√ 4 Jenis Merek Pakan Kenari Yang Bagus Untuk Harian Dan Untuk Lomba

Saat ini sudah banyak sekali merek pakan untuk burung Kenari di pasaran ataupun kios burung. tentu dari banyaknya pilihan jenis merek pakan, biasanya kicaumania juga merasa bingung untuk menentukan pakan Kenari yang bagus dan terbaik untuk burung peliharaannya di rumah.

Sebenarnya untuk jenis merek pakan burung terbaik tidak berdasarkan dari harganya saja, akan tetapi kandungan dan komposisinya juga sangat penting.

kebetulan di Channel YouTube sudah banyak berbagai review pakan Kenari yang bagus dan baik untuk burung kenari harian ataupun untuk burung kenari lomba.  mereka sangat berpengalaman dalam memberikan berbagai jenis pakan untuk burung Kenari. Sehingga kita juga harus mengetahui mana pakan Kenari untuk burung dalam kondisi over birahi atau yang kurang birahi.

Rekomendasi:
√ 10 Manfaat Kandungan Telur Puyuh Untuk Kenari Dan Cara Pemberian-Nya

Dalam artikel ini kita akan membahas 4 merek makanan untuk burung Kenari dalam kemasan. Sebenarnya ada banyak sekali jenis pakan burung Kenari, tetapi produk pakan yang sering digunakan pecinta Kenari biasanya hanya 4 merek. Adapun 4 merek pakan yang dimaksud tersebut di antaranya ialah sebagai berikut: Ebod canary, Gold Coin, VitaMix, dan Belgie.

Review Merek Pakan Kenari Untuk Kenari Harian Dan Kenari Lomba


1. Gold Coin
pakan kenari merek Gold Coin

Pakan Kenari pertama yang akan kita bahas ialah Gold Coin. Merek Pakan Kenari ini bisa membuat burung menjadi over birahi (OB). Tetapi yang sebenarnya tidak membuat kenari menjadi over birahi terus menerus. semua tergantung pada karakter burung kenari.

Jika burung Kenari peliharaan Anda memiliki karakter yang mudah (OB) over birahi, kemungkinan besar burung tersebut bisa OB ketika memakan Gold Coin terlalu banyak.

Pakan burung Kenari Gold Coin ini dijual seharga Rp 10.000 per bungkusnya. Komposisi dari pakan Gold Coin ini cukup lengkap, di antaranya ialah milet putih, milet merah, biji niger, canary seed, biji sawi, dan juga bahan pelengkap lainnya.

Pakan ini cocok untuk Kenari harian ataupun Kenari ternak.

2. Ebod Canary
pakan kenari merek Ebod Canary

Pakan Kenari dengan merek Ebod Canary ini biasanya dijadikan sebagai pakan wajib harian untuk burung kenari, dan juga diformulasikan untuk burung lomba.

Komposisi yang terkandung di Ebod Canary ini ialah niger seed, canary seed, milet putih, milet merah, dan lain-lainnya.

Ada lagi bedanya, Pada merek pakan Ebod Canary ini dilengkapi dengan biskuit-biskuit kecil yang merupakan bumbu herbal. Biasanya pemberian pakan Ebod Canary ini untuk setingan burung Kenari agar birahinya menjadi tinggi atau khusus burung lomba.

Jadi, apabila Anda memiliki burung Kenari dengan bulu tebal dan sulit bunyi, lebih bagus jika diberikan pakan Ebod Canary. Tetapi, jika burung Kenari peliharaan Anda mudah over birahi (OB), sebaiknya jangan menggunakan pakan Ebod Canary.

Saran:
kalau pakan harian untuk burung kenari boleh menggunakan Gold Coin, namun jika untuk burung lomba bisa diberikan pakan Ebod Canary. Sehingga, burung Kenari yang karakternya kurang birahi akan terbantu menaikkan birahinya ketika mengikuti lomba.

Merek pakan Kenari Ebod Canary ini sangat bagus untuk burung yang kurang birahinya, seperti Kenari piyik, dan burung Kenari lainnya yang susah bunyi.

3. VitaMix
pakan kenari merek VitaMix

Pakan Kenari yang akan kita bahas selanjutnya adalah VitaMix. VitaMix ini diproduksi oleh PT. Kenari Jaya Jakarta. Tetapi keterangan di belakang kemasannya ditulis dalam bahasa Inggris. Kemungkinan besar pakan ini bukan berasal dari Indonesia, akan tetapi berasal impor dari negara lain.

Pakan dengan Merek VitaMix ini selain untuk burung Kenari bisa juga digunakan untuk burung Mozambik, Blackthroat, dan semua jenis burung finch.

Pakan Vitamix ini juga bisa digunakan untuk setingan burung Kenari yang birahinya tinggi. Jadi, daripada anda menggunakan pakan oplosan, lebih baik Anda menggunakan pakan yang sudah terjamin akan kebersihannya.

Komposisi yang ada di VitaMix ini didominasi oleh milet putih, milet merah, dan canary seed. Kalau niger seed dan biji sawi komposisinya lebih sedikit. Jadi, untuk Anda yang mempunyai burung Kenari over birahi, lebih baik di berikan VitaMix dulu. Nanti, kalau burung kenari sudah stabil birahinya, Anda bisa memberikan pakan yang lain.

Pemberian pakan ini bertujuan agar burung Kenari tidak mudah naik birahinya.

4. Belgie
pakan kenari merek belgie

Untuk merek pakan Belgie, kemungkinan ini sepenuhnya adalah impor. Komposisinya juga hampir sama dengan pakan Kenari yang lainnya. Akan tetapi, ada tambahannya lagi yaitu madu, cairan herbal, dan minyak cod liver oil.

Selain komposisi di atas, Merek Belgie juga  terdapat tambahan lainnya seperti roti dan biskuit kecil yang mirip dengan Ebod Canary. Biasanya merek pakan Belgie ini digunakan untuk burung Kenari lomba. Burung Kenari yang belum pernah mengikuti lomba, bisa anda berikan pakan merek Belgie agar performanya lebih bagus.

Pakan ini memiliki biji warna hitam (niger seed dan biji sawi) yang dominan lebih banyak. Artinya, Belgie sangat cocok untuk setingan Kenari birahi tinggi. Jika Anda mempunyai burung Kenari yang susah over birahi atau bulu tebal, maka Anda bisa memberikan pakan dengan merek Belgie.

Demikian beberapa ulasan mengenai merek pakan Kenari yang bagus dan sering digunakan oleh kicaumania di Indonesia.

Posting Komentar