√ Ciri-Ciri Burung Perkutut Cacingan Dan Cara Mengobatinya

Burung perkutut peliharaan anda terlihat lemas dan lesu? jika iya, itu pertanda kurang sehat, bahkan biasanya sedang terkena penyakit cacingan. Burung yang cacingan pasti akan terlihat lemas dan lesu, karena nutrisi makanan tidak diserap oleh tubuhnya sehingga burung akan jadi malas bunyi, malas makan, diam di satu tempat, dan lain-lain sebagainya.

Bagaimana cara mengetahui bahwa burung perkutut cacingan?

Ada ciri-ciri yang bisa anda ketahui ketika burung perkutut sedang mengalami cacingan. Ciri-ciri ini biasa terlihat dari perilaku hingga pada fisiknya. Jika burung sudah terkena cacingan, maka akan sangat terlihat pada perilaku dan fisiknya berbeda dari biasanya.

Rekomendasi:
√ 16 Panduan Melatih Jalak Kebo Pintar Berbicara Seperti Manusia Dengan Cepat Dan Mudah


Ciri-Ciri Burung Perkutut Cacingan

- Perkutut yang sedang duduk, seringkali ekornya di gerak-gerakkan sendiri.
- Burung perkutut terlihat lesu.
- Perkutut macet bunyi atau malas bunyi.
- Mata menjadi berair.
- Bulu burung terlihat sangat kusam.
- Malas bergerak.
- Berat badan terlihat turun drastis.
- Bulu-bulunya berdiri.

Nama Obat Cacing Untuk Burung Perkutut Yang Cacingan

Sebelum memberikan obat cacing untuk burung Perkutut, Sebaiknya anda memastikan bahwa burung dalam keadaan sehat. Paling tidak, Perkutut harus dalam keadaan fit tubuhnya. Sebab, kalau burung perkutut sedang drop, maka pengobatannya tidak akan berhasil.

Setelah burung perkutut terlihat cukup sehat, barulah anda boleh memberikan obat cacing. Selain itu, pemberian obat cacing juga tidak boleh sembarangan. Pasalnya, ada yang memberikan burung perkutut dengan obat cacing yang biasa dikonsumsi oleh manusia seperti combantrin dan obat cacing dari Bayer. Padahal, kita tidak mengetahui persis kandungan dari obat tersebut. sebab dosis dan anjuran untuk hewan pasti berbeda dengan manusia.

yang lebih menakutkan, obat cacing  untuk manusia tidak sesuai dengan tubuh burung Perkutut tersebut. Sehingga pencernaan burung Perkutut akan menjadi terganggu.

Jamu Semar Abu-abu

Sekarang sudah tersedia obat cacingan khusus untuk burung Perkutut. Anda tidak perlu khawatir, sebab sudah diracik khusus untuk burung Perkutut. Nama obat cacing tersebut ialah Jamu Semar Abu-abu.

Kandungan yang ada pada Jamu Semar Abu-abu yaitu minyak ikan impor. Tujuan minyak ikan supaya burung tidak stres dan nafsu makannya bertambah.

Kemudian ada juga kandungan madunya dalam Jamu Semar Abu-abu, tentunya memiliki rasa hangat di dalam tubuh agar tetap nyaman.

Cara Pemberian Jamu Semar Abu-abu Untuk Burung Perkutut

Cara Pemberian obat cacing untuk Perkutut ini bisa anda berikan setiap 4 bulan sekali sebanyak 3 butir untuk usia burung 1,5 bulan sampai usia 4 bulan.

Sedangkan untuk burung dewasa bisa anda berikan 4 butir obat cacing. Obat ini bisa tahan sampai 1 tahun dan bisa disimpan di dalam kulkas. anda bisa membeli obat ini di toko burung terdekat.

Demikian ciri-ciri burung Perkutut cacingan. Ingat, pemberian obat cacing pada Perkutut berbeda dengan obat cacing yang di konsumsi oleh manusia. Lebih baik berikan obat cacing khusus untuk burung saja. Pasalnya, obat cacing yang biasa di gunakan manusia tidak sesuai dengan kondisi tubuh burung Perkutut.

Posting Komentar