotong menjadi kecil-kecil lalu ditekan pada bagian tebok sangkar atau dilantai sangkar. Burung yang mendapatkan perlakuan ini justru tidak akan berani turun ke lantai sangkar karena merasa takut kakinya kedinginan dan takut pada kilauan pantulan cahaya yang dihasilkan dari es batu.

7. Tangkringan Menyilang
Cara agar burung tidak naik turun tangkringan, ada salah satu cara yang bisa anda terapkan. Yaitu dengan cara memasang tangkringan dengan menggunakan model menyilang. Di samping itu, anda juga bisa menambah jumlah tangkringannya di dalam sangkar dari yang semula hanya ada satu bisa menjadi 3 ataupun 4 tangkringan. Tujuannya ialah supaya burung merasa sulit saat ingin turun ke dasar lantai sangkar.

8. Memasang Karet Di Dasar Sangkar
Selama mengikuti perlombaan, ada banyak sekali para pecinta burung yang menggunakan karet pentil atau karet gelang. hal ini dilakukan untuk mencegah burung untuk naik turun ke dasar sangkar. Dan cara ini terbukti sangat ampuh dan burung tidak lagi berani untuk turun tangkringan.

Umumnya, burung yang menyentuh karet akan langsung kaget dan lebih memilih untuk tetap berada di atas tangkringan atau tetap nagen.

9. Melatih MentaL
Melatih mental burung sejak usia dini akan lebih mudah dan lebih baik jika dibandingkan melatih mental burung yang sudah dewasa. Burung yang kurang memiliki mentalnya masih bisa diperbaiki dengan cara training secara terus menerus.

Sekarang anda sudah mempunyai tips jitu saat burung mengikuti perlombaan. Burung yang bisa nagen pada umumnya akan lebih sering berkicau dan ini tentu saja akan menambah nilai saat diperlombaan nanti.

Posting Komentar