√ Beragam Cara Mengatasi Cendet Suka Ngeruji Agar Normal Kembali

Burung Cendet atau yang biasa disebut dengan burung Pentet merupakan salah satu jenis burung yang cukup pandai dalam menirukan suara burung-burung lain. Tidak bisa dipungkiri, ternyata burung yang memiliki suara lantang ini juga sangat mudah dilatih. Tapi, selain kelebihan yang dimilikinya, ada beberapa masalah yang seringkali pemeliharanya juga merasa jengkel dan khawatir.

Masalah yang sering di alami oleh burung Cendet pada umumnya tidaklah disebabkan karena ulahnya. melainkan karena faktor perawatannya dan faktor usia dari burung Cendet itu sendiri.

Rekomendasi:
√ Cara Mengobati Cendet Cacingan Dan Cara Pencegahan-Nya ...

Apabila dalam perawatannya dilakukan dengan cara yang kurang tepat, maka bisa jadi burung Cendet perilakunya juga menjadi buruk. Misalnya yaitu cendet suka ngeruji.


Cara Mengatasi Burung Cendet Suka Ngeruji

Dalam penampilan burung cendet itu tidak termasuk persoalan yang mudah. Sebab, burung Cendet juga merupakan jenis burung yang memiliki perilaku atraktif. Bahkan burung cendet juga termasuk jenis burung yang memiliki birahi cukup sensitif. Oleh sebab itu, harus ada kesabaran serta ketelatenan untuk menampilkan baik pada burung predator ini.

Salah satu permasalahan yang seringkali burung cendet alami di lapangan lomba yaitu cendet suka ngeruji. Pada masalah ini, burung cendet akan memperlihatkan perilakunya suka menabrak-nabrak jeruji sambil mengejar lawannya.

Tentu saja, Hal ini pastinya akan mengurangi poin penilaian oleh para juri. Apabila burung cendet peliharaan anda sampai ngeruji dalam waktu yang cukup lama, dan perilakunya terjadi berkali-kali, burung tersebut bisa dikatakan tidak akan memperoleh poin sama sekali.


Permasalahan ini bukanlah disebabkan oleh burung karena mengalami birahi terlalu tinggi. Tetapi kemungkinan besar burung cendet tersebut kebanyakan memakan pakan tambahan (EF) yang kurang cocok.

Nah, untuk Cara mengatasi burung cendet ngeruji ini, sebaiknya anda harus menurunkan tingkat birahinya sampai kembali normal dengan mengikuti cara-cara dibawah ini:

Kurangi Takaran Pakan EF
Cara untuk mengatasi burung cendet suka ngeruji yang pertama ialah dengan cara mengurangi takaran ataupun jumlah pakan tambahan-Nya. Anda bisa Setting makanan tambahannya yang pas dan sesuai.

Hentikan Pemberian Pakan EF Yang Tidak Cocok
Pakan berupa Kroto serta ulat hongkong seringkali tidak cocok untuk burung cendet. Hal ini disebabkan karena dari kedua jenis pakan tersebut terdapat kandungan protein yang sangat tinggi.

Jadi seringkali menjadikan burung cendet over birahi. Dan hal ini bisa berisiko untuk burung cendet yang memiliki sensitivitas cukup tinggi.

Main Setengah Basah
Anda juga bisa mengatur burung cendet peliharaan anda dengan cara main setengah basah. Yaitu sebelum digantangkan, dua ataupun tiga sesi burung tersebut dimandikan terlebih dahulu. Jadi, ketika burung cendet naik, burung tersebut masih dalan keadaan lembab.

Hal ini sangat manjur sekali untuk membantu meredam emosi dan birahi burung cendet peliharaan anda.

Kurangi Penjemuran
Untuk cara mengatasi burung cendet ngeruji dalam setting hariannya ialah, anda sebaiknya mengurangi durasi dan frekuensi mandi.

Tujuan ini agar burung cendet bisa mengurangi birahinya, khususnya pada saat digantangkan di lapangan lomba.

Tambahkan Frekuensi Mandi
Dalam cara mengurangi birahi burung cendet, anda juga bisa menambahkan waktu dan frekuensi mandinya.

Apabila anda hanya memandikan burung cendet hanya dua hari sekali, maka sebaiknya ditambah agar menjadi setiap hari.

Tidak hanya itu saja, anda juga bisa memandikan burung cendet hingga puas ataupun sampai basah kuyup.

Tempatkanlah Pada Ruangan Yang Sejuk
Pada perawatan kesehariannya, burung cendet yang sering ngeruji bisa anda gantangkan pada ruangan yang sejuk.

Letakkanlah pada ruangan yang memiliki tingkat suhunya stabil, sehingga tidak akan merasa panas. Bahkan jika perlu, pilihlah ruangan yang sama sekali tidak terpapar oleh panas matahari.

Posting Komentar