√ Ciri dan Tandanya Telur Lovebird Sudah Menetas

Burung Lovebird merupakan salah satu jenis burung cantik yang sudah banyak dipelihara oleh pecinta burung kicau. sebab burung kicauan ini mempunyai ciri khas yang dimilikinya seperti suara ngekeknya, dan juga mempunyai warna bulu yang bervariasi.

Berternak burung Lovebird merupakan salah satu alternatif peluang bisnis yang sangat menjanjikan untuk dibudidayakan, sebab burung paruh bengkok ini banyak sekali penggemarnya untuk dijadikan burung lombaan, peminatnya pun cukup banyak.

tak jarang jika burung lovebird  ini sering diikutsertakan dalam kontest perlombaan karena mempunyai banyak variasi suaranya dan juga terbilang sangat mudah dalam perawatannya. selain itu burung lovebird ini seringkali dijadikan hiasan rumah untuk mempercantik taman.


ketika anda berternak burung lovebird dan mendapati bahwa indukanya sedang mengerami telur-telurnya, pastinya akan memiliki rasa senang dan mengharapkan jika telurnya nanti bisa menetas dengan jumlah maksimal.

maka dari ulasan ini akan saya jelaskan tanda-tanda dari burung lovebird jika telurnya sudah menetas.

Ciri-Ciri Telur Lovebird Sudah Menetas

ada ciri khas dan utama pada indukan, yang menandakan bahwa telur-telurnya sudah menetas. Anda juga bisa melihat dengan beberapa perilaku indukan yang akan menjadikan anda lebih mudah mengetahui ketika telur lovebird sudah menetas.

Ciri-ciri utamanya sebagai berikut :

1. Lovebird Betina sering keluar glodok
ciri yang pertama pada umumnya ialah indukan betina akan terlihat sering keluar glodok setelah lama mengerami telur-telurnya, dalam hal ini biasanya perilaku indukan lovebird di sertai dengan banyak memakan milet untuk di angkut kedalam glodok untuk menyuapi anak-anaknya yang masih piyik.

2. Waktu Pengeraman
ciri yang kedua pada umumnya ialah waktu pengeraman yang sudah mencapai 21-25 hari.

pada umumnya penetasan pada telur yang normal akan memiliki waktu selama 21 sampai dengan 25 hari untuk masa pengeramannya.

jadi ketika sudah mencapai 21 atau 25 hari sudah dipastikan telur akan menetas,  adapun telur yang belum menetas pada waktu tersebut, kemungkinan telur tersebut paling terakhir yang dikeluarkan indukan pada masa-masa bertelur.

jadi telur yang menetas lebih dulu biasanya telur yang pertama kali dikeluarkan oleh indukan lovebird. maka, anda perlu membutuhkan waktu 1 bulan untuk melihat keseluruhan telur menetas semua.

Rekomendasi:
√ Cara Jitu Memaster Lovebird Paud Agar Cepat Gacor Dan Ngekek Panjang

3. Terdengar Suaranya
untuk ciri selanjutnya akan di tandai dengan suara piyik yang sudah menetas.

pada umumnya piyikan yang sudah menetas akan mengeluarkan bunyi kecil yang redup, anda bisa mengamati suara piyik tersebut apabila terdengar suara anakan lovebird pada pagi hari.

pada umumnya anakan lovebird akan mengeluarkan suaranya pada saat lapar, lebih mudahnya anda bisa mendengarkan suara piyik yang sudah menetas disaat pagi hari.

sebab pada pagi hari lovebird indukan akan menyuapi anakan piyik tersebut untuk makan paginya.

4. Indukan Jantan Mulai Sibuk Mencari Makan 
ciri yang selanjutnya ialah indukan jantan akan terlihat sibuk mencari makanan yang akan diberikan ke indukan betina dan anakan piyikan tersebut.

selain itu, biasanya indukan jantan akan berada pada tempat makanan terus-menerus, apabila terdengar anak piyikan tersebut bersuara atau lapar, maka indukan jantan akan membawa makanan kedalam glodok.

piyikan akan membutuhkan makanan selisih 3 jam, jadi akan memerlukan banyak makan yang dibutuhkan piyikan beserta indukan betina. maka dari itu, anda perlu mengontrol makanan setiap harinya.

indukan jantan juga akan menyimpan makanannya untuk malam hari ketika indukan betina  dan piyikan tersebut merasa lapar pada malam harinya.

nah itulah beberapa tanda dan ciri-ciri  telur lovebird sudah menetas, pentingnya perhatian khusus terhadap perawatan lovebird ketika masa-masa bertelur akan membuat penetasan menjadi maksimal.

telur lovebird yang sudah menetas akan memerlukan perhatian khusus dari penangkar dari mulai makanan dan perawatan yang baik.

anda harus tetap memperhatikan kondisi makanan setiap saat, dan juga kondisi burung indukan agar proses ketika menyuapi anakan tersebut berlangsung dengan maksimal.

tambahkan juga makanan setiap hari, sebab setelah telur menetas akan membutuhkan makanan yang lebih banyak untuk menyuapi anakan lovebird tersebut.
demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan.

semoga bermanfaat.

Posting Komentar