√ 12 Cara Perawatan Kacer Mabung Agar Cepat Selesai Dan Tuntas

Burung kacer merupakan salah satu jenis burung kicauan yang memiliki banyak penggemar karena suara kicauan-Nya yang cukup bervariasi dan menjadi ciri khas-Nya. Selain daripada perawatan burung kacer kesehariannya, ada juga perawatan burung kacer mabung yang harus anda perhatikan.

Keberhasilan Kacer mabung juga bisa di pengaruhi oleh cara perawatannya, jika anda gagal dalam merawat kacer mabung, maka yang akan terjadi ialah mabung tidak tuntas, bisa memengaruhi kondisi burung kacer, penampilan tidak menarik lagi, macet bunyi yang berkepanjangan dan lain-lain sebagainya.

Rekomendasi:
√ Mengetahui Usia Kacer Pertama Kali Mabung Dan Tanda-Tandanya


Cara Merawat Kacer Mabung Agar Cepat Selesai, Tambah Gacor Dan Tumbuh Bulu Bagus

berikut dibawah ini cara merawat kacer mabung yang harus anda perhatikan.

A. Perawatan Kacer Mabung Mulai Rontok Bulu

1. Hentikan Pemberian Pakan Ekstra Fooding
Ketika burung kacer mulai rontok bulu anda perlu berhenti memberikan pakan ekstra berupa jangkrik ataupun kroto. sebab, pemberian EF ini bisa berdampak pad burung Kacer menjadi over birahi. jika sudah begitu, maka burung kacer akan mengalami gelisah dan tidak bisa melewati masa mabungnya dengan tenang.

2. Letakan Sangkar Kacer Di tempat Sepi Dan Tenang
ketika burung kacer sedang menjalani proses mabung, tentu burung Kacer membutuhkan ketenangan. sebaiknya Letakkanlah sangkar Kacer ditempat yang sepi dan tenang. Agar menjalani proses mabungnya dengan tenang.

3. Full Kerodong
Perawatan kacer mabung yang selanjutnya ialah sebaiknya lakukan pengerodongan Full pada sangkarnya. Pengkrodongan ini bisa anda lakukan setiap hari. Tujuanya ialah agar burung kacer peliharaan anda tersebut bisa istirahat dengan tenang tanpa merasa takut ataupun stres.

Perlu di ingat, dalam proses mabung ini, burung kacer harus di asingkan dari berbagai macam gangguan ataupun hal-hal yang bisa membuat kacer terganggu. termasuk suara burung sejenis ataupun lainnya yang dapat memancing burung kacer yang mabung merasa tertantang.

4. Berikanlah Pakan Voer yang Memiliki Kandungan Nutrisi tinggi
anda juga perlu memberikan pada burung Kacer yang mabung dengan pakan voer. Tetapi berikanlah voer yang berkualitas memiliki nutrisi yang cukup untuk burung kacer mabung.

5. Jangan Mandikan Selama Proses Mabung
Pada saat burung kacer sedang dalam siklus mabung, hal yang tidak boleh anda lakukan ialah memandikan burung kacer.

Tujuannya ialah tak lain untuk menjadikan bulu-bulu burung kacer bisa tumbuh menjadi lebih bagus. sebaiknya anda menunggu bulu tumbuh dulu barulah anda boleh memandikannya seperti biasanya.

6. Jangan di Jemur
selain tidak boleh di mandikan, burung kacer yang mengalami mabung juga tidak boleh di jemur.

B. Perawatan Kacer Mabung Mulai Tumbuh Bulu
Berikut ini perawatan kacer mabung yang mulai nyulam bulu (mulai tumbuh bulu) yang harus anda perhatikan.

1. Lakukanlah Pemasteran Secara Rutin
Salah satu cara terbaik pada saat anda merawat Kacer mabung ialah memasternya secara rutin. Sebab, ketika burung kacer mabung, biasanya akan lebih cenderung pasif. burung kacer lebih suka berdiam diri dan hanya bertengger di tangkringannya selama proses mabung.

untuk itu, dengan mendengarkannya suara masteran, maka bisa membuat burung Kacer akan lebih berkonsentrasi ketika mendengarkannya pemasterannya.

