√ Cara Sukses Ternak Burung Nuri Pelangi Dan Cara Merawat Anakan-Nya ...

Burung nuri pelangi yang seringkali dinamakan dengan burung perkici pelangi ini merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok yang memiliki ciri khas dan penampilannya yang sangat cantik.

Tidaklah heran, jika banyak sekali orang-orang yang saat ini ingin merawat dan memelihara burung nuri pelangi untuk di jadikan hiasan rumah dan untuk di budidayakan. sebab, Cara ternak burung nuri pelangi ini terbilang sangatlah mudah.

Rekomendasi:
√ Perawatan Khusus Burung Serindit Sebelum Mengikuti Lomba, Agar Mental Kuat Dan Siap

Berbagai macam cara mudah yang bisa anda lakukan agar burung nuri peliharaan bisa dilatih dan bisa menirukan suara dari burung-burung yang lainnya. Suara yang dikeluarkan oleh burung nuri pelangi ini sangatlah banyak dan memukau para kicaumania yang ada di berbagai wilayah.


Cara Ternak Burung Nuri Pelangi

Apabila anda ingin ternak burung nuri pelangi dan ingin mendapatkan hasil maksimal, silakan simak penjelasan berikut ini:

1. Kenali Karakter Burung Nuri Pelangi

Sebelum anda memutuskan untuk ternak burung nuri pelangi ini, sebaiknya anda juga harus bisa mengenali lebih jauh tentang karakteristik dari burung ini.

Burung nuri pelangi memiliki panjang tubuhnya sekitar 25 hingga 30 cm. bagian tubuhnya juga memiliki berbagai macam warna yang sangat cerah. Pada bagian kepalanya berwarna biru gelap, paruh berwarna jingga, leher berwarna kuning kehijauan. selain itu, ada juga warna hijau dan warna merah yang ada dibagian tubuh yang lainnya.

2. Membedakan Jenis Kelamin Burung Nuri Pelangi

Harus anda ketahui jika burung nuri pelangi termasuk salah satu jenis burung m0nomorfik. Jadi agak sedikit sulit untuk melihat perbedaannya. Sebab, pada penampilan burung betina dan burung yang jantan bisa dikatakan hampir sama dan tidak ada perbedaan yang signifikan.

Ketika anda ingin ternak burung nuri pelangi, anda juga harus bisa membedakan antara jenis burung yang betina dan burung jantan. Tujuannya tak lain ialah agar bisa menghasilkan keturunan.

3. Persiapan Kandang

Cara ternak burung nuri pelangi yang selanjutnya ialah dengan cara mempersiapkan kandang. Untuk ukuran kandangnya yang paling tepat untuk ternak burung nuri pelangi ialah memiliki ukuran lebar 1 x 1,25 meter dan tingginya kurang lebih sekitar 1,9 meter.

Mungkin untuk ukuran tersebut bisa dikatakan hampir sama dengan ukuran kandang yang biasa digunakan untuk ternak burung lovebird koloni. Sebab, untuk ternak jenis burung nuri pelangi ini membutuhkan tempat yang lebih luas.

Pada bagian dindingnya anda bisa membuatkannya dari bahan strimin atau kawat baja dan kerangka yang terbuat dari bahan kayu.

Tidak hanya itu saja, anda juga perlu menambahkan berupa glodok untuk dijadikan sebagai tempat burung nuri pelangi bertelur.

Biasanya Glodok dibuat dengan menggunakan kayu dengan ukuran 35 x 20 x 20. Bagian dalamnya anda bisa menambahkannya berupa serabut kelapa.

4. Peletakkan Kandang

Burung Nuri pelangi juga merupakan jenis burung yang suka dengan bersosialisasi. Ketika masih berada di alam liar, burung nuri pelangi ini biasanya akan tinggal bersama-sama dengan kelompoknya dan akan terus menerus bersosialisasi dengan kawanannya tersebut.

oleh sebab itu, sebaiknya jangan mengasingkan peletakan kandangnya dari jenis burung nuri lainnya. Karena jika di pisah, hal ini justru bisa menimbulkan rasa cemas dan stres untuk burung nuri.

Burung Nuri pelangi juga lebih senang jika berada di area keramaian yang banyak manusia berlalu lalang. Tidak hanya itu, jauhkanlah kandang burung ini dari hewan-hewan peliharaan yang lain. karena bisa mengakibatkan stress pada burung nuri.

