√ Perawatan Khusus Burung Serindit Sebelum Mengikuti Lomba, Agar Mental Kuat Dan Siap

Burung Serindit ialah salah satu jenis burung kicauan rumahan yang bisa dijadikan sebagai masteran. Ciri khas dari burung Serindit itu sendiri yaitu memiliki paruh bengkok yang berwarna hitam.

Kemudian untuk harga burung srindit juga bisa dikatakan standart dengan jenis burung-burung lainnya mempunyai nilai harga sama. Misalnya seperti harga burung Srigunting ataupun jenis burung kicau lainnya yang harganya cukup maahal. Pada burung serindit memang tubuhnya sedikit panjang dan tidak begitu besar.

Sedangkan pada karakteristik burung serindit yang mempunyai paruh bengkok ini ialah termasuk jenis burung cerdas.

Jika di cermati pada bagian warna bulunya cukup terang, yakni berwarna hijau terang menyelimuti seluruh tubuhnya. Sedangkan di bagian kepalanya antara lain yaitu merah, hijau dan juga biru.

Harus anda ketahui jika pada warna bulu yang terdapat dibagian kepalanya inilah yang membedakan jenis burung Serindit .

Rekomendasi:
√ Cara Jitu Ternak Burung Parkit Agar Cepat Bertelur

Selain itu, burung serindit juga memiliki suara berdencing yang membuat disukai oleh banyak kicaumania di nusantara.

Tidak hanya digunakan sebagai memancing bunyi dan masteran saja, burung serindit juga seringkali di ikut serta dalam kontes. Khususnya di wilayah Sumatera dan Kalimantan.

Untuk menjadikan burung serindit bisa tampil maksimal di lapangan lomba memang tidaklah mudah. Perlu adanya persiapan khusus.


Cara Merawat Burung Serindit Sebelum Ikut Lomba

Ada beberapa pemelihara yang merasa kesulitan pada saat merawat burung serindit ini. Misalnya yaitu, burung serindit tidak mau mengkonsumsi biji-bijian yang sudah ada di cepuk pakan. Dan Kesulitan yang lainnya yaitu mengkondisikan burung agar siap tampil di lapangan lomba.

Salah satu yang harus anda kerjakan agar burung serindit bisa dilombakan ialah dengan cara melatihnya mau makan biji-bijian dalam perawatan sehari-harinya.

Selain memperhatikan tentang pakan, perawatan pada burung serindit anakan juga harus dimulai dari penjinakan burung terlebih dulu.

Hal ini sebaiknya tetap dilakukan supaya burung tidak ketakutan ketika melihat beberapa orang di dekatnya. Sebab, ketika lomba, burung serindit pasti akan melihat banyak orang yang masih dinilai asing.

Apabila burung serindit sudah jinak dan sudah bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan manusia, hal ini sudah cukup bagus ketika akan dilombakan.

Burung yang keadaannya giras atau merasa ketakutan pasti tidak bisa mengontrol di gantangan. Apa lagi jika melihat beberapa orang yang melintas ataupun juri yang mendekati sangkarnya.

Tips Perawatan Burung Serindit Sebelum Lomba

Ketila anda akan menjinakkan burung serindit, anda bisa melakukannya dengan cara menggantangkan sangkar di posisi yang rendah. Setelah itu selalu menaruh sangkarnya di tempat yang ramai. Kemudian, Burung yang dalam keadaan giras akan semakin jinak apabila dimandikan hingga basah kuyup.

Perawatan burung serindit sebelum mengikuti lomba bisa dengan cara pemasteran menggunakan burung masteran ataupun audio masteran yang cocok. Atau bisa juga menggunakan nada burung serindit yang sudah gacor. Selain itu, bisa juga menggunakan nada burung nuri tanau atau puling/serindit gajah.

Anda harus menggantangkan sangkarnya pada tempat yang teduh, lalu gantangkan burung serindit lain ataupun burung nuri di dekatnya.

Perawatan Harian Burung Serindit Sebelum Mengikuti Lomba

Setiap pagi hari, burung serindit dikeluarkan untuk diembunkan/di angin-anginkan. Mandikanlah pada Jam 06. 30 – 07, 00 lalu di angin-anginkan. Setelah itu lakukan penjemuran, dengan durasi sesuai sekitar 1 jam atau 2 jam, jgn lebih dari jam itu.

Berikanlah milet putih ataupun pakan yang biasa dikonsumsi oleh burung lovebird. Atau anda juga bisa memberikan buah-buahan seperti buah pisang, satu minggu tiga kali.

Kemudian berikanlah air gula ataupun nektar dalam periode 2x dalam satu minggu. Pada Siang hingga sore hari, burung serindit sangkar digantangkan pada tempat yang teduh sambil lakukan pemasteran. Pada sore harinya, burung serindit harus beristirahat.

Setelah itu anda bisa memberikannya kembali dengan masteran yang bagus agar bisa menang dalam acara lomba.

Posting Komentar