Anda bisa memasternya dengan menggunakan suara mp3 yang sebelumnya anda bisa download suara pemasteran untuk burung kacer.

2. Mandikan Kacer
Burung Kacer yang sudah mulai nyulam bulu, anda boleh memandikannya kembali. alasannya ialah Agar bulu-bulu barunya tersebut bisa terlihat berkilau dan bagus. atau anda juga bisa menambahkannya berupa shampo khusus untuk burung kedalam air yang biasa digunakan untuk mandi burung Kacer.

Dengan begitu maka bulu-bulu jagung yang sudah terlihat seperti ketombe pada kulit burung Kacer akan mulai terkelupas. sehingga kulit burung Kacer senantiasa akan terjaga kebersihannya.

Tapi ingat, anda boleh memandikanmya ketika bulu-bulu barunya sudah mulai tumbuh banyak, dan cara pemandiannya juga harus bertahap, tidak boleh basah kuyup.

3. Ekstra Fooding (EF)
Pada saat burung kacer peliharaan anda mengalami mabung, cara perawatannya yang harus anda lakukan ialah tambahkan jumlah extra fooding-Nya yaitu seperti jangkrik dan juga kroto. untuk jumlah pemberiannya Ekstra Fooding ini, anda harus menambahkan jumlahnya daripada jumlah kacer sebelum mabung. sebagai contohnya, pada saat kacer peliharaan anda tidak mengalami mabung diberikan 5 jangkrik dalam sehari. maka pada saat kacer mengalami mabung, anda bisa memberikannya hingga 7-8 jangkrik per hari.

Dalam pemberian ekstra fooding ini, anda bisa melakukannya selama satu minggu penuh agar hasilnya lebih optimal.  Apabila telah melewati waktu dalam satu minggu, lebih baik anda mulai menyetop pemberian pakan ekstra fooding-Nya.

4. Bersihkan Sangkar
Selalu perhatikan juga pada masalah kebersihan kandangnya. Sebab, ketika burung kacer sedang mengalami proses mabung, bagian bulunya akan rontok banyak. Kemudian, untuk sisa-sisa makanan yang ada dalam wadah pakan harus anda perhatikan juga kebersihannya. Dan untuk wadah pakan ekstra foodingnya setiap hari harus dibersihkan agar tidak menjadi bangkai ataupun timbul kutu dan jamur.

5. Penjemuran
Sama seperti proses perawatan pada burung kicau yang lainnya. Setelah anda memandikan burung Kacer, sebaiknya langsung dijemur.

Atau anda juga bisa mengangin-anginkannya terlebih dahulu. Sekitar 10 hingga 20 menit. setelah dirasa bulu-bulunya setengah kering, anda bisa langsung menjemurnya dibawah terik matahari.

Pastikanlah anda menjemur burung Kacer pada waktu dibawah jam 08.00-09.00 cukup 1 jam saja.

6. Lakukan Pengrodongan Full Di Malam Hari
Setelah seharian burung Kacer sudah dimandikan, dijemur, hingga diangin-anginkan, maka yang selanjutnya pada saat malam hari burung Kacer peliharaan anda harus beristirahat.

Untuk memaksimalkan waktu istirahatnya, lakukanlah full pengrodongan sangkar dimalam hari. Setelah sangkar full dikerodong, letakkanlah ditempat yang tenang dan nyaman.

Keberhasilan dalam perawatan proses mabung burung kacer ini sangat tergantung pada perawatan yang anda lakukan. Harus anda ketahui juga, bahwa burung kacer juga akan mengalami mabung kembali dalam rentang waktu 2 – 3 tahun selanjutnya. Maka dari itulah, sangat penting bagi anda untuk bisa mengetahui usia burung kacer supaya bisa disesuaikan dengan perawatannya.

Posting Komentar