√ 7 Cara MenJinakan Lovebird Giras Dengan Mudah Dan Cepat (100% Berhasil)

Burung Lovebird yang takut pada pemiliknya atau orang di sekitarnya seringkali disebut dengan perilaku Lovebird giras.

Burung yang seperti ini biasanya memiliki rasa takut yang berlebihan terhadap semua orang yang akan mendekatinya. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh trauma ataupun stres.

Lovebird giras bisa juga disebabkan karena lovebird tersebut belum jinak karena hasil tangkapan atau karena kurang perhatian dari pemilik sebelumnya. Cara perawatan menjinakkan Lovebird sebenarnya terbilang gampang-gampang susah. hal Ini tentu tergantung dari umur Lovebird tersebut. Semakin tua, biasanya Lovebird sangat sulit dijinakkan. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir, sebab ada sejumlah perawatan yang bisa membuat Lovebird Anda segera jinak.

Rekomendasi:
√ Dampak Bahaya Bawang Putih Untuk Lovebird (Lihat Efek Sampingnya)

lovebird giras menjadi jinak

Cara Mengatasi Lovebird Giras Atau Takut Pada Manusia

Apa sajakah cara merawat dan mengatasi Lovebird giras agar jinak?

1. Mandikan Hingga Basah Kuyup
Pada umumnya, Burung Lovebird yang giras harus dimandikan hingga basah kuyup. tetapi, sebelumnya burung lovebird harus diembunkan terlebih dulu pada pagi hari dan digantangkan di tempat yang teduh.

Setelah di lakukan pemandian hingga basah kuyup, Burung lovebird tidak perlu dijemur dalam waktu yang lama dan jangan diberikan pakan Extra Fooding (EF) agar birahinya tidak naik.

perlu anda ketahui, semakin tinggi birahi Lovebird, maka akan semakin sulit menghilangkan perilaku giras-Nya.

2. Lovebird Harus Di Mandikan Menggunakan Tangan
Pemandian Lovebird agar tidak giras lagi bisa dilakukan langsung dengan tangan. Caranya ialah Lovebird dikeluarkan dari sangkarnya dan dipegang dengan tangan secara langsung. Selanjutnya, nyalakan kran air dan mandikan Lovebird tersebut dengan cara dipegang.

Perlu anda ingat, Kran air jangan terlalu besar atau keras agar aliran air tidak menyakiti burung.

Cara lainnya, anda bisa memandikan burung Lovebird di dalam cepuk mandi, baskom, ataupun ember.

3. Latihan Lovebird Giras Agar Jinak
Setelah dimandikan, Burung Lovebird bisa anda latih makan menggunakan tangan anda secara langsung. Tujuannya ialah agar Lovebird tersebut lebih mudah jinak. Tetapi sebelumnya, basahi dulu tubuh lovebird dengan air. kemudian anda bisa memberikan milet di telapak tangan anda.

Lakukanlah cara tersebut secara berulang-ulang hingga burung lovebird mau makan dari tangan Anda. Umumnya Lama-kelamaan, Burung Lovebird tersebut tidak takut lagi dan mau mengigit halus kuku jari tangan Anda.

4. Lovebird Sering Dielus-elus Agar Lovebird Giras Menjadi Jinak
Sering-seringlah anda memegangnya dan mengelus-elus bulunya dengan lemah lembut. Burung Lovebird sangat suka apabila dielus pada bagian kepala atas dan lehernya.

Pastikan anda mengelus bulu Lovebird searah agar bulu-bulunya tidak berantakan.

5. Terapi Lovebird Lapar
Apabila Lovebird peliharaan anda tersebut belum jinak, Anda bisa menggunakan cara terapi lapar. Terapi cara ini hanya boleh dilakukan setiap beberapa jam saja. Jadi, pada pagi hari diberikan makan, lalu selisih 2 jamnya lagi pakan dikeluarkan dari sangkar.

Ketika makan siang, burung lovebird diberikan pakan lagi, lalu 2 jam kemudian, pakan dikeluarkan lagi. Untuk pemberian pakan bisa disesuaikan dengan jam makannya yaitu pagi, siang, dan sore.

6. Letakkan Burung Lovebird di Tempat Yang Ramai
Cara mengatasi lovebird giras, awal mulanya harus disendirikan dulu di tempat yang tenang dan dibuat nyaman. Setelah psikologinya sudah membaik dan burung tidak stres, maka tempatkan sangkar Lovebird di tempat yang ramai. Misalnya seperti ruangan keluarga, di depan rumah yang sering dilewati oleh orang umum, pinggir jalan, dan lain-lainnya.

Semakin lovebird sering melihat orang lalu lalang dan mereka bersikap baik, maka burung lovebird akan merasa nyaman dan tidak menunjukan perilaku giras-Nya.

7. Lovebird Harus Di Rawat Sejak Kecil
Nah, agar Lovebird tidak giras dan tidak takut pada manusia, caranya ialah rawat Lovebird sejak ia masih anakan. Setiap burung yang dirawat sejak kecil pasti akan jinak, tidak Giras dan tidak takut terhadap kehadiran manusia. umumnya ia akan menganggap manusia sebagai temannya, bahkan keluarganya sendiri.

Posting Komentar