5. Siapkan Tempat Mandi

Burung nuri pelangi juga termasuk kedalam jenis burung yang suka dengan mandi dan berendam. Dengan demikian, anda harus selalu menyiapkan tempat mandi untuk berendam.  Selain itu, burung nuri pelangi ini juga sangat gemar meminum air yang dipakai untuk berendam.

6. Bersihkan Sangkar Secara Rutin

Sangkar atau kandang burung nuri pelangi sebaiknya selalu dibersihkan secara teratur pada bagian bawahnya, kurang lebihnya 2 hari sekali. Anda harus bisa membuang kotoran yang menempel pada alas kandang dan membersihkannya secara rutin. Lalu bersihkanlah seluruh sisa-sisa pakan dan juga wadah pakan dan minumannya.

7. Proses Bertelur Burung Nuri Pelangi

indukan burung betina biasanya akan bertelur dengan jumlah sekitar 1 hingga 3 butir dalam tiap kali masa bertelur. Selanjutnya, untuk masa pengeramannya yaitu membutuhkan waktu antara 25 hingga 27 hari.

indukan burung betina selanjutnya akan mengerami telur-telurnya. Kemudian, untuk burung nuri yang jantan bertugas menjaga sarangnya dan memberi makan untuk betina. Setelah telurnya menetas, indukan yang betina dan jantan akan saling merawat anak-anaknya.

Burung nuri pelangi bisa berproduksi hingga 5 kali dalam setahun jika diberikan perawatan yang baik dan tepat.

8. Merawat Anakan Dalam Gelodok

Umumnya, anakan burung nuri pelangi ketika umurnya 12 atau 14 hari akan disapih. Sebab, di umur ini, mata anakan burung nuri pelangi mulai terbuka sepenuhnya. namun, apabila indukan belum bisa merawat anakan dengan baik, maka penyapihan bisa anda lakukan ketika umur anakan telah mencapai 8 minggu. Sebab, anakan burung nuri pelangi mulai keluar dari sarangnya. Jadi sudah lebih mudah untuk dirawat.

9. Pakan Untuk Anakan Burung Nuri Pelangi

Burung nuri pelangi termasuk kedalam jenis burung pemakan buah-buahan dan juga pemakan biji-bijian. Buah yang paling disukai oleh burung nuri pelangi ini ialah berupa pepaya, apel dan buah jeruk.

kemudian, untuk jenis pakan biji-bijian, anda bisa memberikannya berupa biji millet merah dan biji kwaci. Tetapi, untuk anakan burung nuri pelangi yang baru saja disapih saat umur 12 hingga 14 hari, berikanlah pakan lolohan yang halus saja.

Untuk pakannya, anda bisa menambahkan tulang sotong yang sudah dihaluskan. Setelah itu anda bisa letakan tulang sotong pada sendok kecil kemudian lolohkan pada burung anakan tersebut, agar tidak mudah terserang oleh penyakit.

Kemudian, untuk anakan burung nuri pelangi yang usianya sudah menginjak 3 sampai dengan 4 minggu, maka anda bisa mulai memberikan pakan buah ataupun biji bijian. lalu, jika sudah masuk usia sekitar 1 bulan, burung nuri pelangi sudah bisa makan sendiri dan anda tak perlu melolohnya lagi.

10. Pakan Untuk Burung Nuri Pelangi Dewasa

Untuk pakan burung nuri pelangi yang sudah dewasa, anda bisa mengkombinasikannya. Tujuannya ialah agar kebutuhan gizi pada burung nuri bisa terpenuhi.

Untuk campuran pakan dan cara yang bisa anda berikan untuk burung nuri pelangi diantaranya ialah seperti berikut ini:

- Berikanlah campuran buah-buahan dan sayuran segar. Burung Nuri pelangi bisa anda berikan buah seperti apel, wortel, pisang, anggur, sayuran hijau serta labu yang sudah dimasak. Tetapi, sebaiknya anda tidak terlalu banyak memberikan buah-buahan yang kandungan gulanya tinggi. Sebab hal ini merupakan penyebab bulu mudah rontok pada burung nuri.

Anda jangan memberikan pakan coklat, kudapan asin ataupun yang terlalu manis. Jangan juga memberikan pakan yang berminyak, kacang kering ataupun yang mentah. Hindarilah memberikan buah alpukat, kemangi dan bawang. Sebab, ini termasuk jenis makanan yang beracun untuk burung nuri pelangi. Yang mana bisa mengakibatkan serangan jantung dan bisa mengalami kematian pada burung nuri peliharaan anda.

Posting Komentar